Juni Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-55: Juni 2018

 

Poin-Poin Utama

  • Harga sapi potong Indonesia mengalami kenaikan untuk pertama kalinya dalam 2 tahun.
  • Permintaan sapi hidup meningkat, tetapi ketersediaan kapal untuk pengiriman menjadi faktor penghambat.
  • Harga di China terus beranjak naik melampaui harga di negara-negara lainnya.

Indonesia_ Asian Slaughter Steer June Article

 

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,71/kg bobot hidup (Rp 10,500 = AUD $1)

Setelah terus-menerus turun selama dua tahun, indikator harga untuk sapi potong steer akhirnya mengalami kenaikan untuk pertama kalinya di bulan Juni, dari Rp38.000 menjadi Rp40.000 per kg bobot hidup. Bahkan ada yang harganya lebih tinggi lagi selama bulan Juni ini, namun bisa jadi karena ada hubungannya dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran. Kenaikan harga ini didorong dari dua arah. Pertama, semua feedlot sudah mengabiskan stok sapi yang sudah lama diberi pakan dan sapi yang kelebihan berat badan pada awal Juni, sehingga diskon atau potongan harga tidak perlu lagi diberikan (dan mungkin kredit untuk penjual daging). Kedua, bukan hanya stok sapi yang sudah habis, tetapi juga para importir yang tiba-tiba saja mengalami kekurangan stok sehingga beberapa importir bahkan sudah menjatah penjualan sapi mereka untuk memastikan agar tidak kehabisan stok sebelum sapi dari pengiriman berikutnya siap dijual. Saya juga mendapat laporan bahwa ada sejumlah feedlot yang terpaksa menjual sapi yang baru digemukkan selama 50 hari, demi menjaga pasokan bagi pelanggan setianya dan mungkin juga untuk meningkatkan arus tunai mereka.

 

Perubahan yang menyenangkan ini juga bertepatan dengan penurunan harga CIF dari Australia seperti tercantum dalam laporan bulan lalu. Dengan harga CIF sekitar AUD$ 3,65 pada awal Juni, ini artinya harga mendarat di sekitar Rp39.000 per kg sehingga sekarang para importir memperoleh manfaat dari margin penjualan dan margin pakan. Pertanyaan besarnya adalah bagaimana tanggapan pemerintah terhadap kenaikan harga ini. Dulu sekali, harga Rp 42.000-43.000 dipandang sebagai batas tertinggi yang dapat diterima oleh pihak berwenang, tetapi kini tak seorangpun dapat menebak bagaimana tanggapan pemerintah.

Dalam beberapa minggu terakhir, ada pembicaraan tentang pengetatan pasokan sapi di seluruh kawasan Australia utara dengan potensi kenaikan harga, meskipun ancaman ini sebagian telah diimbangi oleh penurunan kurs AUD yang terjadi secara cepat.

 

Seperti biasanya, ketika satu masalah terpecahkan, akan muncul masalah lain. Dalam hal ini, ketika para importir sekarang meminta eksportir mereka untuk menyiapkan pesanan baru, terjadi keterbatasan kapal pengiriman untuk dapat memenuhi semua pesanan. Akibat merosotnya bisnis dalam dua tahun terakhir, para pemilik kapal perlahan-lahan sudah menemukan pekerjaan alternatif untuk kapal-kapal mereka di tempat lain. Dengan beralihnya armada pengiriman sapi dalam proporsi yang signifikan ke Amerika Selatan, Mediterania dan tempat lain, maka akan membutuhkan waktu dan kenaikan tarif pengiriman agar dapat menarik mereka kembali. Yang lebih parah lagi, semua tarif pengiriman dibayar dalam mata uang US Dolar, yang sekarang menguat terhadap kurs AUD dan Rupiah. Sapi dijual dari feedlot dalam mata uang rupiah sehingga ketika tagihan pengiriman dibayar dalam konversi rupiah saat ini, harganya menjadi jauh lebih tinggi daripada sebelumnya. Faktor lain yang menyumbang terhadap ketersediaan pengapalan Indonesia adalah bahwa pelayaran ke China dan Vietnam sedang meningkat dan negara-negara ini mengambil alih porsi besar dari kapasitas pengiriman yang memang sudah terbatas, untuk jangka waktu yang jauh lebih lama. Satu perjalanan ke Cina dapat memakan waktu sekitar 21 hari sekali jalan. Jadi, dengan memperhitungkan pemuatan dan pengosongan, satu kali perjalanan pulang-pergi dapat memakan waktu selama 50 hari lebih. Jika kapal yang sama digunakan untuk melayani pengiriman di Indonesia, jangka waktu yang sama dapat menyelesaikan setidaknya 4 perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pelayaran ke Vietnam sekitar 30 hari.

 

Koreksi.

Baru-baru ini saya melaporkan bahwa tidak ada importir Indonesia yang mampu memenuhi persyaratan pemerintah yaitu mengimpor 1 sapi bibit untuk setiap 5 sapi bakalan/sapi potong. Namun saya diberitahu bahwa sebenarnya ada satu perusahaan perkebunan besar di Kalimantan yang baru-baru ini mulai mengimpor sapi bakalan dan sapi bibit dalam jumlah yang sangat mungkin akan memenuhi persyaratan pemerintah tersebut.

Menurut informasi dari orang dalam di industri tersebut, negosiasi tentang kompromi atas aturan 1 sapi bibit untuk 5 sapi bakalan masih terus berlangsung, tetapi belum ada tanda-tanda penyelesaian.

Indonesia_Gambar1

David Health puas dengan pembelian daging sapi dari kios Pak Momon di pasar tradisional Tabanan di Bali. Harganya hampir sama dengan daerah lain di Indonesia yaitu sekitar Rp120.000 per kg. Satu-satunya jenis sapi yang diizinkan di Bali adalah jenis sapi lokal Bali (Bos javanicus). Saya ragu apakah ada yang bisa membedakan antara daging sapi Bali asli dan daging sapi Bos indicus, jika disiapkan dan dijagal dengan cara yang sama.

 

Vietnam: Sapi potong steer, AUD $3,98/kg (VND17,100 = AUD $1)

Harga tetap kokoh di seluruh kawasan Vietnam dengan indikator harga 68.000 Dong untuk sapi potong jantan di Ho Chi Minh City. Industri pengimpor ternak terus melakukan konsolidasi menyusul perginya dua perusahaan yang sangat besar yang mengakibatkan guncangan besar pada pasar. Para pemain yang tersisa tampaknya memiliki model bisnis yang jauh lebih konvensional dan berkelanjutan sehingga diharapkan mereka dapat memimpin industri ini kembali ke masa depan yang lebih besar dan lebih cerah.

Minggu lalu, saya mengunjungi Vietnam Selatan untuk pertama kalinya setelah lebih dari 12 bulan, dan saya kagum dengan kemajuan industri konstruksi perumahan di kawasan Ho Chi Minh City. Kesan umum yang tertangkap adalah bahwa kawasan Ho Chi Minh City kini sedang bertumbuh pesat.

Kesan ini didukung oleh data statistik resmi yang menyatakan bahwa pertumbuhan PDB nasional untuk semester pertama tahun 2018 sebesar 7,08 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2017. Ini merupakan pertumbuhan tercepat dalam semester pertama, sejak tahun 2010.

Indonesia_Gambar2

Saya mengunjungi pasar tradisional Ben Thanh di pusat kota Ho Chi Minh City pada pagi hari. Daging yang dijual di sini disajikan dengan baik dan jauh lebih bersih daripada pasar-pasar tradisional lain di kawasan Asia.

Indonesia_Gambar3

Kurir sepeda motor merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk mengirim daging segar di Vietnam. Kurir ini mungkin sudah mulai bekerja sekitar pukul 2 dini hari, jadi dia mengambil kesempatan untuk tidur sebentar setelah mengantar daging ke pasar Ben Thanh pada pukul 06.30 pagi.

Indonesia_Gambar4

Pembangunan hunian yang baru di Ho Chi Minh City. Hunian bertingkat 20 x 50, yang didominasi oleh satu menara yang menjulang tinggi dengan sekitar 100 lantai.

 

China: Sapi potong, AUD $5,36/kg (RMB 4,85 = AUD $1)

Harga sapi potong kembali ke Y26 per kg di Beijing dan Shanghai. Kedua agen melaporkan sedikit kenaikan harga daging sapi di pasar tradisional sementara harga di supermarket tidak berubah. Hal ini mencerminkan fakta bahwa pasar tradisional mendapat pasokan dari sapi yang disembelih secara lokal, sementara untuk supermarket sebagian besar dipasok dari impor asing. Mayoritas daging sapi impor dibekukan, dan hanya beberapa negara yang diizinkan untuk mengirim daging sapi segar yang pada umumnya merupakan produk premium dengan harga tinggi.

Cina memiliki persediaan produk daging sapi impor yang tak ada habisnya. Dalam bulan Juni, Perancis dan Inggris termasuk dalam daftar panjang negara-negara yang termasuk dalam larangan impor (pada awalnya karena BSE). Irlandia memperoleh akses pada awal tahun ini. Tetapi pasar yang tidak dapat disaingi oleh semua produk impor adalah permintaan lokal terhadap produk daging segar yang baru disembelih. Hanya negara-negara Asia Tenggara yang dapat mengirim sapi hidup ke Cina (tak satu pun yang mengirim secara legal) dan impor sapi hidup dari Australia dapat berkontribusi pada kekurangan pasokan lokal dan semakin tingginya permintaan produk daging sapi segar.

Pangsa pasar AS untuk daging sapi impor sangat kecil sehingga sengketa tarif Presiden Trump tidak akan berdampak signifikan terhadap harga daging sapi dalam negeri.

 

Filipina: Sapi potong, AUD $3,53/kg (Peso 39,7 = AUD $1)

Harga sapi potong di Filipina mulai turun di bulan ini dengan tingkat indikator menurun dari 155 Peso per kg pada bulan Mei menjadi 140 Peso pada bulan Juni. Ini adalah cerminan dari penurunan kondisi pasar secara umum di seluruh Filipina. Buah-buahan, sayur-sayuran, semuanya dilaporkan mengalami penurunan harga sejalan dengan waktu di mana anak-anak di Filipina kembali masuk sekolah dan keluarga di sana menyimpan uang mereka untuk biaya pendidikan.

 

Thailand: Sapi potong steer, AUD $3,91/kg (Baht 24,3 = AUD $1)

Tidak ada yang dapat dilaporkan dari Thailand untuk bulan ini karena fluktuasi nilai tukar merupakan satu-satunya penyebab pergerakan nilai tukar AUD di atas.

 

Malaysia: Sapi potong steer, AUD $4,06 per/kg (RM 3,00 = AUD $1)

Ini adalah laporan bulanan terakhir yang akan saya buat untuk Malaysia. Sapi potong hidup hanya berperan kecil dalam rantai pasokan daging sapi untuk Semenanjung dan Malaysia Timur, yang melaporkan bahwa pergerakan harga sangat sedikit berkontribusi terhadap pemahaman mengenai kekuatan pasar untuk sapi dan daging sapi di seluruh kawasan Asia Tenggara. Saya harus membayar agen saya di Malaysia untuk pelayanan mereka dan sekarang tidak ada alasan untuk pengeluaran tersebut karena terbatasnya dampak dari informasi tentang industri sapi Malaysia.

Terlepas dari keadaan tersebut, saya berpendapat bahwa Malaysia akan memainkan peran besar dalam produksi daging sapi regional dalam jangka panjang melalui integrasi peternakan sapi dengan perkebunan kelapa sawit.

Dalam terawangan saya untuk 10 tahun ke depan, saya melihat Semenanjung Malaysia merespon harga sapi yang sangat tinggi di China dengan membiakkan sejumlah besar sapi di perkebunan kelapa sawit dan mengirim sapi hidup ke China melalui jalur sutra yang baru, yang kini sedang dibangun ke Asia Tenggara dari China selatan.

 

 

Indonesia_Gambar5

Foto dari China News menunjukkan pembangunan jalur sutra kereta api dari China ke Vientiane di Laos. Rencana jangka panjang untuk kereta api ini adalah melewati Thailand dan Malaysia sampai ke Singapura.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Indonesia_June 18 price table Convert )

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s