Oktober Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-71: Oktober 2019

 

Poin-Poin Utama

  • Rumusan kebijakan impor baru Indonesia untuk 5% sapi indukan membuka peluang bagi izin impor sapi bakalan tetap berjalan
  • Epidemi ASF di China menyebabkan kenaikan tajam pada harga daging babi akibat merosotnya pasokan
  • Wabah PMK merebak di Thailand menyebabkan harga sapi merosot

 

Asian Slaughter Oct 2019

 

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $4,17/kg bobot hidup (Rp9.600 = AUD $1)

Harga sapi potong steer di bulan ini masih lemah karena tingginya pasokan dari sejumlah feedlot yang memiliki stok padat, sementara permintaan tetap rendah. Sapi-sapi betina yang gemuk dijual serendah Rp38.500 di Lampung, sementara stok sapi-sapi terbaik di Jawa Barat dijual seharga Rp41 ribu. Pasar yang lemah ini mungkin merupakan hasil perpaduan dari dua faktor, yakni menurunnya permintaan selama bulan “Safar” dalam kalender Islam (untuk tahun ini berlangsung pada 30 September hingga 28 Oktober), bulan yang saya dengar, menjadi waktu di mana berbagai perayaan, pernikahan dan pesta biasanya jarang dilakukan, sementara sejumlah besar sapi dari feedlot yang siap dijual sudah terlalu banyak untuk ditampung di pasar akibat tinggnya impor sapi bakalan selama bulan Juni (60 ribu ekor) dan Juli (78 ribu ekor). Sapi dari tempat-tempat penggemukanyang berjumlah banyak ini masih dalam tahap awal sehingga mereka belum terlampau gemuk. Namun, jika permintaan tidak meningkat secara substansial maka jumlah sapi yang sangat gemuk akan sangat banyak pada akhir November nanti. Para penjual daging tidak menyukai sapi yang terlampau gemuk, sehingga lingkaran setan ini akan kembali terjadi, di mana sapi-sapi yang gemuk dipertahankan karena feedlot menanti harga yang lebih baik sementara sapi-sapi yang sudah gemuk tersebut akan menjadi lebih gemuk lagi dengan menelan biaya yang signifikan dan harga jual yang semakin rendah. Impor awal pada bulan Oktober berada pada tingkat yang jauh lebih masuk akal yakni sekitar 45.000 ekor. MLA telah mengkonfirmasi bahwa angka impor resmi untuk bulan September adalah 45.000 ekor, sehingga pasar sapi potong kemungkinan akan kembali ke tingkat pasokan normal pada bulan Januari/Februari.

 

Saya mendapat informasi dari sejumlah sumber terpercaya bahwa selama bulan Oktober, para importir diberitahukan bahwa izin impor mereka akan kembali terbuka bagi semua importir sepanjang mereka setuju untuk mematuhi persyaratan baru yakni menerapkan impor 5% sapi indukan dari jumlah sapi bakalan yang diimpor. Kementerian Pertanian telah memanggil semua importir untuk melakukan pertemuan pada awal November untuk menjelaskan tentang perincian kebijakan tersebut, dan tampaknya hukuman akibat kegagalan mematuhi persyaratan impor sapi sebelumnya, telah dibatalkan. Waktu penerapan prakarsa yang baru ini, kemungkinan besar akan menghadapi masalah akibat kekurangan stok sapi indukan di Australia utara. Lihat grafik MLA di bawah ini yang menunjukkan tingginya tingkat penyembelihan sapi di Queensland (akibat rendahnya cadangan pakan sehingga peternak menjual sapi indukan mereka untuk disembelih sebelum sapi-sapi tersebut kelaparan). Setelah kekeringan di kawasan utara berkahir dengan datangnya musim hujan kali ini, pasokan sapi betina produktif akan berkurang dan harganya akan mencapai titik tertinggi dalam sejarah.

 

Picture1_Queensland weekly cattle slaughter

 

Di bulan Oktober ini, Syahrul Yasin Limpo (politisi NasDem) diangkat sebagai Menteri Pertanian yang baru. Bapak Limpo berasal dari Sulawesi dan merupakan seorang birokrat karier dan politisi. Saya menelepon beberapa pihak dari kalangan industri terkait, namun semua orang yang saya ajak bicara belum pernah memiliki pengalaman bekerja sama atau mengenal beliau. Jadi, kita harus menunggu untuk mengetahui pendekatan beliau terhadap kebijakan di bidang pertanian.

 

Para pedagang melaporkan bahwa persediaan daging kerbau India di pasar melimpah, sementara belum ada prediksi yang meyakinkan tentang kapan daging sapi Brasil akan masuk ke pasar. Para pedagang memprediksi bahwa harga produk ini akan lebih tinggi daripada daging kerbau India namun akan lebih rendah daripada produk Australia. Mengingat dampak kekeringan dan pasar dunia terhadap daging sapi Australia kelas bawah, harga produk ini di masa depan kemungkinan akan meningkat tajam setelah kekeringan berakhir, sehingga daging sapi Brasil mungkin menyentuh margin aman di bawah kompetisi Australia yang terbatas dan mahal. Lihat foto di bawah ini, “Daging Kerbau” India yang dijual di supermarket Giant di BSD City, Tangerang Selatan dengan harga Rp80.000 per kg atau AUD $ 8,33

 

Harga sapi bakalan steer Darwin pada akhir Oktober berkisar antara AUD $3,20 hingga $3,33. Saya menggunakan $3,30 sebagai harga indikator untuk bulan ini.

 

Picture2_Indian Buffalo

 

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,68/kg (VND15.800 = AUD $1)

Harga sapi potong (untuk sapi yang diimpor dari Australia) naik untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan dengan kenaikan sekitar Dong1,000 per kg secara umum. Hal ini menyebabkan tingkat indikator harga sapi potong steer naik ke Dong74.000 per kg sementara sapi jantan dan sapi steer terbaik dapat mencapai Dong 77.000 per kg (AUD $ 4,87) di Hanoi, di mana harga sapi selalu lebih tinggi daripada di kawasan selatan.

 

Townsville masih menjadi pelabuhan yang dominan bagi Vietnam karena lokasinya ideal untuk memasok campuran sapi potong/sapi bakalan yakni 80/20, yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat Vietnam. Jumlah pengiriman bulanan melonjak: 11.800 ekor pada bulan Juli, menjadi 23.500 ekor pada bulan Agustus dan 25.500 ekor di bulan September. Ekspor rata-rata bulanan untuk tahun 2018/2019 adalah 20.000 ekor.

 

Agen-agen saya melaporkan bahwa harga daging sapi relatif stabil sehingga tampaknya perubahan utama yang terjadi adalah pada peningkatan volume konsumsi daging sapi ketimbang perubahan harga. Ini tampaknya sesuai dengan kenyataan bahwa persediaan daging babi menjadi terbatas akibat wabah African Swine Fever (ASF). Faktor lain yang berpengaruh adalah promosi besar-besaran melalui artikel media untuk produksi sapi yang dipelihara di dalam negeri, yang sangat dibutuhkan untuk membantu mengatasi kesenjangan yang semakin lebar antara menyusutnya pasokan lokal dan meningkatnya permintaan.

 

Picture3_Vietnamese Cattle

Foto dari internet: Sapi Vietnam yang merupakan jenis Bos indicus merah adalah jenis sapi yang sangat menarik dan produktif, tetapi lahan penggembalaan yang tersedia hanya sedikit untuk memungkinkan pemulihan populasi sapi nasional secara signifikan. Alur pergerakan sapi di sini hanya berjalan satu arah.

 

Picture4_Vietnamese Organic Product

Orang-orang Vietnam tetap menjadi penjual daging sapi online yang paling efektif dan agresif di kawasan ini. Dui Bo adalah daging kelapa atau knuckle. Harga jual ini merepresentasikan 25% produk Organik premium.

 

China: Sapi Potong, AUD $6,73/kg (RMB 4,83 = AUD 1$)

Harga sapi potong relatif stabil pada level tertinggi dengan rata-rata harga di Beijing dan Shanghai sama dengan bulan lalu yakni Y32.5 per kg. Hal yang sama tidak berlaku untuk daging babi, seperti yang dilaporkan oleh agen saya, telah meningkat hampir 50% di Beijing dan sekitar 17% di Shanghai pada bulan Oktober.

 

Bencana wabah ASF asih terus berlangsung di seluruh China (dan seluruh kawasan) dan pemerintah tengah mengerahkan upaya keras untuk meningkatkan impor dengan secara agresif mengeluarkan izin untuk sumber-sumber impor baru bagi daging sapi, ayam, dan babi dari seluruh dunia, sembari melakukan upaya terbaik mereka untuk mengendalikan epidemi ini agar mereka dapat memulai tugas besar yakni membangun kembali kawanan ternak babi. Peta wabah ASF di bawah ini tidak menunjukkan adanya wabah baru pada akhir Oktober, namun gambaran keseluruhan tetap menunjukkan bencana besar. Simon Quilty memberikan update tentang situasi wabah ASF, setelah menghadiri konferensi di Cina pada minggu terakhir bulan Oktober. Seorang pakar China mengatakan bahwa selama 3-5 tahun ke depan, pasokan daging babi dalam negeri akan mengalami kesenjangan produksi 15-20 juta ton per tahun. Total ekspor daging babi dunia sekitar 8,5 juta ton dengan UE, Kanada, dan AS menghasilkan 80% dari angka tersebut. ASF sudah memberikan damapk sosial yang sangat besar terhadap industri terkait, yang menciptakan sumber-sumber baru gangguan sosial dan komersial yang mengarah pada pengangguran dan terhambatnya kemajuan program pengentasan kemiskinan nasional. Bayangkan saja, masalah yang ditimbulkan akibat kebutuhan mendesak untuk segera menyingkirkan 150 juta lebih ekor babi yang tersebar di seluruh negeri dalam waktu kurang dari 12 bulan. Intinya adalah bahwa satu-satunya harapan untuk pemulihan yang relatif cepat (minimal 3-5 tahun) adalah jika vaksin ASF dapat dikembangkan. Namun, waktu yang dibutuhkan hingga vaksin tersebut dapat dipasarkan akan sangat lama, jadi tragedi ini akan terus bergulir hingga waktu bertahun-tahun yang akan datang.

 

Meningkatnya permintaan China terhadap impor daging akan mendorong industri Australia untuk menyediakan lebih banyak produk pada saat produksi hampir runtuh dengan berakhirnya kekeringan nanti. Setidaknya di kawasan utara tropis, musim hujan yang relatif normal akan menyebabkan banyak sekali sapi betina produktif yang dipertahankan dalam kawanan, sehingga mengakibatkan penurunan tajam pada stok sapi yang siap dipotong. Kombinasi antara tingginya permintaan global di saat yang sama dengan penurunan kapasitas Australia untuk memasok sapi, akan mendongkrak harga sapi Australia ke titik tertinggi dalam sejarah. Melemahnya nilai AUD $ hanya akan memperparah situasi ini.

 

Picture5_Dead Pigs across China

Foto dari AsiaNews.it: banyak sekali babi yang mati di seluruh kawasan China sehingga menciptakan masalah pembuangan dan masalah besar bagi lingkungan. Semakin lama Anda menunda, semakin buruk hasilnya.

 

Picture6_Burying Dead Pigs

Foto dari media Vietnam: mengubur sekian banyak babi mati merupakan pekerjaan yang sangat sulit, lambat, dan mahal

 

Picture7_Pig Disposal in Russi

Foto dari ScienceMag.org menunjukkan pembuangan babi yang terkena ASF di Rusia. Biaya, upaya, dan dampak lingkungan dari kegiatan ini menjadi beban tambahan yang sangat berat, selain kerugian akibat kehilangan babi, pekerjaan dan produksi daging babi di masa depan.

 

Filipina: Sapi potong, AUD $4,94/kg (Peso 35,0 = AUD $1)

Harga sapi potong di bulan ini tidak berubah, meskipun agen saya melaporkan bahwa terjadi sedikit kenaikan pada harga daging sapi yang diperkirakan akan menjadi tren berkelanjutan jika wabah ASF terus berkembang. Saat ini, pihak berwenang telah berhasil membatasi penyebaran penyakit ini ke Luzon, namun peluang untuk tetap menjaga agar penyakit ini tidak menyebar sepertinya sulit, mengingat pengalaman yang terjadi di seluruh wilayah. Seperti yang terjadi di China, harga daging babi sebenarnya sudah turun setelah wabah, akibat dari kekhawatiran konsumen dan persediaan yang membengkak karena produsen menyembelih stok melampaui volume normal untuk melindungi diri terhadap pergerakan virus penyakit ini di masa depan. Harga mungkin akan tetap tertekan selama sekitar 6 bulan ketika kekurangan pasokan daging babi mulai terasa.

 

Picture8_FAO Map

Peta FAO menunjukkan wabah baru di Luzon pada minggu terakhir bulan Oktober. Wabah baru lainnya terus berlanjut di Vietnam serta Korea Utara dan Selatan.

 

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,20/kg (Baht 20,7 = AUD $1)

Harga sapi potong merosot tajam di Thailand akibat adanya wabah baru Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini mengakibatkan harga dalam negeri turun ke kisaran 85 hingga 90 Baht per kg bobot hidup. Saya menggunakan Baht 87 untuk harga indikator bulan ini. PMK akan menyebabkan pemblokiran ekspor ke negara tetangga di kawasan regional serta gangguan terhadap pergerakan stok nasional. Thailand masih menjadi satu-satunya produsen babi utama di kawasan ini, yang tetap dapat mempertahankan diri untuk terbebas dari wabah ASF.

 

Cobram, Victoria, Australia.

 

Picture9_from the Cobram Woolworths

Foto dari Cobram Woolworths di Victoria utara pada akhir Oktober: Sangat banyak pilihan daging sapi dengan beberapa kesenjangan penawaran karena sangat pelanggan yang membeli daging sapi dalam jumlah banyak (termasuk saya) sehingga para staf harus berjuang keras demi memastikan bahwa rak-rak tetap terisi penuh. Kerja yang bagus dari Woolies.

 

Picture10_Mecardo Market Analysis

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

English_Oct 19 price table

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s