Nopember Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-72: November 2019

Poin-Poin Utama

  • Harga sapi potong Indonesia merosot akibat kelebihan pasokan
  • Daging sapi Brasil tiba di Jakarta
  • Harga di Filipina tembus batas AUD $5
  • Harga sapi potong di Shanghai melampaui $ 7 per kg bobot hidup

 

Nov_Asian Slaughter Steer Liveweight

 

Indonesia: Sapi Potong Steer AUD $3,96/kg bobot hidup (Rp9.600 = AUD $1)

Harga sapi potong merosot akibat kelebihan pasokan sebagai dampak tingginya angka impor pada bulan Juni (60 ribu ekor) dan Juli (78 ribu ekor). Tingkat indikator turun dari Rp41.000 per kg bobot hidup di bulan lalu menjadi Rp38.000 di bulan November. Angka impor resmi terkini menunjukkan tingkat impor untuk bulan Agustus dan September menunjukkan jumlah yang jauh lebih masuk akal yakni 45 ribu ekor, sementara impor di bulan Oktober kembali naik ke 65.500 ekor. Impor sapi bakalan sebanyak 40.000-50.000 ekor per bulan membuat harga eceran di pasar menjadi stabil, sementara jumlah impor yang disebutkan di atas pasti membuat harga menukik jatuh.

Kelebihan pasokan daging sapi segar ini diperparah oleh melimpahnya pasokan daging kerbau India yang akhirnya memadati toko-toko daging beku, setelah kekurangan pasokan pada awal tahun ini.

PT Berdikari (Persero) yang adalah BUMN, melakukan impor pertama daging sapi dari Brasil (dipasok oleh Minerva) ke Indonesia pada bulan November. Meskipun daging sapi impor ini mungkin belum akan mengisi rak-rak penjualan eceran hingga akhir November atau awal Desember, tak pelak lagi akan lebih menekan harga sapi potong di saat yang sama ketika jumlah pasokan di feedlot melampaui permintaan. Di bawah ini adalah tangkapan layar siaran pers dan foto-foto ketika kontainer pertama tiba di Jakarta. Seperti sudah diduga, harga ecerannya hanya sedikit lebih tinggi dibanding daging kerbau India dan tentu saja jauh lebih rendah daripada harga daging sapi segar, sehingga produk ini kemungkinan akan menemukan pasar yang siap menerimanya.

 

Photo 1_Brazil Minerva

Angka 905 untuk daging kelapa (knuckle) seharusnya terbaca Rp 90.500 per kg.

 

Photo 2_Boneles Beef from Brazil

Wabah African Swine Fever (AFS) dilaporkan terjadi Sumatera Utara pada awal November, dimana sejumlah besar babi mati dibuang ke sungai setempat. Laporan pers menyebutkan bahwa baik AFS dan Hog Cholera teridentifikasi pada sampel yang diambil dari hewan yang terinfeksi, tetapi seperti terlihat pada data terkini FAO tentang wabah ASF di bawah ini, ASF belum secara resmi terkonfirmasi di Indonesia.

Photo 3_ASF Situation

Wabah ASF yang baru merebak diberi warna merah, terjadi di Kamboja, Vietnam dan Korea Utara tetapi peta terbaru ini tidak menunjukkan ada kejadian di Indonesia.

 

Harga sapi bakalan Darwin pada akhir November berkisar antara AUD $3,25 hingga $3,40. Saya menggunakan $3,35 untuk harga indikator bulan ini.

 

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,68/kg (VND15.800 = AUD $1)

Bulan ini tidak terjadi perubahan harga pasar untuk sapi potong hidup, dimana indikator harga untuk sapi potong jantan dijual seharga Dong 74.000. Angka impor terus meningkat pada level tertinggi, dengan sekitar 26.000 ekor dikirim dari Australia pada bulan Oktober, sehingga feedlot berkapasitas tampung 100.000 ekor tersebut terpakai sebanyak 70% pada bulan November.

Epidemi ASF terus mengganggu pasar, dengan harga daging babi eceran naik sekitar 30% pada bulan November sementara jumlah permintaan menurun. Daging sapi secara alami diuntungkan akibat kombinasi antara tingginya harga daging babi, berkurangnya pasokan, dan konsumen yang semakin peduli terhadap keamanan produk.

Photo 4_Fresh Pork in Vietnamese Market

Foto dari internet: Daging babi segar di pasar tradisional Vietnam.

Peternak sapi di Delta Mekong Vietnam semakin tertekan dengan ditemukannya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) baru-baru ini di wilayah tersebut.

 

China: Sapi potong, AUD $6,89/kg (RMB 4,79 = AUD $1)

Seperti sudah diduga, harga sapi potong hidup di China masih kuat, dengan harga 32 Yuan per kg di Beijing sedangkan harga Shanghai naik dari 32 Yuan menjadi 34 Yuan. Harga Y34, jika dihitung berdasarkan nilai tukar RMB 4,79 untuk AUD $1, maka harga tersebut menjadi AUD $7,09 per kg bobot hidup untuk sapi potong di Shanghai. Harga daging kembali naik 10% atau lebih pada bulan November. Kenaikan masih terjadi terlepas dari upaya besar-besaran pemerintah China untuk mengimpor semua jenis protein daging dari seluruh dunia. Saya bahkan pernah membaca bahwa meskipun otoritas China menindak tegas impor daging kerbau ilegal dari India, namun kedua negara sedang serius bernegosiasi untuk menetapkan protokol yang akan memungkinkan impor daging kerbau India secara sah. Langkah ini masuk akal, sebab produk tersebut tetap masuk lewat pintu belakang, jadi mengapa tidak sekalian saja mendatangkan sejumlah besar daging kerbau dengan harga rendah untuk membantu menutupi kesenjangan akibat hilangnya produksi daging babi.

Meskipun ASF menjadi masalah terbesar saat ini, momok akibat kekeringan semakin menghantui yang siap menambah masalah produsen pangan. Dan area dengan kekeringan paling ekstrem yang ditunjukkan dengan warna merah pada peta di bawah ini, merupakan area pertanian yang paling produktif di seluruh daratan China. Tantangan terus menghantam. Bagaimana China mampu memberi makan seperlima populasi dunia dengan hanya 1/10 lahan pertanian dunia? Belum lagi soal isu penyakit, kekeringan, dan banjir yang membuat segalanya menjadi semakin sulit. Tidak heran jika permintaan ekspor daging sapi Australia ke China mencatat rekor baru setiap bulan. Tetapi hal ini hanya akan berlangsung hingga kekeringan di Australia berakhir dan selanjutnya hanya sedikit persediaan yang tersisa untuk dijual dengan harga selangit. Sekali lagi saya mengklaim bahwa harga $4 per kg bobot hidup untuk sapi bakalan akan menjadi kenyataan, begitu kekeringan menghilang dari tanah Australia.

Photo 5_CHIRPS )

 

Photo 6_ Yangtze River

 

Filipina: Sapi Potong, AUD $5,35/kg (Peso 34,6 = AUD $1)

Harga sapi potong akhirnya menembus batas AUD $5 dengan kombinasi penguatan Peso dan kenaikan harga lebih dari 10 Peso per kg untuk sapi jantan pada bulan November. Harga daging sapi dan ayam melonjak naik, baik di pasar basah maupun di supermarket, sementara harga daging babi kembali jatuh yang tentu saja akibat gangguan wabah ASF.

Agen saya juga mengatakan bahwa ia bertemu dengan beberapa pedagang daging sapi dari bagian utara Mindanao yang berkunjung ke selatan untuk mencari pasokan daging sapi baru, karena persediaan mereka sudah menipis. Sayangnya, mereka hanya menemukan sedikit produk, itupun harganya di luar jangkauan mereka. Ini juga menjadi indikator kuat bahwa perdagangan sapi hidup dan daging sapi kemasan ke Filipina kemungkinan akan meningkat dalam waktu dekat. Dan Filipina adalah importir daging sapi Brasil terbesar ke-10! Lihat grafik di bawah ini yang menunjukkan bahwa Filipina mengimpor 27.000 ton pada tahun 2018.

Photo 7_Top 10 Importers of Brazilian Beef

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,22/kg (Baht 20,6 = AUD $1)

Harga sapi potong masih stabil di bulan November dengan tingkat indikator bertahan pada Baht 87 per kg bobot hidup.

Dalam laporan bulan September, saya menyebutkan bahwa pasar Thailand sedang menantikan pembukaan RPH besar Tiongkok di dekat perbatasan Myanmar/China yang akan memproses sapi potong dari Birma dan Thailand. Saya mendengar bahwa RPH baru yang rencananya akan menerima penyembelihan sapi impor Thailand dalam waktu dekat ini sebenarnya berlokasi di dekat Kunming. Informasi terkini menunjukkan bahwa RPH tersebut akan mulai beroperasi pada bulan Januari, sehingga permintaan dan harga sapi Thailand diperkirakan akan meningkat.

 

Daging Berkualitas Petersens, Newfarm, Queensland sejak 1901.

Baru-baru ini saya berkunjung ke Brisbane untuk acara kumpul keluarga, agar semua kerabat di Aussie dapat berjumpa dengan cucu perempuan kami yang baru, yang datang bersama ibunya dari AS. Kami menginap di sebuah rumah di Newfarm, beberapa ratus meter dari toko daging Petersens di James street, dan sekitar 1 km dari supermarket Woolworths yang baru. Anda dapat melihat foto-foto di bawah ini, penyajian Woolies yang selalu istimewa. Toko daging ini luar biasa dengan produk bermutu tinggi yang disajikan dengan indah dan harga pantas.

Jadi, bagaimana toko daging bergaya tradisional di pinggiran kota kecil mampu bersaing dengan ketangguhan Woolies? Caranya adalah dengan memberikan semacam nilai tambah yang sulit dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Selain jajaran toko daging biasa, pemilik dan kokinya, Debra Sandford, menawarkan sejumlah besar pilihan lezat termasuk sup daging, pai, sup Irlandia, kari, stroganoff, lasagna, keju, saus, ikan, daging, dan masih banyak lagi yang semuanya siap dimasak di tempat dan sedapat mungkin menggunakan produk lokal. Perempuan yang sangat sibuk ini juga menawarkan katering untuk pesta-pesta besar, memasok ke sejumlah restoran dan bahkan berencana memproduksi makanan vegetarian dan vegan sesuai pesanan. Woolies memang bagus tetapi tidak akan pernah menyamai tingkat kreativitas, fleksibilitas dan pekerjaan pemilik/operator seperti ini. Sajian daging babi Natal mereka mendapat skor 9,9 dari skala 10.

Photo 8_Petersen's

 

Photo 9_Smoked Bacon

Photo 10_Newfarm Woolworths

Toko daging Newfarm Woolworths dengan produk bermutu tinggi yang disajikan secara sangat menarik

 

Photo 11_Beef Cabinet

Rak daging sapi ini sedikit berantakan hanya karena banyaknya pelanggan yang terus-menerus membeli banyak produk. Terus-menerus mengisi kembali rak-rak ini pastilah melelahkan.

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

November 19 price table

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s