Mei Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-78: Mei 2020

Poin-Poin Utama

  • Volume perdagangan sapi hidup di bulan Mei mendekati tingkat normal seperti sebelum virus melanda  
  • Permintaan Indonesia untuk daging sapi segar naik tipis selama bulan Ramadhan dan Lebaran
  • African Swine Fever (ASF) masih mebimbulkan kekacauan pasokan protein  
  • Harga sapi bakalan Darwin kembali lagi

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $4,12/kg bobot hidup (Rp 9.700 = AUD $1)

Bulan Ramadhan berlangsung dari 23 April hingga 23 Mei, disusul oleh perayaan Lebaran yang jatuh pada tanggal 24 Mei. Terlepas dari gangguan besar akibat virus yang sedang melanda, banyak orang Indonesia masih dapat merayakan Ramadhan dan Lebaran. Cara merayakan yang paling populer adalah menikmati santapan khusus bersama kerabat dan sahabat. Mereka yang menyiapkan hidangan ini berusaha untuk menyajikan santapan favorit semua orang, termasuk (jika mereka mampu membelinya) produk yang lebih mahal, ibarat santapan malam Natal di dunia barat. Daging sapi merupakan salah satu hidangan yang paling disukai, sehingga dalam masa perayaan seperti ini selalu terjadi kenaikan permintaan dan harga daging sapi. Tahun ini, permintaan juga meningkat meskipun tidak sebanyak sebelumnya. Hasilnya adalah terjadi kenaikan tipis pada harga sapi potong sekitar Rp1.000 per kg sehingga tingkat indikator untuk bulan Mei naik menjadi Rp40.000 per kg bobot hidup untuk sapi potong steer jantan.

Total impor sapi bakalan di bulan April mencapai 37.000 ekor yang mirip dengan tingkat impor bulanan sejak Januari (30.000 ekor), Februari (38.500 ekor) dan Maret (34.400 ekor). Bukti anekdotal menunjukkan bahwa angka impor di bulan Mei juga tidak jauh berbeda. Volume impor bulanan ini sangat menggembirakan bagi kondisi pasar lokal di masa depan, karena sebelumnya, jumlah impor di atas 50.000 ekor per bulan selalu menyebabkan kelebihan pasokan yang berakibat penumpukan sapi yang terlampau gemuk, sehingga tak pelak lagi akan menurunkan resistensi pembeli, diskon dan kerugian. Dengan rata-rata impor kurang dari 40.000 ekor per bulan tersebut karena penurunan permintaan selama pandemi, maka harga dan tingkat pengembalian jauh lebih berpeluang untuk tetap stabil dan memberi manfaat, baik bagi importir maupun bagi konsumen. Selama periode satu hingga dua bulan setelah Lebaran, permintaan daging sapi biasanya menurun.

Agen saya di Jakarta melaporkan bahwa daging kerbau India tidak lagi tersedia di supermarket lokal yang merupakan salah satu gerai daging terakhir yang menyediakan produk daging kerbau. Tampaknya persediaan daging kerbau India dari tahun lalu akhirnya habis. Ketiadaan stok daging kerbau mungkin juga berkontribusi terhadap kenaikan tipis permintaan daging sapi selama bulan Ramadhan dan Lebaran, karena daging sapi lokal yang disembelih secara lokal dan daging sapi impor Australia menjadi satu-satunya pilihan yang tersedia bagi pedagang eceran. Saya mendapat informasi dari Robi Agustiar, seorang konsultan Indonesia dan mantan manajer stasiun NT, bahwa 672 ton daging kerbau India baru saja tiba di Jakarta dalam beberapa hari terakhir. Daging ini akan dipasok untuk sektor layanan makanan kelas bawah selama sebulan atau lebih, sebelum pasokan selanjutnya tiba dari India dan Brasil.

Pembatasan pergerakan manusia terkait dengan pandemi tampaknya mulai mereda di seluruh Indonesia, yang kini beralih menjadi pembatasan dengan skala tertentu, sehingga restoran yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan seperti gerai-gerai makanan bergaya Padang mungkin mulai berkontribusi terhadap pemulihan permintaan meskipun agak lambat, termasuk penjualan jeroan yang berperan penting dalam membantu mengimbangi biaya daging sapi.

Grafik dari MLA di atas menunjukkan bahwa tingkat impor tahun ini sudah kembali ke kisaran seperti sebelum adanya pandemi virus. Kalaupun dampak terburuk pandemi masih akan terjadi, semoga permintaan selama sisa tahun ini akan tetap mendekati tingkat yang normal. Harga sapi bakalan Australia juga akan berperan besar dalam menentukan permintaan Indonesia di sepanjang sisa tahun 2020.

Harga sapi bakalan Darwin masih terus berubah-ubah dengan tingkat harga sekitar $3,25 pada akhir bulan Mei dan bahkan ada kutipan harga setinggi $3,40.  

Ini menyusul perubahan dari $ 3,40 di bulan Maret menjadi $ 2,80 dan bahkan lebih rendah lagi di bulan April.

Tabel dari MLA di bawah ini menunjukkan daftar ekspor sapi berdasarkan pelabuhan yang menunjukkan bahwa Townsville telah melampaui Darwin sebagai pelabuhan utama untuk ekspor sapi hidup Australia.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,74/kg (VND15.200 = AUD $1)

Harga sapi potong masih stabil dalam mata uang lokal sementara pengiriman terus berlanjut pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, seperti dapat dilihat pada grafik dari MLA di bawah ini. Tingkat impor untuk bulan April adalah 16.500 ekor, menyusul rerata impor sekitar 22.000 untuk 3 bulan sebelumnya. Impor sapi hidup dipasok ke Vietnam Selatan dari Thailand melalui Kamboja, yang membantu mendukung harga dalam negeri di Thailand.

Sebagian besar stok sapi Vietnam bersumber dari Townsville, karena saat ini mereka lebih menyukai campuran sekitar 80% sapi potong dan 20% sapi bakalan. Pasar di Australia saat ini sangat terfragmentasi dan fluktuatif, dengan sejumlah besar faktor menarik penawaran dan permintaan ke arah yang berbeda. Sejumlah peristiwa penting terkini termasuk penutupan mendadak akses ke pasar Tiongkok dari 4 prosesor besar, sementara AMH Dinmore juga telah tutup karena alasan yang belum saya ketahui. Di satu sisi, penutupan ini mengurangi permintaan, sementara pengurangan jumlah kawanan sapi secara umum, curah hujan di beberapa daerah, dan permintaan yang kuat dari negara bagian lain mengakibatkan terjadinya kekurangan serius dalam pasokan sapi potong dan stok sapi. Jika hasil akhir dari tarik ulur ini mengakibatkan penguatan harga sapi potong jantan kebiri dan sapi jantan, maka dapat mengakibatkan pelambatan pengiriman sapi secara signifikan ke Vietnam.

Wabah ASF terus membawa dampak negatif yang serius terhadap produksi daging babi dengan banyaknya wabah yang berlangsung terutama di kawasan utara. Lihat peta OIE di bawah ini.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $6,84/kg  (RMB 4,65 = AUD $1)

Nilai tukar Yuan sedikit melemah terhadap AUD sementara rata-rata harga lokal antara Shanghai dan Beijing mengalami kenaikan tipis menjadi 31,8 Yuan per kg bobot hidup. Kini lebih banyak pasar basah yang dibuka di daerah Beijing, dan harga semua barang dilaporkan masih tidak menentu.

Di tengah-tengah semua drama virus Covid-19, pandemi ASF tersingkir dari pemberitaan, namun masih menciptakan kekacauan bagi produsen babi di seluruh kawasan Asia. Perkembangan terbaru yang mencemaskan adalah teridentifikasinya infeksi ASF pada babi liar di perbatasan Tiongkok/Rusia, di wilayah perbatasan Korea Utara/Selatan, dan juga di Provinsi Hubei di Tiongkok tengah. Pihak berwenang Tiongkok tampaknya cukup berhasil dalam upaya membersihkan infeksi ASF dari unit-unit produksi babi dalam negeri, tetapi menangani infeksi virus ini pada babi liar adalah persoalan yang sama sekali berbeda.

Biasanya dalam sebuah krisis, di antara banyak pecundang, ada beberapa pemenang. Banyak produsen babi yang canggih dan sangat besar telah menjalankan standar biosekuriti yang ketat sebagai praktik normal dalam sistem produksinya sehingga mampu menjaga keamanan fasilitas mereka dari virus tersebut, sehingga kini mereka menikmati hasil dari produksi yang tangguh, persaingan terbatas, dan harga yang lebih tinggi.

Jika Anda berpikir bahwa virus corona membawa dampak buruk, Anda juga perlu melihat daftar penyebab virus ASF yang merupakan anggota keluarga virus Asfarwiridae.

Virus ASF jauh lebih tangguh dan lebih mematikan daripada virus Corona.

  • Ia dapat bertahan di lingkungan selama berbulan-bulan bahkan setelah melakukan upaya desinfeksi yang agresif
  • Ia dapat bertahan hidup di dalam karkas dan makanan olahan seperti sosis, bahkan setelah dibekukan selama berbulan-bulan
  • Tidak ada vaksin atau perawatan yang dapat menyembuhkan penyakit akibat virus ini
  • Tingkat kematiannya mendekati 100%  dan menyisakan sejumlah penyintas yang nantinya akan melanjutkan penyebaran infeksi ini.

Filipina: Sapi Potong, AUD $6,36/kg (Peso 33,0 = AUD $1)

Harga sapi potong dan daging sapi masih stabil selama bulan Mei. Sebagian besar kawasan di Filipina sekarang mulai membuka penguncian wilayah (lockdown) diganti dengan pembatasan wilayah dengan aturan penggunaan masker dan penetapan jarak sosial. Harga pangan masih sangat stabil sehingga pemerintah tidak perlu turun tangan dan melakukan pengendalian harga secara resmi.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,69/kg (Baht 20,9 = AUD $1)

Terjadi kenaikan tipis pada harga sapi potong dalam negeri selama bulan Mei, dari 95 menjadi 98 Baht per kg bobot hidup. Kekuatan pasar masih sama seperti bulan lalu, di mana perbatasan Myanmar masih tertutup untuk impor, dan pembeli Kamboja masih aktif mencari sumber untuk ekspor sapi potong ke Vietnam Selatan. Harga sapi bakalan lokal adalah 105 Baht per kg atau setara dengan AUD $5,02 per kg bobot hidup.

Di lautan

Saat ini saya masih berada di atas kapal ternak, baru saja berlayar dari Townsville untuk perjalanan saya yang ketiga kalinya, membawa lebih banyak sapi potong ke Vietnam untuk Australian Cattle Enterprises (ACE) milik Patrick Underwood.

Para petugas kapal berasal dari Kroasia sedangkan para kru semuanya adalah orang Filipina. Saya dengan senang mengabarkan bahwa kepala juru masak, Goran Banicevic, adalah seorang operator yang sungguh luar biasa, bekerja di dapur yang amat apik menggunakan bahan-bahan baku berkualitas tinggi. Daging sapi yang amat bagus ini adalah produk Australia dari AMH. Tidak ada hal yang dapat dikeluhkan di sini.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s