Juli Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-56: Juli 2018

 

Poin-Poin Utama

  • Harga sapi potong Indonesia kembali menguat untuk dua bulan berturut-turut.
  • Harga sapi potong Vietnam juga terus menanjak.
  • Harga-harga di China juga naik, meskipun melemahnya mata uang berarti nilai AUD menjadi lebih rendah.

Asian Slaughter Steer Liveweight Price_July 2018

 

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,80/kg bobot hidup (Rp10.650=AUD $1)

Indonesia masih mengalami kekurangan pasokan sapi potong dan mengalami sedikit kenaikan harga menjadi Rp40.500 untuk tingkat indikator di bulan ini. Pengiriman impor setelah bulan Ramadhan berjalan lambat sehingga banyak feedlot terus mengalami kekurangan stok terutama untuk sapi yang siap sembelih. Saya masih mendengar laporan bahwa ada beberapa pengusaha pengemukan menjual sejumlah kecil sapi yang diberi makan dalam jangka waktu singkat demi menjaga hubungan dengan pelanggan terbaik mereka. Beberapa kapal telah kembali ke kawasan perdagangan di Asia Tenggara, sehingga hal ini mestinya dapat membantu memulihkan stok sapi di feedlot, meskipun prosesnya akan berjalan lambat.

Para importir mengatakan bahwa karena pengiriman sapi baru dari Australia kini harganya lebih tinggi, dan karena melemahnya kurs Rupiah terhadap AUD, maka margin perdagangan sekarang berada pada posisi netral dan sekali lagi menuju ke wilayah negatif. Kutipan terbaru saya dari Australia utara menunjukkan bahwa harga sapi bakalan steer Darwin melonjak dari sekitar AUD $ 2,65 menjadi $ 2,95 per kg bobot hidup, sementara mereka yang dekat dengan pasar menyebutkan tingkat harga $3 atau lebih, mungkin akan segera terjadi. Harga ini masih menyisakan banyak margin pakan yang sedikit meningkat bagi pengusaha penggemukan, dengan adanya kenaikan kecil pada harga sapi potong yang mungkin akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Hari raya Idul Qurban akan berlangsung pada tanggal 22 Agustus. Para pedagang ternak, domba dan kambing bersiap-siap menyambut hari penting ini di sepanjang bulan Juli. Bulan ini saya berkunjung ke Pangkalan Bun dekat pantai barat di Kalimantan Tengah. Di pinggiran kota terdapat banyak tempat penampungan sementara di mana sapi, domba dan kambing dipajang untuk dijual kepada pembeli hewan kurban. Foto di bawah ini menunjukkan penampungan hewan sementara yang terbuat dari bambu, kayu dan terpal yang dibangun untuk memastikan agar ternak tetap nyaman sembari menanti pembeli. Hewan kurban harus bersih dan tidak bercacat ketika dipersembahkan ke masjid, sehingga hewan-hewan ini dirawat dan diberi nutrisi yang sangat baik, dimandikan setiap hari agar mereka tetap terlihat menarik. Sapi yang khas dalam foto di bawah ini berasal dari pulau Madura, tempat sapi berwarna merah gelap yang sangat menarik seperti ini cukup populer di seluruh wilayah Indonesia. Sapi jantan pada foto di bawah adalah bagian dari sekitar 300 ekor yang dikirim ke Kalimantan dengan perahu kayu tradisional selama bulan Juli dan didistribusikan ke kota-kota setempat terutama untuk Hari Raya Qurban. Harga sapi umumnya ditentukan dengan skala per ekor dan harganya berbeda untuk sapi jantan berukuran besar, sedang, dan kecil. Sapi jantan di foto ini mungkin berbobot sekitar 450 kg dan masuk dalam kelompok “besar”, dan sapi lain berbobot sekitar 280 kg masuk dalam kelompok kecil. Jika dikonversi dalam kg bobot hidup dengan menebak bobot mereka, maka harganya akan berkisar mulai dari Rp60.000 per kg untuk sapi jantan besar, dan naik menjadi lebih dari Rp65.000-70.000 per kg untuk sapi yang berukuran lebih kecil. Menggunakan kurs saat ini, Rp60.000 terkonversi menjadi sekitar $5,60 per kg untuk sapi jantan besar dan $ 6,60 untuk sapi jantan yang lebih kecil. Dengan demikian, harga sapi jantan berbobot hidup 450 kg akan mencapai AUD $ 2.700.

Proses kurban biasanya terjadi di mana pembeli akan mengirimkan hewan ke masjid (atau rumah potong) tempat hewan disembelih pada hari raya Idul Qurban, dan dagingnya akan dikemas dalam kantong 1kg kemudian dibagikan kepada kaum miskin sebagai tindakan amal. Jika seseorang secara tidak ingin membeli seekor sapi jantan utuh, maka praktik yang umum dilakukan adalah kelompok yang terdiri dari 7 orang bergabung untuk membeli seekor hewan secara bersama-sama. Pilihan lainnya adalah membeli kambing atau domba, yang diasumsikan berukuran sekitar 1/7 sapi jantan. Di kios di Pangkalan Bun ini, kambing hitam besar dijual seharga Rp3.000.000 atau sekitar AUD $280 per ekor untuk kambing yang berbobot 50kg lebih.

Sapi Jantan Madura_ Gambar Artikel Juli 2018

Foto: Sapi-sapi jantan Madura di pinggiran kota Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah.

Perkiraan menunjukkan bahwa mungkin ada sekitar 500.000 ekor sapi jantan yang disembelih untuk hari raya Qurban, dan lebih dari 2 juta ekor domba dan kambing. Hewan-hewan jantan ini harus berusia setidaknya 2 tahun sebelum mereka memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban. Artinya, pasti ada banyak sapi jantan dalam populasi sapi Indonesia, karena mereka harus setidaknya berusia 2 tahun sebelum dijual. Karena harga hewan kurban biasanya 25% lebih baik daripada harga sapi potong untuk sisa tahun ini, banyak petani akan menyimpan sapi-sapi jantan mereka untuk satu hari ini, dalam setahun. Sapi jantan di tenda pada foro di atas tampak berusia sekitar 3 atau 4 tahun. Sebuah laporan resmi terbaru mengenai populasi sapi Indonesia menyebutkan bahwa total populasi sapi sekitar 13 juta ekor. Dalam perhitungan kasar, jumlah ini mungkin terdiri dari 5 juta ekor sapi muda (berusia kurang dari 2 tahun), 3 juta ekor sapi jantan dewasa dan sekitar 5 juta sapi indukan. Jika tingkat reproduksi tahunan adalah 50% maka jumlah anak sapi yang dilahirkan akan mencapai 2,5 juta anak sapi, dengan 1,25 jutanya akan menjadi sapi jantan. Jika ada 500.000 ekor per tahun yang disembelih untuk hari raya Qurban, maka hanya ada sekitar 750.000 ekor sapi jantan yang tersisa untuk pembiakan, sapi pekerja, dan sapi potong untuk sepanjang sisa waktu dalam setahun. Jumlah yang kecil ini pastilah memberi tekanan besar untuk menyembelih sapi betina.

Kambing Qurban di Pangkalan Bun_ Artikel Juli 2018

Foto: Kambing Kurban di Pangkalan Bun. Kambing ini dimandikan dengan shampo setiap hari untuk memastikan agar ia tampil menarik bagi para calon pembeli. Harganya Rp3 juta per ekor atau sekitar AUD $280.

Kios Daging Sapi di Bojonegoro_ Artikel Juli 2018

Foto: Kios daging sapi di Pasar Tradisional Kota Bojonegoro di Jawa Timur. Pemilik kios yang kelihatan bahagia ini menjual banyak daging sapi dan jeroan untuk memenuhi kebutuhan setiap pelanggannya. Harganya sama dengan harga di daerah lain di Indonesia, dengan harga daging sapi dijual Rp120.000 per kg.

 

 Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,04/kg (VND17.100 = AUD $1)

Harga sapi terus menguat di Vietnam terutama di wilayah utara, di mana penawaran sapi steer untuk bulan Juli naik dari 70.000 menjadi 75.000 Dong untuk sapi steer dengan bobot sekitar 550 kg. Harga sapi steer di kawasan selatan masih berkisar pada Dong 68.000 dengan harga sapi jantan 72-73.000.

Sapi-sapi jantan di bagian utara berkisar dari Dong72-75.000 dengan harga sapi betina muda berbobot 500kg berkisar dari D63.000 hingga D66.000.

Arus keluar sapi dari feedlot tampaknya terus meningkat dengan kapasitas feedlot 100.000 ekor yang hanya terisi hingga sekitar 40% karena jumlah impor belum dapat memenuhi penjualan selama bulan Juli.

 

China: Sapi potong, AUD $5,30/kg (RMB 5,0 = AUD $1)

Tingkat harga sapi potong steer di Beijing sedikit lebih tinggi di tingkat 26,5 Yuan per kg, sedangkan harga di Shanghai tetap 26Y. Nilai AUD terlihat sedikit menurun pada grafik di atas karena kurs Yuan yang melemah terhadap AUD (dan USD). Sejumlah pemerhati yakin bahwa melemahnya kurs baru-baru ini merupakan akibat dari ancaman perang dagang yang dikeluarkan oleh Mr. Trump untuk meningkatkan tarif pada beberapa impor China ke AS, yang disusul oleh pembalasan dari China.

Dalam jangka pendek, tarif dari AS mungkin akan mendukung produk-produk Australia, tetapi jika perang perdagangan ini sungguh-sungguh terjadi, maka semua pihak akan mengalami kerugian.

 

Filipina: Sapi Potong, AUD $3,54/kg (Peso 39,5 = AUD $1)

Harga sapi potong steer masih di 140 Peso per kg terlepas dari pulihnya harga-harga komoditi pertanian pada bulan Juli. Agen saya melaporkan bahwa upah sedang meningkat dan para konsumen berbelanja dengan penuh percaya diri. Harga daging sapi sedikit meningkat sehingga mungkin akan terjadi peningkatan harga sapi hidup dalam laporan di bulan Agustus nanti. Cuaca pada umumnya masih menguntungkan bagi petani di sebagian besar negara ini dengan kondisi pertumbuhan yang baik dan tidak adanya bencana yang, padahal biasanya bencana tidak pernah jauh-jauh dari Filipina.

 

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $3,74/kg (Baht 24,6 = AUD $1)

Saya memodifikasi laporan untuk Thailand dan membuat harga indikator rata-rata dari sapi jantan dan sapi steer. Tingkat harga di bulan Juli untuk sapi potong jantan adalah THB 90 sementara sapi jantan dijual seharga THB 95. Karena itu saya menggunakan THB 92 harga indikator.

Sejumlah negosiasi diplomatik sedang berlangsung antara China dan Myanmar yang bertujuan untuk membangun perdagangan legal untuk sapi hidup dari Myanmar ke China di kawasan perbatasan di Muse/Ruili. Hal ini dapat mengalihkan beberapa sapi bakalan dan sapi potong ke China daripada ke Thailand, sehingga akan berpotensi untuk mengurangi pasokan stok sapi potong yang masuk ke Thailand.

 

Laos

Ternak di Provinsi Vientiane_ Artikel Juli 2018

Foto dari Vientiane Times pada 4 Juli:produsen sapi skala kecil berjuang untuk mempertahankan usahanya.

Kelompok pembiakan sapi Ban Keun (63 keluarga petani) di Provinsi Vientiane menyadari bahwa mereka tidak dapat mendukung sistem produksi sapi secara komersial tanpa subsidi pemerintah. Situasi ini sedang dihadapi di seluruh kawasan Asia, di mana model produksi potong-angkut tradisional tidak lagi layak secara komersial.

 

Kamboja

Sebuah badan amal yang berbasis di Australia Selatan yang didirikan oleh Andrew Costello (Southaussie with Cosi) sedang menyiapkan pengiriman sapi dalam jumlah besar ke sebuah proyek sosial di Kamboja yang disebut “Sapi untuk Kamboja”. Berita lebih lanjut tentang proyek luar biasa ini akan disajikan dalam laporan berikutnya. Silakan kunjungi websitenya di www.cowsforcambodia.com

Sapi yang akan di Ekspor_ Artikel Juli 2018

Foto dari Andrew Costello: Sapi-sapi yang disiapkan untuk diekspor dari Australia ke Kamboja.

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

Price Table_July 2018

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s