Desember Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-73: Desember 2019

Poin-Poin Utama

  • Kelebihan pasokan melemahkan harga sapi hidup di Indonesia
  • Daging sapi Brasil menyerbu pasar-pasar tradisional Indonesia
  • Flu Babi Afrika (African Swine Fever) terkonfirmasi di Indonesia
  • Harga di Vietnam dan Thailand kembali naik bulan ini

 

Asian Slaughter Steer

 

Indonesia: Sapi potong steer, AUD $4,09/kg bobot hidup (Rp9.650 = AUD $1)

Harga sapi potong hanya mengalami kenaikan tipis karena oversupply (kelebihan pasokan) selama bulan Desember tidak seserius seperti yang terjadi pada bulan November, dengan harga indikator naik menjadi Rp39.500 per kg. Sapi-sapi steer yang terlampau gemuk di Lampung dijual dengan harga diskon menjadi Rp38.500 sementara harga sapi steer berbobot tubuh bagus dapat mencapai Rp41.000 atau lebih.

Daging sapi Brasil berhasil masuk ke Indonesia dengan beragam produk dijual di pasar-pasar tradisional di Jawa dengan harga seperti yang dipublikasikan bulan lalu (lihat daftar di bawah ini). Daging kelapa (knuckle) masih dijual dengan harga sekitar Rp90.000 per kg, hanya sedikit di atas harga daging kerbau India.

Kemasan daging pada foto di bawah ini menunjukkan betapa JBS (Friboi) dan Minerva menguasai volume yang signifikan di pasar.

 

Photo1_Topside ( Penutup Utuh )

Foto:Kemasan Brasil tampaknya jauh lebih baik daripada daging kerbau India.

 

Harga daging sapi Brasil –

Daging kelapa (knuckle) Rp90.000 per kg.
Penutup utuh/gandik (topside) Rp 84.000
Has dalam (chuck tender) Rp 85.000
Outside Flat Rp81.000
Eye round Rp 90.000
Punuk (Blade) Rp 80.000
Hilmasel / Shank Rp 78.000
Sandung lamur (Brisket) Rp 68.000
Sancan (Flank) Rp 61.000
Paha depan (chuck roll) Rp 74.000
70 cl Rp 58.000
90 cl Rp 71.000.

 

Photo2_Friboi in Jkt wet market

Foto dari salah satu pasar tradisional di Jakarta: Friboi adalah salah satu merek dari JBS.

Photo3_Minerva Carton

Foto: Karton Minerva.

 

Flu Babi Afrika (African Swine Fever/AFS) sudah resmi terkonfirmasi oleh pihak berwenang Indonesia seperti yang dilaporkan dalam pembaruan peta FAO di bawah ini. Jumlah kasus resmi pada akhir Desember adalah 28.000 ekor babi mati di Sumatera Utara sejak kematian awal yang terjadi pada 4 September 2019. Sumatera dan Jawa hanya memiliki sedikit jumlah babi, sementara Bali dan Kepulauan di Indonesia bagian Timur memiliki populasi babi yang besar karena masyarakat di sana didominasi oleh umat Hindu dan Kristen. Langkah-langkah karantina telah ditingkatkan untuk membantu mencegah penyebaran ASF ke kawasan tersebut, namun mengingat sejumlah besar turis China yang masuk dengan lebih dari 10 penerbangan langsung dari China ke Bali setiap hari, saya khawatir akan peluang penyebaran wabah penyakit ini.

 

Photo4_FAO Map

Peta FAO: Wilayah wabah ASF di Indonesia yang ditunjukkan dengan warna merah di atas adalah di daerah Sumatera Utara, yang merupakan salah satu jalur penyelundupan utama ke Indonesia, karena jaraknya yang sangat dekat melintasi Selat Malaka dari Malaysia.

 

Harga sapi steer bakalan Darwin sedikit melemah ke tingkat indikator $3,25 per kg di Darwin, pada akhir Desember.

 

Vietnam: Sapi potong steers, AUD $4,66/kg (VND16.000 = AUD $1)

Harga sapi potong kembali naik di bulan ini dengan penambahan 500 Dong per kg bobot hidup untuk sebagian besar kategori. Melonjaknya harga daging babi terus menggoyahkan semua pasar protein dengan harga babi hidup berlipat ganda sejak September 2019. Hal ini terjadi, terlepas dari menurunnya permintaan daging babi secara signifikan (turun sekitar 20% menurut data dari pemerintah) karena penurunan konsumen akibat tingginya harga dan sentimen negatif karena ketakutan umum tentang babi yang terkena penyakit. Pemerintah telah berupaya keras untuk mengatasi masalah ini dengan serangkaian inisiatif, mulai dari peningkatan impor secara dramatis (100.000 ton untuk festival Tet) hingga menumpas para pedagang yang menimbun produk untuk tahun baru Imlek yang akan datang. Perayaan Tet dilangsungkan dengan liburan yang dimulai sejak 24 hingga 29 Januari, kendati Hari Tahun Baru Tet jatuh pada tanggal 25 Januari.

Data resmi menunjukkan bahwa babi menyumbang 70-75% dari menu konsumsi di Vietnam, unggas menyumbang 20-25%, sedangkan daging sapi, kerbau, domba, dan kambing hanya menyumbang sekitar 5-10%. Produsen sapi hidup dan daging sapi Australia merupakan salah satu dari sedikit pemenang dalam bencana ASF, dengan permintaan yang semakin tinggi dalam jangka pendek hingga menengah.

 

Photo5_Marketing of Aussie beef

Foto dari internet: Pemasaran daging sapi Aussie.

 

China: Sapi potong, AUD $6,82/kg (RMB 4,84 = AUD 1$)

Harga sapi potong masih stabil dengan sedikit penurunan harga dalam AUD di atas hanya karena pergerakan nilai tukar. Harga daging sapi di pasar swalayan dan pasar tradisional sangat tidak menentu dan tanpa pola teratur, karena harga daging sapi dan daging babi naik dan turun di Beijing dan Shanghai selama bulan Desember. Tingkat gangguan pasar ini tidak mengherankan mengingat pergerakan penawaran dan permintaan secara besa-besaran untuk semua sumber protein karena wabah baru ASF terus bermunculan, sementara pemerintah China menjelajahi dunia mencari sumber tambahan dari setiap jenis protein. Hampir setiap minggu, ada pengumuman di media tentang penandatanganan kesepakatan baru yang membuka akses bagi negara lain untuk mengekspor produk ke China. Perayaan Tahun Baru China yang akan datang, yang berlangsung sejak 24 hingga 30 Januari hanya akan menambah beban pada rantai pasok yang sudah sangat rentan.

 

Photo6_2020 Year of the Rat

Foto dari internet: 2020 adalah Tahun Tikus

 

Filipina: Sapi potong, AUD $5,27/kg (Peso 35,1 = AUD 1$)

Tidak ada perubahan terhadap harga sapi potong di Filipina, karena perekonomian dalam negeri yang diiringi rendahnya tingkat pengangguran, permintaan yang kuat dan harga pasokan pangan yang stabil, sehingga semua orang dapat menikmati tingkat kemakmuran yang baru.

Pihak berwenang Filipina tampaknya berhasil membatasi penyebaran ASF di kawasan awal merebaknya wabah ini di Luzon. Sejak pertama kali terkonfirmasi pada tanggal 25 Juli, total 24 wabah ASF ditemukan di 9 provinsi di Pulau Luzon. Hingga akhir November, 136.000 ekor babi telah dimusnahkan.

 

Thailand: Sapi potong steer, AUD $4,78/kg (Baht 20,9 = AUD 1$)

Harga di Thailand meningkat tajam bulan ini, terlepas dari permintaan baru yang menjanjikan dari Kunming. Hal ini juga mengakibatkan kenaikan harga daging sapi di pasar tradisional lokal. Permintaan potensial dari Kunming sangat besar sehingga jika pasar ini terus berjalan, maka akan mengubah wajah industri daging sapi di Thailand. Kombinasi manajemen yang baik dan keberuntungan terus terjadi di Thailand, karena negara ini adalah salah satu dari hanya sedikit negara yang tetap bebas dari ASF.

 

Ethiopia

Pada akhir November, saya mengunjungi Ethiopia. Negara ini sangat indah, namun saya terkejut atas sistem pertanian domestik mereka yang masih primitif. Lihat foto di bawah ini, metode pengirikan biji-bijian menggunakan sapi jantan yang berat, berjalan melingkar di atas jerami gandum yang dipanen dan kemudian dikibaskan menggunakan garpu kayu untuk memisahkan biji-bijian dari sekam.

 

Photo7_Bulls in Etiopia

Foto: Mulut sapi jantan diikat erat, sampai pekerjaan selesai dan sapi-sapi tersebut diberi makan sisa-sisa sekam.

Photo8_Butcher shops

Foto: Di seluruh negeri, toko-toko daging biasanya berdampingan dengan restoran. Anda tinggal menuju ke jendela seperti yang terlihat pada foto di atas dan memesan jenis dan volume daging tertentu yang bisa Anda ambil atau langsung diserahkan kepada juru masak melalui jendela yang terhubung ke restoran. Harga daging sapi di sini adalah Birr $ 420 per kg atau setara dengan AUD $18,86 yang dimasak sesuai kebutuhan Anda – biasanya dengan roti dan salad.

Photo9_Fresh Corner

Foto: “Fresh Corner”adalah rantai toserba di Addis Ababa yang memasok terutama buah segar, sayuran, dan daging.

Photo10_The Beef Counter

Foto: Gerai daging sapi di dalam toko Fresh Corner. Daging knuckle dijual seharga Birr 350 per kg atau setara dengan AUD $15,70 per kg. (Benda berwarna kuning pada daging sapi di atas adalah irisan capsicum/sejenis paprika).

Photo11_Road Infrastructure

Foto: Infrastruktur jalan umumnya baik walaupun sangat sedikit mobil atau truk yang melaluinya di daerah pedesaan. Sebagian besar barang yang lebih kecil dipindahkan dengan menggunakan keledai atau bagal atau dipikul orang. Perhatikan menara digital 3G di latar belakang.

Photo12_ Mix Ancient and Modern

Foto: di mana-mana terlihat campuran gaya kuno dan modern – perhatikan pengemudi bagal ini sedang menggunakan ponselnya.

Photo13_Ethiopia has Africa's largest cattle population

Foto:Ethiopia memiliki populasi sapi terbesar di Afrika yakni sekitar 55 juta ekor. Foto di atas adalah penjualan mingguan di sisi jalan di Kota Mekele, di kawasan utara dekat perbatasan dengan Eritrea. Sapi jantan (berbobot sekitar 350 kg) di pasar ini dijual seharga sekitar Birr19.000 atau sekitar 54Birr per kg yang setara dengan AUD $ 2,44 per kg bobot hidup. Mengingat kombinasi antara kesulitan terjemahan dan keengganan pedagang untuk memberi tahu wisatawan tentang harga yang sebenarnya, harga ini mungkin sangat berbeda dari harga sesungguhnya. Daging sapi di toko daging/restoran lokal dijual dengan harga Birr240 per kg atau AUD $10,77

 

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

December 19 price table_Eng

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s