Maret Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-76: Maret 2020

Poin-Poin Utama

  • Dampak virus Corona terus mengganggu pasar
  • Nilai tukar Dolar Australia melemah terhadap sebagian besar mata uang
  • Dalam situasi krisis, persediaan pangan menjadi salah satu masalah paling kritis

Asian Slaughter Steer

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $4,19/kg bobot hidup (Rp9.300 = AUD $1)

Tidak heran kalau saya mendapat beragam sinyal yang berbeda dari sumber-sumber saya di Indonesia, dengan meningkatnya permintaan di beberapa daerah sementara terjadi penurunan permintaan di daerah lainnya. Meningkatnya permintaan dilaporkan oleh beberapa pengamat di daerah Jawa Barat, di mana permintaan makanan merupakan salah satu dari sedikit permintaan yang konstan di tengah kekacauan yang diakibatkan oleh virus Corona. Di sisi lain, gerai-gerai makanan cepat saji tradisional seperti restoran bergaya Padang, pedagang kaki lima dan lainnya mengalami penurunan penjualan karena sebagian besar pelanggan mereka merupakan para pelancong atau orang-orang di jalanan yang menjalankan bisnis normal mereka. Bisnis makanan cepat saji ini mewakili proporsi yang signifikan dari rantai pasok daging sapi segar. Daging yang dijual dengan harga rendah berasal dari daging kerbau India dan produk daging sapi Brasil, tetapi jeroan hanya bersumber dari hewan yang disembelih di dalam negeri. Karena daging dari India maupun Brasil tidak bebas PMK tanpa vaksinasi, maka kedua negara ini dilarang mengekspor jeroan sehingga penyembelihan lokal menjadi satu-satunya sumber. Rumah makan Padang khususnya, menawarkan jeroan dalam proporsi yang cukup tinggi, dalam berbagai bentuk hidangan termasuk hati, ginjal, paru-paru, lidah, kaki, kulit, otak, dan berbagai potongan lainnya. Karena jumlah pelancong kini jauh berkurang, maka permintaan jeroan pun merosot, yang berdampak terhadap menurunnya permintaan tukang daging terhadap sapi yang disembelih setiap malam. Tanpa menjual jeroan, maka tukang daging tidak dapat hanya mengandalkan penjualan daging sapi semata, sehingga jumlah sapi yang disembelih setiap malam akan berkurang. Di daerah lain di mana konsumsi rumah tangga menjadi penggerak utama bagi pasar, permintaan dan harga sapi naik karena cadangan sapi telah habis sehingga berakhirlah diskon untuk sapi-sapi yang gemuk. Harga terendah yang dikutip adalah Rp38.000 di Lampung, di mana berkurangnya wisatawan menjadi faktor penyebabnya. Sementara itu di beberapa daerah di Jawa Barat, harga sapi mencapai Rp43.000 per kg bobot hidup untuk sapi potong steer. Saya menggunakan harga indikator Rp39.000 untuk bulan ini, sama seperti bulan lalu.

Biasanya, saat-saat menjelang Ramadhan dan Lebaran merupakah salah satu masa paling kritis dalam setahun, dalam hal pasokan daging sapi. Namun pandemi ini telah mengubah perhatian semua kalangan yang kini berfokus pada mengurusi kesehatan manusia sebagai prioritas tertinggi. Budaya mudik menjelang hari raya kini menghadirkan potensi risiko yang serius bagi banyak keluarga, sementara berbuka puasa tidak lagi mudah dirayakan bersama orang-orang lain.

Picture1

Foto: Restoran Padang yang populer menyajikan beragam hidangan termasuk berbagai jenis jeroan yang lezat.

Picture2

Foto: Pasar Modern di kota BSD Jakarta memperlihatkan aktivitas yang relatif normal pada minggu terakhir di bulan Maret.

Pciture3

Foto: Tampaknya bisnis berjalan seperti biasa di Pasar Modern di BSD Jakarta; daging kelapa dijual seharga Rp130.000, sama seperti bulan-bulan sebelumnya.

Picture4

Foto: supermarket SuperIndo di Kota BSD yang biasanya ramai kini terlihat sepi.

Bulan lalu saya melaporkan bahwa bawang Bombay sangat sulit ditemukan di Bali, dan kalau pun ada, harganya mencapai AUD $10 per kg. Tepat sebelum saya meninggalkan Bali pada pertengahan Maret, saya mengambil foto di bawah ini di sebuah supermarket lokal, di mana harga bawang Bombay sudah naik menjadi Rp276.500 atau mendekati AUD $30 per kg!

Setibanya di Darwin, saya senang karena Woolies masih memiliki banyak persediaan dan dijual seharga AUD $2,50 per kg.

Picture5

Foto: bawang Bombay di supermarket lokal di Seminyak Bali, dijual seharga AUD $30 per kg.

Picture6

Foto: Woolworths di Darwin, bawang Bombay dijual @$2.50 per kg

Harga sapi steer bakalan Darwin melemah menjelang akhir Maret karena kombinasi ketidakpastian tentang masa depan pasar dan pembukaan musim mustering (penggiringan ternak) dalam kondisi di mana banyak daerah di bagian utara sekali lagi gagal mendapatkan musim hujan normal. Tingkat indikator untuk akhir Maret adalah $3,40 dan diperkirakan akan turun lebih jauh lagi.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,93/kg (VND14.500 = AUD $1)

Harga sapi potong di Vietnam turun sebanyak Dong 2,000 per kg atau sekitar 3% pada bulan Maret dengan tingkat indikator baru di Dong71.500 per kg bobot hidup. Seluruh Vietnam memberlakukan lockdown sejak awal April sehingga menciptakan kekacauan pasar, sama dengan hampir semua tempat lain di dunia. Pengiriman sapi potong terus berlanjut dengan cepat dari Australia, meskipun saya tidak tahu jumlah sebenarnya, selain bahwa jumlahnya besar. Selama masa krisis, hal terakhir yang berhenti dibeli orang adalah makanan, sehingga mudah-mudahan Australia dapat terus memasok sapi hidup ke Vietnam untuk mendukung rantai pasok protein yang penting bagi warga di sana.

Malang bagi Vietnam, wabah African Swine Fever (ASF) juga menghadirkan masalah baru karena jumlah kasus terus meningkat secara dramatis selama paruh kedua di bulan Maret. Lihat grafik FAO di bawah ini. Kementerian Pertanian (MARD) berusaha membatasi kehancuran yang timbul dengan membiarkan babi yang sehat disembelih di daerah-daerah yang terinfeksi untuk dikonsumsi di kawasan tersebut. Hal ini setidaknya dapat mengurangi limbah dan memungkinkan pemanfaatan daging babi, sambil meminimalkan penyebaran lebih lanjut. Selama bulan Maret, Perdana Menteri juga mengumumkan peningkatan kompensasi untuk babi muda yang disembelih hingga 80% dari nilai komersialnya, sementara tingkat penyembelihan babi jantan dan betina dewasa mencapai 1,5-2 kali dari tingkat kompensasi normal.

Picture7

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $7,54/kg (RMB 4,35 = AUD 1$)

Daging sapi tersedia di supermarket di Beijing, tetapi pasar tradisional yang sering dikunjungi oleh sumber saya, masih ditutup. Harga sapi potong untuk saat ini masih stabil di Y33 di Beijing dan Y32.6 di Shanghai. Pasar tradisional tetap buka di Shanghai. Harga semua daging biasa termasuk daging sapi, ayam, dan babi di supermarket sedikit menurun, yang pasti sangat melegakan bagi konsumen Tiongkok di saat mereka selesai dari isolasi baru-baru ini.

Sumber-sumber saya mengatakan bahwa mereka sudah kembali bekerja meskipun dengan pembatasan kontak dan pertemuan. Kenaikan yang sangat besar dalam harga AUD di atas murni disebabkan karena melemahnya nilai tukar AUD.

Berita yang langka adalah bahwa tingkat infeksi ASF dilaporkan menurun di seluruh kawasan Tiongkok. Lihat gambar di bawah yang diambil dari website FAO.

Semua orang menantikan datangnya musim semi.

Picture8

Grafik dari website FAO tentang African Swine Fever.

Filipina: Sapi potong, AUD $tidak diketahui/kg (Peso 31,5 = AUD 1$)

Agen saya melaporkan bahwa pemerintah Filipina telah menetapkan harga bahan makanan utama, bersamaan dengan lockdown terhadap penduduknya dari pergerakan penting, seperti yang kita lihat terjadi di sebagian besar dunia yang terkena virus. Harga “tetap” ini cenderung sedikit lebih rendah daripada harga pasar saat ini. Mindanao terhindar dari infeksi tingkat tinggi yang terjadi di Luzon, tetapi pembatasan pergerakan di sekitar pulau selatan ini dijalankan secara ketat sama seperti di negara-negara lain, dengan pos pemeriksaan militer ditempatkan di mana-mana dibarengi dengan perintah untuk menahan siapa pun yang bepergian tanpa izin khusus. Segala bentuk bisnis non-makanan ditutup dengan pengecualian layanan kesehatan, bank, dan kantor-kantor yang melayani pengiriman uang.

Kabar baiknya adalah bahwa Peso menguat dan harga minyak turun dengan cepat walaupun saat ini hampir tidak ada penduduk yang diizinkan mengendarai mobil mereka.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,42/kg (Baht 20,0 = AUD 1$)

Harga sapi potong turun lagi di bulan ini dari Baht 96 ke Baht 88,5 per kg bobot hidup. Saya yakin, industri daging sapi Thailand berharap bahwa Tiongkok akan kembali membuka pintu untuk impor sapi hidup sehingga mereka dapat memulai pasar ekspor baru yang hingga saat ini sangat menjanjikan.

Kapal-kapal ekspor sapi hidup Australia

Untuk sementara waktu saya kembali dari Bali ke Darwin, di mana saya mendapati terjadinya kekurangan pengurus ternak (stockmen) untuk kapal-kapal ternak karena mereka harus berlayar pulang menggunakan kapal, alih-alih pulang dengan naik pesawat. Saya segera memperbarui akreditasi saya sebagai stockman dan saat ini sedang berlayar dengan kapal sapi dari Darwin ke Sumatera utara, Indonesia. Kapal yang saya tumpangi ini adalah kapal yang sangat internasional, memuat sapi Australia di atas kapal milik perusahaan Belanda, berlayar di bawah bendera Luksemburg dan dikelola oleh kru Filipina yang sangat kompeten. Untungnya bagi saya adalah, juru masaknya sangat hebat. Kemarin, ia menyajikan sup buntut lezat dari daging sapi Brasil beku yang diproses oleh Minerva dan dibeli dari penyedia di Singapura.

Dan label pada kaleng Heineken disajikan dalam bahasa Vietnam.

Picture9

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round atau yang biasa disebut daging kelapa.

March 2020 price table1

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s