Maret Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-64: Maret 2019

 

Poin-Poin Utama

 

  • Impor Oktober terus berdatangan, memaksa harga di Indonesia turun semakin rendah
  • Harga sapi potong di Vietnam naik tajam
  • Musim hujan di Northern Territory gagal

 

Asian Slaughter Steer Liveweight

 

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,82/kg bobot hidup (Rp10.070 = AUD $1)

Pengiriman sapi di bulan Oktober 2018 yang seperti tiada habisnya, masih menjadi pengaruh utama di pasar selama bulan Maret, dengan berlebihnya sapi yang terlampau gemuk terus berlanjut sepanjang bulan Maret hingga memasuki April. Hasilnya adalah harga yang kian merosot dimana harga diskon dari feedlot dikutip serendah Rp37.500 per kg bobot hidup di Lampung. Namun, ini adalah kasus ekstrem, dimana harga umum untuk sapi steer rata-rata berkisar di Rp38.500 selama bulan Maret. Harga yang lebih tinggi, hingga Rp41.000 atau lebih, berlaku untuk stok sapi berkualitas bagus yang tinggi karkas dan rendah lemak. Pemilihan Umum yang akan berlangsung pada tanggal 17 April, sepertinya akan membuat pasar tetap datar untuk sementara waktu karena perhatian akan dipusatkan pada urusan politik daripada konsumsi. Jadi, kepeningan yang terjadi sejak Oktober mestinya berakhir pada bulan April ini.

 

Satu-satunya titik terang bagi pengusaha penggemukan adalah menjelang akhir bulan ketika harga CIF Australia turun menjadi USD2,65 atau sekitar Rp38.000 per kg untuk harga di Jakarta, setelah sapi steer bakalan yang dikirim dari Darwin turun ke angka AUD $ 2,85. Harga aktual di feedlot mengalami sedikit kenaikan setelah dikurangi dengan beban bea pemerintah, biaya-biaya logistik dan penyusutan bobot tubuh sapi setelah pengangkutan dari pelabuhan ke feedlot. Setidaknya, kerugian perdagangan pada saat kedatangan sapi mendekati nol sehingga feedlot dapat berkonsentrasi untuk mendapat marjin keuntungan melalui proses pemberian pakan secara efisien.

 

Data statistik awal untuk impor menunjukkan bahwa 56.000 ekor sapi sudah dikirim dari Australia pada bulan Maret, selain lebih dari 40.000 ekor yang diimpor pada bulan Februari sehingga feedlot, sekali lagi, pasti memiliki banyak persediaan untuk periode pasca Lebaran. Tak pelak lagi, melemahnya harga di Australia sangat terkait dengan lonjakan tingkat impor ini.

 

Kegagalan musim hujan di sebagian besar kawasan Northern Territory dan sebagian Queensland dan Kimberley terus berlanjut, dengan harga sapi yang pada umumnya rendah di seluruh kawasan karena produsen mengurangi jumlah stok ternak mereka dengan harapan dapat mempertahankan sapi indukan yang tersisa selama musim kemarau panjang ketika persediaan rumput menjadi sangat berkurang. Sekarang sudah di penghujung musim hujan yang biasanya terjadi, sehingga para produsen dapat benar-benar yakin bahwa musim hujan memang gagal. Jadi, mereka sudah menyiapkan rencana untuk mengurangi jumlah kawanan sapinya dan pada umumnya mereka sedang bersiap-siap atau malah sudah melaksanakannya.

 

Salah satu supermarket terbaik di Bali adalah “Grand Lucky” di kawasan Sunset Road yang menyediakan berbagai pilihan produk dari pemasok dalam negeri dan dari seluruh dunia.

 

Picture1

Foto di Grand Lucky: pilihan daging sapi memang baik tetapi harganya mahal. Daging knuckle pada foto ini dijual seharga Rp221.500 (AUD $ 22,15 per kg). Daging sapi segar ini diproduksi dari sapi Bali yang dipelihara dan disembelih secara lokal.

 

Picture2

Foto di Grand Lucky: Rp214.500 atau AUD $ 21,45 per kg untuk daging kelapa (knuckle), topside (isi atas), paha depan (chuck) dan daging sup sengkel (shankle)!

 

Picture3

Foto di Grand Lucky: rak paling atas dan kiri bawah adalah potongan Tokusen Wagyu dengan kisaran harga mulai dari Rp44.950 (AUD $ 45) untuk striploin hingga Rp72.500 (AUD $ 72,50) untuk cuberoll dan Rp94.550 atau AUD $ 94,55 per kg untuk tenderloin. Tokusen adalah produk Wagyu yang diproduksi secara lokal dan digemukkan di fasilitas Jabung milik Santori di Sumatera Selatan. Pengimbang dari daging impor yang dipajang adalah produk Australia.

 

Vietnam: Sapi Potong Steers AUD $4,44/kg (VND16.450 = AUD $1)

Harga sapi naik sebesar Dong 1.000 per kg (sekitar 6%) per bobot hidup untuk semua jenis stok di utara dan selatan negara ini, jadi saya menaikkan harga indikator bulan ini ke Dong 73.000 per kg.

Perdagangan di Vietnam jelas berkembang menuju proporsi lebih tinggi untuk sapi bakalan karena para pemain industri saat ini mengkonsolidasikan posisi mereka mengingat distorsi pasar sebelumnya masih membayangi mereka. Saat ini, hanya para pedagang sapi dan pengusaha penggemukan yang serius dalam industri ini yang berfokus pada cara terbaik untuk menghasilkan uang, di mana dengan melakukan penghematan di penggemukan, mereka akan mendapatkan nilai tambah dari sapi bakalan dan bukannya hanya mengandalkan marjin perdagangan dari sapi potong. Foto di bawah adalah foto di pintu masuk ke pasar tradisional Cua Bac di Ben Thanh di pusat Kota Ho Chi Minh. Foto-foto di bawahnya adalah foto di unit penjualan daging sapi di pasar lama yang terkenal ini, dan patut dikunjungi. Vissan adalah salah satu pengolah utama daging sapi di Kota Ho Chi Minh dengan sejumlah besar kios yang menyajikan dagangan secara menarik.

 

Picture4. png

 

Picture5

Foto: para pedagang di sejumlah kios daging sapi Vissan bersiap-siap menyambut datangnya jam sibuk di pagi hari.

 

Picture6

Foto: beragam jenis daging dan jeroan disajikan dengan bersih, segar dan menarik.

 

Picture7

Foto ini saya ambil di pasar tradisional di Dong Hoi, di pantai sekitar setengah jalan antara Da Nang dan Hanoi. Kios dagingnya sangat tidak menarik, jadi saya pikir lebih baik menampilkan foto buah dan sayur yang dipajang dengan sangat bagus ini.

 

China: Sapi potong AUD $5,52/kg (RMB 4.76 = AUD 1$)

Harga masih stabil selama bulan Maret dengan pergerakan mata uang menjadi penyebab atas sebagian besar perubahan harga dalam AUD di atas.

Pemberitahuan tentang wabah baru African Swine Fever tampaknya mulai melambat tetapi konsekuensi penuh karena merosotnya produksi babi belum akan terjadi sampai siklus produksi yang terputus tersebut tercermin nyata dalam penurunan jumlah yang dramatis di pasar pada suatu waktu nanti, di akhir tahun ini.

 

Filipina: Sapi potong AUD $4,61/kg (Peso 37,3 = AUD 1$)

Harga sapi potong sudah stabil meskipun pada tingkat yang sangat tinggi yaitu 172 Peso per kg bobot hidup. Harga daging sapi di pasar tradisional dan supermarket juga bertahan, sementara perekonomian secara umum terus menguat. Saya diberitahukan bahwa harga yang sangat tinggi seperti pada sapi lokal ini hanya diberlakukan pada sejumlah kecil sapi potong Australia, sejauh ini. Tetapi jika harga seperti ini terus berlanjut, mungkin akan ada baiknya untuk menjalankan kembali impor sapi hidup ke Filipina.

 

George Black pulang ke Filipina pada bulan Maret lalu dan mengirim foto-foto di bawah ini dari supermarket dan pasar tradisional di Davao, Mindanao.

 

Picture8

Foto dari George: pasar umum Toril di Davao City. Daging sapi dijual mulai dari Peso320 per kg (AUD$8,57)

 

Picture9

Foto dari George: kios lainnya dengan tampilan bagus di pasar Toril, di mana kaki sapi ini dijual seharga Peso150 per kg (AUD$4,02).

 

Picture10

Foto dari George: Daging sapi beku Aussie di supermarket Davao @ Peso 1.200 per kg atau AUD$32,17 per kg.

 

Thailand: Sapi Potong Steer AUD $4,38/kg (Baht 22,5 = AUD 1$)

Tidak ada laporan untuk bulan ini kecuali kabar dari satu feedlotter lokal yang mengatakan bahwa harga masih sama seperti bulan lalu, sekitar Baht 98 per kg. Sapi bakalan Charolais peranakan lokal dijual dengan harga Baht 96 per kg bobot hidup untuk sapi dari kelas yang bagus.

 

Roma

Jangan berencana membeli produk daging di Roma kecuali jika Anda baru saja menang undian. Putri saya Zealie berada di Roma pada bulan Maret dan mengambil foto-foto ini. Pilihan produknya luar biasa, tetapi harganya keterlaluan, menurut standar apa pun.

 

Picture11

Foto dari Zealie: Bull Bresaola dijual seharaga 69 Euro per kg atau AUD$108! Prosciutto seharga 45,90 Euro atau AUD$77,95 per kg, dsb.

 

Picture12

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

English March Table

 

 

 

 

 

 

One thought on “Maret Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

  1. thanx alot. best regards

    Pada tanggal Sen, 15 Apr 2019 pukul 16.00 Southeast Asian Beef Market Report menulis:

    > Dr. Ross posted: “Edisi ke-64: Maret 2019 Poin-Poin Utama Impor > Oktober terus berdatangan, memaksa harga di Indonesia turun semakin rendah > Harga sapi potong di Vietnam naik tajam Musim hujan di Northern Territory > gagal Indonesia: Sapi Potong” >

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s