November Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-48: November 2017

Poin Utama 

  • Pemerintah Indonesia mengumumkan tidak ada izin baru untuk daging kerbau India.
  • Tren kenaikan harga di China terus berlanjut.
  • Lonjakan signifikan pada harga sapi hidup di Filipina.

 

Indonesia:  Harga sapi potong steer AUD $3,88/kg bobot hidup (Rp10.300 = AUD $1) 

Harga sapi potong masih tetap rendah dengan pemotongan harga lebih lanjut oleh beberapa feedlot, yang turun hingga Rp38.000 per kg termasuk perpanjangan masa kredit.  Meskipun ada insentif-insentif tersebut, permintaan terhadap sapi potong tetap saja mengecewakan.  Arus keluar sapi dari feedlot yang lambat terus mengikuti tren jumlah berlebihan dari sapi-sapi yang diberi makan dalam jangka waktu lama, dan banyak sapi-sapi yang terlampau gemuk di sejumlah feedlot.  Kurs dolar Australia yang melemah dengan cepat menjadi menjadi satu-satunya kabar baik di bulan ini, meskipun rupiah cenderung mengikuti pergerakan dolar Australia daripada dolar Amerika, sehingga peningkatan kurs yang nyata pada dolar Australia tidak membawa keuntungan nyata bagi para importir Indonesia.

Kelemahan harga yang terus berlanjut ini adalah petunjuk yang jelas bahwa para importir tidak mampu membayar harga yang berlaku sekarang untuk sapi hidup dari Australia.  Situasi ini, sekali lagi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya ketika importir menanggung kerugian akibat harga yang tinggi di musim hujan, sebab mereka tahu bahwa tingkat suku bunga akan turun ketika musim kemarau dimulai tahun depan, dan itu berarti mereka akan merugi.  2017 menjadi tahun yang sulit untuk semua tahapan perdagangan.  Hal ini terus berlanjut dengan kondisi pasar di musim hujan yang sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Jika para pedagang di kawasan utara Australia menimbang-nimbang seberapa jauh mereka dapat menaikkan harga di musim hujan ini, maka mereka harus mempertimbangkannya kembali.  Tingkat suku bunga yang tinggi akan menyebabkan ternak tidak terjual pada awal tahun depan dan hal ini menyiratkan kerugian.

Sebagai bukti lebih lanjut mengenai pasar yang sangat lemah, para eksportir dengan senang hati berupaya mempertahankan bisnis mereka dengan menerima sejumlah besar pembeli (sampai 5) dalam satu kali pengapalan.  Ini berarti lebih banyak pekerjaan dan meningkatnya kompleksitas untuk setiap pengiriman, namun setidaknya hal ini membuka peluang bagi kapal lain untuk berlayar.

Berita paling penting dari Indonesia bulan ini adalah pernyataan Kementerian Pertanian di media nasional pada tanggal 15 November, bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak mengeluarkan surat rekomendasi baru bagi impor daging kerbau India di masa mendatang.  Kementerian Pertanian perlu memberikan rekomendasi ini kepada Kementerian Perdagangan yang berwenang mengeluarkan izin impor.  Dirjen Peternakan memastikan bahwa kebijakan baru tersebut dikeluarkan karena impor “daging kerbau belum berhasil menstabilkan harga daging sapi di Indonesia dan Kementerian ingin meningkatkan produksi daging sapi di Indonesia”.

Meskipun ini adalah kabar baik bagi industri peternakan lokal, namun ada beberapa pembatasan.  Pertama, kemungkinan ada sebanyak 20.000 ton produk beku yang masih tersimpan di sejumlah lemari pendingin di Indonesia.  Juga ada beberapa izin impor yang dikeluarkan tahun lalu, yang belum dimanfaatkan sehingga memungkinkan impor 30.000 ton berdasarkan izin yang dikeluarkan tersebut, sebelum kedaluarsa pada tanggal 31 Desember 2017.  Dan tentu saja, kebijakan pemerintah bisa berubah dengan cepat.  Sehingga, meskipun pengumuman ini sangat menggembirakan, dampak jangka pendek dan menengahnya dapat diabaikan.  Bahkan jika pemerintah mempertahankan kebijakan ini, diperlukan waktu selama 6 bulan atau lebih agar produk kerbau terakhir bisa berjalan mematuhi sistem, sehingga tidak ada peluang untuk mengubah harga sapi potong dengan cepat dalam waktu dekat.  Dan semua ini belum memperhitungkan produk India selundupan yang dilaporkan masuk ke Indonesia dalam jumlah besar.

Foto di bawah ini saya ambil di sebuah supermarket di Brunei, minggu lalu.  Brunei memiliki harga tertinggi untuk beberapa makanan di dunia, namun harga daging kerbau beku India hampir sama dengan di Indonesia.  Hal ini semakin memperjelas kegagalan kebijakan Indonesia untuk menurunkan harga produk kerbau bagi konsumen.  Daging kerbau beku India di pasar tradisional Malaysia dijual seharga Rp73.000 per kg.

$8,50 Brunei per kg atau setara Rp88.400 per kg, dan ini hamper sama atau sedikit di bawah harga di banyak outlet di Indonesia.

Kebijakan impor sapi 1 : 5 juga masih melekat di benak para importir, sementara pemerintah memutuskan cara menghadapi kenyataan bahwa hampir tidak ada impportir yang mematuhi perjanjian yang telah mereka tandatangani.  Fakta bahwa pemerintah meninjau ulang kebijakan daging kerbau mungkin memberi sedikit harapan bagi para importir, bahwa kalangan birokrat mampu mengidentifikasi kebijakan yang buruk, setelah mengamatinya dalam rentang waktu yang cukup panjang, sehingga saya yakin setiap orang menaruh harapan besar.  Jika impor kerbau berhenti tapi kebijakan 1 banding 5 tetap berlaku, maka para importir tetap di jalan menuju kebangkrutan.  Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk mengakhiri dan menghentikan kebijakan yang sangat sulit ini.

Sementara perdagangan dan pasar tradisional terjerumus dalam mimpi buruk birokrasi, bisnis daging sapi kelas atas semakin subur dengan gerai-gerai canggih daging sapi ritel yang menjamur di seluruh Indonesia.  Saya mengambil foto-foto ini di salah satu gerai daging sapi yang luar biasa di Pantai Indah Kapuk yang merupakan daerah permukiman yang berkembang pesat di kawasan bandara Jakarta.

Daging sapi berkualitas tinggi dari seluruh dunia tersedia untuk dibawa pulang atau disantap di restoran.

Banyak informasi edukatif untuk memastikan pengalaman makan yang memuaskan.

Beragam pilihan daging sapi kelas atas yang dijual per 100 gram dengan koki yang siap memotong sesuai pesanan khusus Anda. Dan saya pastikan bahwa mereka juga memasaknya dengan sempurna.

 

Vietnam:  Harga sapi potong steer AUD $3,87/kg (VND17.300 = AUD $1)

Permintaan dan harga masih tetap lemah di Vietnam.  Banyak feedlot memiliki stok dalam jumlah besar yang siap dijual, namun pembelinya langka. Daging babi menjadi pesaing ketat dengan harga yang rendah.  Hal ini diperburuk oleh banjir besar yang terjadi baru-baru ini, sehingga para petani kesulitan memperoleh pakan ternak.  Akibatnya, pasar kelebihan pasokan karena petani terpaksa menjual ternak mereka dengan harga diskon.

Di bagian selatan, sapi steer berbobot sekitar 500 kg dijual seharga D65-68.000 per kg bobot hidup, sapi jantan seharga D71-72.000 dan sapi dara berbobot 400kg dijual D64.000.  Harga di bagian utara sekitar 1-2.000 Dong per kg lebih mahal.

Produsen dan pedagang Australia Utara perlu memahami bahwa situasi di pasar Vietnam serupa dengan pasar Indonesia, meskipun alasan bagi lesunya perdagangan tersebut jauh berbeda.  Para importir terpojok dan hanya akan mampu membeli sapi Australia jika harganya turun pada musim hujan dan bukannya naik  seperti yang biasa terjadi.  Mengecewakan, tetapi sungguh terjadi.

 

Thailand:  Sapi potong steer AUD $4,00/kg (Baht 25,0 = AUD $1)

Saya mendapat laporan tentang terjadinya sedikit penguatan di pasar domestik Thailand untuk sapi potong steer di bulan November dengan tingkat suku bunga saat ini yang berada di level 100 Baht per kg.  Kurs Baht menguat terhadap dolar Australia yang telah mendorong harga menjadi AUD $4 pada bulan ini.

Ternak terpilih dengan karkas yang bagus dan terbukti tidak menggunakan Beta-agonist dapat mencapai harga 110 Baht per kg bobot hidup untuk diekspor ke Vietnam dan China.

Sedikit sekali jumlah yang diimpor dari Myanmar yang menyebabkan para pedagang Thailand berspekulasi bahwa importir China mungkin telah membangun rute yang aman dan langsung ke China melalui utara Myanmar.

Departemen Pertanian Thailand (DLD) saat ini sedang bernegosiasi dengan China untuk membuka jalur ekspor legal untuk sapi potong hidup dan daging sapi untuk dibawa ke China bagian selatan dari peternakan-peternakan bersertifikasi di Thailand.  Rute potensial untuk pengiriman produk ke China dikabarkan akan menjadi Jalur Sutera Lao yang baru dengan stasiun pertama diharapkan akan dibangun di kota wisata Luang Prabang di Sungai Mekong, Laos utara.

 

Malaysia: Harga sapi potong steer AUD $3,81 per/kg (RM3,15 = AUD $1)

Kurs mata uang Malaysia juga naik karena penurunan kurs dolar Australia, sehingga harga sapi hidup bulan ini naik menjadi $3,81 bahkan dengan harga sapi lokal yang stabil.

Harga kerbau Malaysia setara dengan Rp73.000 di pasar tradisional.

 

Filipina:  Sapi Potong AUD $3,51/kg (Peso 38,5  = AUD $1)

Kombinasi melemahnya dolar Australia dan kenaikan signifikan harga sapi lokal telah menyebabkan kenaikan luar biasa pada harga sapi potong dalam dolar Australia.  Harga lokal untuk sapi potong naik dari 120 Peso per kg pada bulan lalu menjadi 135 Peso di bulan November.  Pasar sapi hidup di Filipina terbukti menjadi pemain terbaik pada tahun 2017 dengan pergerakan harga sapi potong lokal dari 100 Peso pada bulan Januari 2017 menjadi 135 Peso di bulan ini, atau naik 35% dalam 11 bulan.  Agen saya menggambarkan situasi ini dengan sangat baik.  Komentarnya saya kutip di bawah ini.

“Inilah laporan dari kami untuk bulan November.

Ya, ini adalah bulan yang sangat baik.  Perekonomian berjalan lancar.  Kami membangun di mana-mana.  Barang-barang yang bahkan 2 atau 3 tahun lalu tidak TERSEDIA, sekarang sudah ada. Barang-barang untuk sektor pangan, DAGING OLAHAN impor sekarang memenuhi etalase pertokoan; keju dan makanan lezat lainnya yang tahun-tahun sebelumnya hanya ada di Manila, sekarang tersedia di hampir setiap Super Market di sini, di kawasan selatan.  Pabrik-pabrik terus berproduksi.  Makanan kaleng, “ikan dan bahkan sayuran” dikalengkan dan memenuhi rak-rak penjualan di pasar.  Dalam hal daging, harga daging sapi seperti biasanya naik di bulan-bulan seperti ini, tetapi itu semua palsu/sementara.  Permintaan, ada banyak permintaan dalam sebuah negara yang memiliki penambahan beberapa juta konsumen setiap tahun.  Jadi, ada permintaan.  Anehnya, atau mungkin TIDAK aneh, harga babi malah turun pada saat biasanya harga mengalami kenaikan.  Jika saya bandingkan dengan 5 tahun yang lalu, ketersediaan buah-buahan sulit dipercaya.  Kami bahkan memiliki KIWI, dari Tanah Selandia Baru.  Dan dengan harga di mana orang bersedia dan mampu membayar.  Di negara dunia ketiga, kami memiliki, misalnya, “APEL” dengan harga lebih dari setengah dolar AS untuk satu potong, dan jika Anda terlambat ke pasar maka semuanya sudah ‘’HABIS TERJUAL”.  Ingat bahwa 6 dolar AS adalah upah dasar harian bagi jutaan orang.

Di sisi pemerintahan, urusan berjalan seperti yang biasa dilakukan Presiden.  Mengalahkan kejahatan.  Memangkas anggaran yang dianggarkan ‘’berlebihan’’.

“Darurat Militer, yang begitu kontroversial berbulan-bulan yang lalu, masih berlaku ketat hingga 31 Desember, tetapi hal itu sudah TIDAK LAGI MENJADI BERITA.  Hidup terus berlanjut, pembangunan kembali Kota Marawi yang terkoyak terus berlanjut.  Pos-pos pemeriksaan militer, yang diperketat saat deklarasi Darurat Militer, sedikit demi sedikit mulai dibongkar.”

 

China: Harga sapi potong AUD $5,03/kg  (RMB 5,03 = AUD $1)

Kenaikan harga di China terus berlanjut bulan ini dengan harga di Beijing naik tajam menjadi Y25,3 meskipun harga di Shanghai telah kembali turun ke Y24.

Konfirmasi tentang harga yang lebih kuat ini serupa dengan kenaikan harga daging sapi, khususnya di Beijing.  Bulan ini saya akan menggunakan harga di Beijing yaitu 25,3, yang memungkinkan China untuk sekali lagi menembus level AUD $5 per kg untuk pertama kalinya sejak Maret 2016.

Wellard telah berhasil menyelesaikan uji coba pengiriman ke China baru-baru ini, dan melaporkan bahwa semuanya berjalan sesuai rencana.  Meskipun jumlah komersial masih belum bertambah, mereka semakin pasti mendekat ke posisi di mana perdagangan sapi hidup dari Australia ke China akan beralih dari “potensi masa depan” menjadi kenyataan saat ini.  Dampaknya terhadap industri Australia akan sangat dramatis.  Jika harga domestik terus berlanjut seperti saat ini dan tren kurs dolar Australia terhadap Yuan dipertahankan, maka kita tidak perlu menunggu lama.

 

Daging sapi Australia di Saudi Arabia

Dr James Fortune yang tinggal di Riyadh, ibukota Saudi, berbaik hati mengirimkan foto-foto beberapa produk Australia yang disajikan di supermarket-supermarket di sana.

 

Pasar Tradisional Dubai 

George Black baru-baru ini mengunjungi Dubai dan mengirimkan foto-foto pasar “tradisional” mereka, yang pastilah menjadi pasar terkeren di dunia.

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s