Juli Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-68: Juli 2019

 

Poin-poin Utama

  • Impor sapi bakalan Indonesia terus berlanjut hingga bulan Juli.
  • Daging kerbau beku India kembali tersedia di pasar, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil.
  • PT Elders Indonesia menutup bisnisnya yang masih tersisa di Indonesia.
  • Harga sapi steer Darwin ditambahkan pada grafik di bawah ini.

 

Asian Slaughter Steer July 2019

 

Indonesia: Sapi potong steer, AUD $4,10/kg bobot hidup (Rp9.750 = AUD $1)

Permintaan tetap kuat meskipun harga stabil, dengan tingkat indikator masih berada pada Rp40.000 per kg untuk bulan Juli. Harga yang lebih tinggi berlaku untuk sapi yang bagus di beberapa lokasi, tetapi tampaknya banyak pengusaha feedlot yang sudah cukup senang dapat menjual lebih banyak dengan tingkat harga yang sama seperti di bulan Juni.

 

Saya mendengar bahwa sejumlah kecil daging kerbau India sudah tiba, tetapi volumenya belum cukup untuk mendukung tingkat permintaan sebelumnya. Para pedagang melaporkan bahwa pasokan alternatif berupa produk beku murah Aussie dan NZ juga sangat terbatas. Ini mungkin karena adanya lonjakan permintaan yang mendadak, tetapi juga mungkin karena ada pasar lainnya yang menawarkan harga yang lebih baik. Akibatnya, sejumlah besar daging sapi impor segar kembali dibeli oleh sektor jasa pangan kelas bawah yang sebelumnya beralih ke produk India yang lebih murah. Pertanyaannya adalah, kapan daging kerbau India akan kembali tersedia dalam jumlah besar. Karena tidak ada penjelasan apa pun dari pihak pemerintah tentang alasan di balik penurunan impor yang mendadak tersebut, saya masih meduga bahwa hal ini diakibatkan oleh berkurangnya akses kepada daging kerbau India yang terkait dengan area bebas PMK (dengan vaksinasi) di India yang membatasi ketersediaan volume impor. Apa pun masalahnya, feedlot akan dengan senang hati mengisi kekosongan permintaan dan mengimpor sapi bakalan jauh lebih banyak daripada yang diperkirakan oleh siapa pun (terutama saya) untuk: 1. Manfaatkan harga moderat sapi bakalan yang terus terjadi di Australia utara; 2. Memanfaatkan melemahnya AUD $; 3. Menyimpan persediaan untuk berjaga-jaga terhadap penurunan persediaan yang diramalkan akan terjadi di akhir tahun 4; Meningkatkan persediaan mereka untuk memproduksi sapi potong tambahan yang kini mengisi kesenjangan daging kerbau India; dan 5. Memastikan bahwa mereka memiliki banyak persediaan sapi untuk memenuhi kebutuhan pasokan sambil mereka menegosiasikan proses pencabutan lisensi akibat gagal mencapai persyaratan 1 ekor sapi indukan untuk impor 5 ekor sapi bakalan, dan mendirikan perusahaan baru untuk kembali mulai mengimpor.

 

Photo 1_Knuckle in Giant Supermarket BSD

Foto: Giant Supermarket di BSD Jakarta menjual daging knuckle (daging kelapa) seharga AUD$19,55 per kg. Tampaknya tidak ada lagi diskon karena daging kerbau India sudah tidak tersedia di sini.

 

Hari raya Idul Qurban di mana sapi, domba, dan kambing jantan disembelih dan dagingnya disumbangkan bagi kaum miskin dirayakan pada tanggal 11 Agustus ini. Alokasi sejumlah besar hewan jantan untuk perayaan yang sangat penting ini berarti bahwa sapi lokal yang biasanya dipasok untuk menyediakan daging sapi segar dalam negeri dialihkan untuk acara khusus ini, sehingga menyebabkan kekurangan pasokan daging sapi segar dalam negeri yang mungkin akan menjadi peluang bonus bagi feedlot dalam negeri, selama daging kerbau India tidak tersedia untuk mengisi kesenjangan yang ada.

 

Dua titik kritis dalam perdagangan ini adalah, harga sapi potong dalam negeri dan harga sapi bakalan di Australia utara. Mengingat pentingnya harga beli sapi bakalan, saya memutuskan untuk menambahkan harga sapi bakalan Darwin ke dalam grafik bulanan di bagian atas laporan ini. Sebagai perkiraan kasar, biaya ekspor sapi hidup untuk semua pelanggan Asia kami tidak termasuk China, kira-kira AUD $ 1 per kg bobot hidup, sehingga harga CIF dapat diperkirakan hanya dengan menambahkan AUD $ 1 pada harga sapi bakalan Darwin. Harga sapi bakalan Darwin cukup stabil di sekitar $ 2,95-$ 3,00 menjelang akhir Juli, yang tak pelak lagi membantu meyakinkan importir untuk mengkonfirmasi sebanyak mungkin pengapalan sapi di masa depan dengan harga ini. Prediksi harga untuk pertengahan Agustus nanti adalah $ 3,15.

 

Perkiraan sebelumnya bahwa pasokan sapi bakalan Australia utara akan habis pada bulan Juli terbukti tidak benar, dengan impor besar-besaran lainnya sekitar 52.000 ekor. Wellard mengirim MV Ocean Drover dari Townsville ke Indonesia sebanyak 18.000 ekor untuk diturunkan di Jakarta (sekitar 12.000) dan Lampung (sekitar 6.000). Satu lagi pengiriman dari Ocean Drover dijadwalkan akan dilakukan pada bulan Agustus.

 

Satu lagi tonggak penting yang terjadi bulan ini adalah diumumkannya penutupan sisa kegiatan bisnis PT Elders Indonesia. Setelah menjual feedlot dan aset rumah potong hewan mereka di tahun lalu, mereka masih mengoperasikan bisnis impor dan distribusi daging, tetapi keputusan untuk menutup bab terakhir perusahaan tersebut baru-baru ini disampaikan kepada para pelanggan dan staf, yang akan segera dilakukan dalam waktu beberapa bulan mendatang. Bisnis sapi hidup dan daging sapi merupakan sektor yang sulit dioperasikan di belahan dunia manapun, tanyakan saja kepada para produsen Australia yang mengalami kekeringan masif. Tetapi Indonesia memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar akibat kebijakan pemerintah yang mengimpor daging kerbau India. Sayangnya, dua kebijakan pemerintah yang luas (dan mengagumkan) untuk: (a) mengurangi harga daging sapi untuk konsumen dalam negeri, dan (b) mendorong perluasan kawanan sapi dalam negeri demi meningkatkan produksi daging sapi lokal, sangat saling bertentangan. Tidak mungkin mendorong produsen daging sapi dalam negeri untuk memperluas bisnisnya, jika bisnis mereka dihancurkan oleh impor daging kerbau India yang murah. Pemerintah Indonesia tidak berada dalam posisi menang di sini, karena mereka harus membuat pilihan yang tidak dapat dihindari antara menyediakan protein berbiaya rendah untuk jumlah penduduknya yang begitu besar, atau harga daging sapi yang tinggi yang penting untuk mempertahankan dan mendorong produksi daging sapi dalam negeri.

 

Photo 2_ Bpk Supardi

Foto dari Drh. Cut Dara: Pak Supardi berpose dengan keturunan sapi brahman Australia yang terlihat sangat senang, yang diimpor untuk proyek koperasi pembiakan dan penggemukan di Lampung, Sumatera. Kinerja sapi di koperasi ini luar biasa.

 

Photo 3_ Cattle Beef in Bali Supermarket

Foto: Ini adalah bagian dari tampilan di supermarket lokal saya di Bali dengan daging sapi impor (Harvey) dan lokal (sapi Bali). Tenderloin Harvey dijual seharga AUD $ 52,25 per kg sedangkan Rib Eye Harvey dijual seharga AUD $ 29,20. Tenderloin lokal dijual AUD $ 17,90 dengan striploin lokal seharga AUD $ 15,00 per kg. Daging sapi cincang lokal dijual seharga $ 13,00 per kg.

 

Vietnam: Sapi potong steer, AUD $4,56/kg (VND16.000 = AUD $1)

Harga di Vietnam masih kokoh dengan melemahnya nilai tukar AUD, membuat sapi impor menjadi sedikit lebih menarik. Indikator harga masih tetap di Dong73.000 per kg bobot hidup untuk sapi potong steer. Harga daging sapi di pasar tradisional dan supermarket tidak mengalami perubahan signifikan sementara harga daging ayam meningkat cukup tinggi selama bulan Juli. Hal ini mungkin mengindikasikan perpindahan ke daging ayam akibat wabah African Swine Fever (ASF) yang terus menghancurkan ternak babi nasional. Lihat peta di bawah ini dari FAO yang menunjukkan bahwa penyakit ini telah menyebar ke setiap wilayah di Vietnam dan di negara tetangganya di Kamboja dan Laos.

 

Photo 4_FAO map about ASF

Peta dari FAO ini menunjukkan wabah baru ASF dan yang kini sedang berlangsung di Vietnam, Kamboja dan Laos.

 

Photo 5_ Feeder and Cattle in Vietnam

Vietnam masih terus melanjutkan peran vitalnya sebagai pasar terbesar kedua Australia untuk ekspor sapi hidup. Pasar saat ini terbagi sekitar 80% untuk sapi potong dan 20% untuk sapi bakalan. Peningkatan terbaru dalam sistem pemberian pakan akan memastikan bahwa sapi bakalan akan secara bertahap menjadi bagian yang jauh lebih penting dalam perdagangan karena usaha penggemukan yang efisien akan dapat mencapai margin yang jauh lebih tinggi dengan menggemukkan sapi dibanding hanya mengimpor sapi gemuk untuk memperoleh margin perdagangan.

 

Photo 6_ Importation of Belgian Blue Genetics

Foto dari media Vietnam: sapi impor ras Belgian Blue, sebuah prakarsa yang juga kini dilakukan di Indonesia.

 

Media setempat selama bulan Juli juga menaikkan sejumlah berita mengenai Kementerian Pertanian Australia yang mengumumkan pelanggaran serius terhadap persyaratan ESCAS Australia. Semua sapi Australia harus tetap berada dalam rantai pasok yang disetujui sampai disembelih di fasilitas yang disetujui. Kasus yang disebutkan media mencatat bahwa lebih dari 1.500 sapi dan 99 kerbau telah keluar dari rantai pasok mereka dan tidak dapat dilacak, dan ini adalah pelanggaran yang sangat serius.

 

China: Sapi potong, AUD $5,45/kg (RMB 4,77 = AUD 1$)

Harga sapi potong di Yuan masih stabil selama bulan Juli dengan melemahnya AUD menyebabkan kenaikan harga A$ di atas. Fitur utama pasar yang tercatat adalah kenaikan harga daging babi yang terus berlanjut. Harga yang dilaporkan di Shanghai naik dari Y24 di bulan Juni menjadi Y26,8 pada bulan Juli, atau mengalami kenaikan sebesar 11,7%. Laporan GAIN USDA baru-baru ini tentang China memperkirakan bahwa “pada akhir tahun 2019, total persediaan babi akan turun 13% menjadi 374 juta ekor. Produksi daging babi akan berkurang 5% menjadi 51,4 juta ton, dan berkurangnya pasokan hanya sedikit diimbangi dengan melemahnya permintaan. Untuk menutupi kesenjangan pasokan dalam negerinya, China akan meningkatkan impor daging babi sebesar 33% menjadi 2 juta ton. ”

 

China, untuk pertama kalinya dalam sejarah, menjadi pasar ekspor daging sapi terbesar Australia berdasarkan volume, melonjak melewati pelanggan tetapnya yakni Jepang dan Amerika Serikat dalam perdagangan yang dilakukan selama bulan Juli “. – Seperti dilansir oleh Beef Central.

Photo 7_ Chinese Year of The Pig

Foto dari internet : Dan inilah Tahun Babi China!

 

Filipina: Sapi potong, AUD $4,85/kg (Peso 35,5 = AUD $1)

Harga bulan ini masih stabil dengan sedikit kenaikan pada harga A $ di atas karena melemahnya $ Australia. Kenaikan tajam pada harga sapi potong dalam negeri yang saya laporkan sebelumnya, gagal diterjemahkan menadi peningkatan impor sapi hidup. Mengingat kenaikan besar sekitar AUD $ 2 per kg, saya mulai curiga bahwa informasi yang saya berikan mungkin tidak benar, sehingga saya mengecek melalui seorang teman lama yang merupakan importir penting ketika Filipina masih menjadi pelanggan utama ternak hidup kami, dan beliau mengkonfirmasi bahwa harga yang saya laporkan memang benar adanya. Beliau juga mengatakan bahwa meskipun ada kenaikan harga yang dramatis, ia belum tertarik untuk memulai mengimpor lagi.

 

Photo 9_Wet market in Philippines

Foto dari Peter Watkins yang baru-baru ini berada di Filipina dan mengirimkan foto-foto dari sebuah pasar tradisional yang sangat ramai ini.

 

Photo 8_ Wet Market

Foto lainnya dari Peter Watkins menunjukkan kegiatan perdagangan yang sangat sibuk di pagi hari.

 

Photo 10

Foto dari Peter Watkins: Daging babi masih menjadi favorit di Filipina yang untungnya tidak terkena wabah ASF.

 

Photo 11_Mindanao

Foto dari agen saya di Mindanao: sebuah supermarket menawarkan rib eye dari sapi lokal seharga AUD$15,56/kg.

 

Photo 12_T Bone Steak

Mindanao: Daging T-bone yang tampak biasa-biasa saja ini dijual seharga AUD$20,80.

 

Photo 12_ Shank

Mindanao: Potongan paha dijual seharga AUD$8,45.

 

Thailand: Sapi potong steer, AUD $4,46/kg (Baht 21,3 = AUD $1)

Harga sapi potong naik lagi dari 92 Baht menjadi 95 Baht per kg bobot hidup di bulan ini, karena pasokan masih lemah dan masuknya elemen baru dalam permintaan, karena Vietnam sekali lagi membeli sapi hidup dari Thailand untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri mereka.

Thailand masih menjadi salah satu dari sedikit negara di Asia Tenggara yang belum terinfeksi ASF.

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

English Price Table July 19

One thought on “Juli Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

  1. TERIMA KASIH BANYAK ATAS INFO /DATANYA. SALAM SUKSES SELALU

    Pada tanggal Jum, 16 Agu 2019 pukul 13.44 Southeast Asian Beef Market Report menulis:

    > Dr. Ross posted: “Edisi ke-68: Juli 2019 Poin-poin Utama Impor sapi > bakalan Indonesia terus berlanjut hingga bulan Juli. Daging kerbau beku > India kembali tersedia di pasar, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. PT > Elders Indonesia menutup bisnisnya yang masih ter” >

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s