Juni Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-79: Juni 2020

Poin-Poin Utama

  • Volume perdagangan sapi hidup tetap kuat terlepas dari dampak Covid-19  
  • Pasokan sapi bakalan dan sapi potong Australia menurun, harga beranjak naik

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $4,04/kg bobot hidup (Rp9.900 = AUD $1)

Harga sapi potong di bulan Juni masih sama seperti bulan lalu, dengan harga indikator masih di Rp 40.000 per kg untuk sapi steer, dan kisaran harga yang cukup sempit yaitu antara Rp 39 ribu hingga Rp 41 ribu. Permintaan dan harga biasanya akan turun setelah periode Ramadhan dan Lebaran, namun tahun tampaknya tidak demikian. Ini mungkin terkait dengan tipisnya pasokan daging kerbau India (Indian Buffalo Meat/IBM). Kendati IBM sudah pasti akan kembali memasuki pasar, namun jumlahnya terbatas dan sepertinya ada masalah dengan permintaan, karena saya mendapat informasi bahwa IBM ditawarkan dengan harga diskon demi meningkatkan penjualan. Tahun lalu, IBM dijual di supermarket seharga Rp 80.000 per kg, tetapi saya paham bahwa meskipun dengan harga Rp 70.000 per kg sekalipun, penjualan sudah berjalan lambat. Para importir daging sapi berpendapat bahwa harga produk beku dari Brasil terlampau tinggi, sehingga ada upaya untuk membatasi impor daging yang harnganya lebih rendah sebagai langkah agar harga daging hingga tiba di tempat dapat mendekati harga daging kerbau India.

Total impor sapi bakalan hidup di bulan Mei mencapai 47.500 ekor, sedikit lebih tinggi dibanding beberapa bulan terakhir, yang mungkin mencerminkan rendahnya harga sapi bakalan pada bulan April.

Pandemi virus masih terus berlangsung di Indonesia meskipun tidak banyak informasi akurat yang tersedia. Foto di bawah ini diambil dari Jakarta Post di pasar tradisional di Surabaya. Di sana, pemerintah menetapkan pengaturan jarak yang baru untuk membantu agar pasar dapat tetap dibuka dengan memastikan bahwa masyarakat menjaga jarak yang aman. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa mengenakan masker ketika bepergian keluar rumah sebelum adanya pandemi, untuk melindungi diri mereka dari polusi udara.

Harga sapi bakalan Darwin bergerak naik di bulan Juni menjadi sekitar $3,40 per kg bobot hidup. Bahkan ada penawaran yang mencapai $3,65 karena pasokan yang mulai menipis. Sapi juga semakin sulit diperoleh di Queensland. Harga sapi potong dan sapi bakalan naik ke kisaran $3,50 hingga $3,60, yang tentunya akan menekan importir Vietnam yang tidak dapat menambah nilai pada sapi potong mereka sebagaimana yang dilakukan oleh pengusaha feedlot di Indonesia.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,47/kg (VND 16.100 = AUD $1)

Harga sapi potong lokal bulan ini tidak berubah, dengan rerata harga sapi potong Dong 72.000 per kg bobot hidup. Jumlah impor sangat tinggi di bulan Mei, mencapai 26.000 ekor, jauh di atas rata-rata pada empat bulan sebelumnya yang berjumlah sekitar 20.000 ekor. Sejumlah pendapat di bulan Juni menunjukkan bahwa tingkat impor ini terus berlanjut terlepas dari kenaikan tajam harga sapi di seluruh Australia utara baru baru ini, sehingga harga mungkin dapat kembali ke tingkat rata-rata.

Tampaknya, Vietnam jauh lebih baik dibanding negara-negara tetangganya dalam program pengendalian virus Corona yang sangat efektif, sehingga dapat terus mempertahankan kemajuan ekonomi yang pesat. Menurut Asian Development Bank (ADB), perekonomian Vietnam mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun 2019 akibat tingginya permintaan domestik, kuatnya industri manufaktur dan pemrosesan, dan tingginya Investasi Asing Langsung (FDI) dan diperkirakan akan tetap menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara, terlepas dari dampak COVID-19. Pada bulan Maret, pemerintahnya meluncurkan paket bantuan kredit senilai US $10,8 miliar untuk menghadapi krisis. Setelah COVID-19, perekonomian diperkirakan akan pulih pada tingkat pertumbuhan 6,8 persen di tahun 2021.

Tiongkok: Sapi Potong,  AUD $6,47/kg  (RMB 4,87 = AUD $1)

Harga sapi potong masih sama dengan bulan lalu, dimana rerata harga sapi potong lokal di Beijing dan Shanghai Y31,5 per kg bobot hidup pada bulan Juni. Sistem produksi daging sapi yang utama sekarang adalah menggemukkan anak sapi jantan dari peternakan sapi perah yang sangat besar, dan harga sapi jantan Holstein siap potong dikutip sebesar Y28.5 per kg bobot hidup atau setara dengan diskon 11% dari jenis sapi potong lokal.

Di Beijing, pasar-pasar tradisional masih ditutup akibat gelombang kedua wabah virus, sementara pasar di Shanghai masih dibuka. Harga daging babi masih tinggi.

Filipina: Sapi Potong, AUD $5,94/kg (Peso 34,5 = AUD $1)

Harga sapi potong tidak berubah dari harga bulan lalu, dan penurunan dalam AUD di atas hanya mencerminkan menguatnya nilai tukar dolar Australia. Informasi pasar yang saya peroleh berasal dari sumber di Davao, Mindanao, dan diskusi dengan sejumlah kalangan industri yang berpengetahuan luas menunjukkan bahwa harga sapi hidup di Luzon sedikit lebih rendah. Saya akan mencoba untuk mendapatkan harga sapi-sapi ini untuk dimasukkan dalam laporan berikutnya. Jika ada pembaca yang berniat menjadi relawan untuk data tersebut, silakan kirimkan tanggapan Anda ke situs blog ini. Daging sapi di supermarket maupun pasar tradisional naik tipis sekitar 5% selama bulan Juni. Agen saya menggambarkan bahwa keadaan di pasar lokal berjalan DATAR dalam segala hal. Secara umum bisnis masih terbatas, akibat pembatasan pergerakan yang terus diberlakukan di sebagian besar kawasan. Pembatasan ini berdampak terhadap pengiriman antar-pulau dan transportasi darat, sehingga dampaknya secara umum di seluruh negeri masih signifikan. Pulau Cebu di bagian tengah kembali terkunci akibat gelombang kedua infeksi virus.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,33/kg (Baht 21,5 = AUD $1)

Harga sapi potong bulan ini turun menjadi Baht 93 dari Baht 97 Baht per kg pada bulan Mei lalu. Sebaliknya, harga sapi bakalan naik menjadi Baht 115 per kg bobot hidup. Salah satu sumber utama sapi bakalan adalah kawasan perbatasan dengan Myanmar di Mae Sot yang hingga kini masih ditutup, sehingga pasokan sapi bakalan kemungkinan akan tetap rendah dan akibatnya harga akan terus tinggi untuk beberapa waktu ke depan.

Di Laut

Saya kembali berlabuh di Darwin untuk karantina selama seminggu, tetapi kemudian saya naik kapal lain yang akan berangkat ke Vietnam besok.

Kualitas daging sapi di kapal yang saya tumpangi sebelumnya berkisar dari sangat baik hingga keras bak kulit sepatu boot tua. Karena itu, saya meminta kepala juru masak untuk menunjukkan sumber dagingnya. Lihat penjelasan di bawah ini, beberapa daging berasal dari Brasil, sedangkan produk Aussie berasal dari Young di New South Wales. Untungnya, ada tersedia sejumlah daging domba Australia terbaik yang dapat disuguhkan untuk kami di hari Minggu.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s