Oktober Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-47: Oktober 2017

Poin-poin utama 

  • Pengusaha feedlot Indonesia putus asa, beberapa memberikan kelunakan kredit kepada rumah jagal 
  • Tren harga yang stabil terjadi di China

Indonesia:  Harga sapi potong steer (sapi jantan muda kebiri) AUD $3,81/kg bobot hidup (kurs Rp10.500 = $1AUD) 

Harga sapi potong steer terus melemah, namun untuk laporan ini saya masih memakai patokan harga Rp40.000 per kg untuk indikator harga bulan ini, karena harga terendah (yaitu turun sampai Rp39.000 per kg) cenderung merupakan harga diskon.  Selain penurunan harga yang agresif ini, sejumlah importir juga mengambil langkah untuk memberikan perpanjangan waktu kredit bagi para penjual daging.  Hal ini dilakukan demi bisa mengeluarkan sapi bakalan akhir dari tempat penggemukan/feedlot.  Dulu, kredit yang diberikan kepada usaha penjagalan kecil atau tukang jagal individu, sering kali mengakibatkan mereka gagal membayar.  Jadi, perpanjangan kredit ini menunjukkan betapa putus asanya sejumlah importir saat ini.  Ketika sapi-sapi di feedlot sudah mencapai bobot dan lemak yang ditargetkan, mereka harus segera dijual.  Kalau tidak, nilainya akan turun, sementara biaya keseluruhannya akan meningkat.  Beberapa feedlot sudah menampung terlalu banyak sapi yang sudah siap dipotong tetapi belum terjual.  Sapi-sapi ini  meningkatkan pengeluaran untuk biaya pakan dan hanya menyediakan pilihan yang tidak memuaskan. Sementara itu, feedlotter yang lainnya menghadapi kesulitan serius untuk mendapatkan uang tunai sehingga hanya dapat diatasi dengan menjual sapi, berapa pun harganya.  Kelemahan dalam sektor eceran daging segar seperti ini, dialami baik oleh pasar tradisional maupun supermarket.  Sama seperti bulan lalu, permintaan masih sangat lemah, sehingga meski dengan iming-iming diskon dan kredit, jumlah penjualan masih tetap mengecewakan.

Untuk bulan Oktober, hanya ada 4 pengiriman sapi, dan jumlah yang sama direncanakan untuk November.  Dengan demikian, hal ini akan membantu feedlot melepas bebannya dengan menjual sapi mereka.  Oktober biasanya menjadi bulan di mana pasar berjalan datar dan lamban, sebab acara-acara keagamaan sudah selesai dan natal masih dua bulan lagi.

Negosiasi antara pemerintah Indonesia dengan para importir mengenai kebijakan impor 1:5 masih terus berjalan.  Sepertinya resolusi atas persoalan ini membutuhkan waktu setidaknya beberapa bulan.

Ruang pendingin saat ini adalah bernilai premium.  Dan bulan ini, PT Suri Nusantara Jaya membuka fasilitas pendingin baru dengan kapasitas 30.000 ton di luar Jakarta.  Fasilitas ini akan membantu pengelolaan produk beku impor yang selama ini berusaha mencari tempat penyimpanan sebelum dijual ke pasar.

Ironisnya, di lain pihak, perusahaan konglomerat BUMN Berdikari yang mengoperasikan beberapa feedlot (serta banyak agribisnis lainnya) melaporkan bahwa mereka terus mengalami kerugian dalam bisnis feedlot akibat kompetisi ketat dengan daging kerbau India.

Perusahaan BUMN lainnya, PT Wira Carma telah mengumumkan niatnya untuk mengimpor 16.000 ekor sapi dari Australia ke Jawa Timur pada 2018 termasuk 6.000 ekor sapi indukan dan 10.000 ekor sapi bakalan.  Mengingat rendahnya harga sapi potong di Jawa Timur saat ini (Rp39.000 per kg bobot hidup), target ini tampaknya luar biasa optimis.

Sapi betina dari Queensland ini baru berada di Indonesia selama sekitar 12 bulan dan baru 9 bulan berada di perkebunan kelapa sawit. Di sini, sapi-sapi dibiarkan merumput di lahan kelapa sawit dan setiap hari berpindah lokasi merumput. Mereka sangat cepat menyesuaikan diri karena kontak yang terus-menerus dengan manusia, seperti terlihat di foto. Separuh dari 250 ekor sapi dalam kelompok ini sangat jinak. Saya pikir, sapi ini benar-benar menikmati garukan di telinganya sewaktu saya memeriksa kutu yang mungkin menempel di tubuhnya.

 

Vietnam:  Sapi potong steer AUD $3,81/kg (VND17.600 =  $1AUD)

Harga-harga tertinggi turun, dan harga sapi jantan hanya mencapai maksimal Dong 73.000.  Sapi steer yang berat dari Townsville dijual seharga D71.000 sementara sapi potong steer dari feedlot dapat mencapai 68-69.000 Dong per kg.  Harga sapi potong betina turun menjadi Dong 62-63.000.

Para importir Vietnam masih terus berada dalam situasi memprihatinkan karena tidak ada tanda-tanda bahwa harga sapi dari Australia akan turun, terlepas dari seriusnya penurunan permintaan dari Indonesia.  Sapi Thailand terlalu mahal dan terlalu gemuk, sementara sapi asli dari Laos dan Kamboja sangat kecil dan jumlahnya sangat sedikit, sehingga tidak ada peluang untuk memberikan kontribusi berarti bagi permintaan Vietnam.

Foto dari Vientiane Times. Sapi asli Laos sangat kecil dan berkinerja buruk di lokasi penggemukan.

Sebuah artikel di Vientiane Times pada tanggal 10 Oktober menjelaskan bahwa ramalan pemerintah untuk ekspor sapi hidup akan melampaui level ekspor tahun 2016, kelihatannya tidak mungkin tercapai.  Tahun lalu jumlah eskpor sapi sekitar 110.000 dan Vietnam menjadi tujuan utama.  Dengan perhitungan bahwa ukuran sapi ini, yang hampir separuh dari ukuran sapi dewasa Australia, maka jumlah ini diterjemahkan menjadi sekitar 50.000 ekor.

Pemerintah berharap untuk meningkatkan jumlah populasi kawanan sapi dari sekitar 1,8 juta menjadi 2 juta ekor dalam beberapa tahun ke depan, untuk memfasilitasi kenaikan tingkat ekspor.  Dengan Kamboja menjadi importir produk-produk bersih daging, peluang untuk ekspor sapi-asli bagi Vietnam kelihatannya sangat kecil.

 

Thailand:  Sapi potong steer AUD $3,81/kg (Baht 25.7  = $1AUD)

Tidak ada yang dapat dilaporkan dari Thailand saat ini. Pasar masih datar dan stabil.

 

Malaysia:  Sapi potong steer AUD $3,66 per/kg (RM3.28 = $1 AUD)

Tidak ada perubahan yang dapat dilaporkan dari  Malaysia juga, hanya bahwa fluktuasi mata uang berpengaruh terhadap harga sapi hidup.

 

Filipina: Sapi potong  AUD $3,01/kg (Peso 39,9 to AUD$1)

Pasar di sini terus mengikuti tren kenaikan sejalan dengan peningkatan ekonomi secara umum.  Menguatnya mata uang Peso menjadi penyebab utama naiknya indikator harga sapi hidup yang menembus AUD $3 untuk pertama kalinya, sejak laporan pasar ini mulai diterbitkan hampir 4 tahun lalu.  Terlepas dari tonggak bersejarah ini, Filipina masih memiliki harga terendah untuk sapi potong hidup dibandingkan dengan semua negara yang dipantau dalam laporan ini.

 

China: Sapi potong, AUD $4,75/kg  (RMB 5,14 = AUD$1)

Ada sesuatu yang penting sedang terjadi di pasar sapi hidup dan daging segar di China.

Saya menambahkan laporan bulan Oktober pada tabel dari bulan-bulan sebelumnya, dan terlihat kenaikan harga yang terjadi teratur selama 8 bulan terakhir.  Yang signifikan adalah harga daging sapi, baik di pasar tradisional maupun supermarket, juga mulai merambat naik meskipun tidak secepat kenaikan harga sapi hidup.

Penjelasan logis dari agen-agen saya adalah bahwa suplai menurun dan permintaan terus bertambah.  Sayangnya, penjelasan lebih terperinci mengenai dinamika perdagangan ini masih menjadi misteri.  Kita hanya bisa menunggu untuk melihat seberapa cepat ketidakseimbangan penawaran dan permintaan ini akan menyetir pasar sampai ke titik di mana ekspor sapi hidup dari Australia akhirnya menjadi masuk akal secara ekonomi.  Terlepas dari kenaikan harga yang diuraikan di bawah, titik tersebut belum tercapai pada saat ini, karena pengiriman sapi hidup melalui kapal dari kawasan Australia selatan masih berupa uji coba yang mahal, bagi para importir China.

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

 

 

One thought on “Oktober Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s