Juli Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-80: Juli 2020

Poin-Poin Utama

  • Volume ekspor sapi hidup tetap tinggi terlepas dari masalah Covid 19.
  • Di Vietnam, harga babi hidup menyamai harga sapi 
  • Kombinasi kekuatan nilai tukar $ Australia dan kenaikan harga sapi bakalan menyulitkan masa depan perdagangan bagi semua orang

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,97/kg bobot hidup (Rp10.200 = AUD $1)

Harga sapi potong naik tipis di akhir bulan, mungkin terkait dengan perayaan Qurban pada tanggal 30/31 Juli. Sejumlah importir mampu menaikkan harga dari Rp 40.000 menjadi Rp 41.000, jadi saya menggunakan tingkat indikator Rp 40.500 per kg bobot hidup untuk buan Juli. Meskipun daging kerbau India sudah kembali memasuki pasar ritel, ketersediaannya masih terbatas sehingga hal ini mungkin menjadi penyebab kenaikan tipis pada permintaan sapi hidup.

Seperti sudah diduga, permintaan hewan Qurban,  terdampak ekonomi akibat wabah virus sehingga membatasi kemampuan orang untuk menyediakan hewan qurban dan distribusi daging dari sapi, domba, dan kambing. Banyak masjid yang meminta kepada penyumbang hewan qurban untuk menyembelih hewan mereka di rumah potong setempat, kemudian mengirimkan paket daging ke masjid demi mengurangi perkumpulan orang di halaman masjid. Harga sapi Qurban masing-masing Rp 65.000 per kg bobot hidup untuk sapi persilangan Bos indicus dengan sapi lokal, sementara sapi Bali seharga Rp 63.000 per kg bobot hidup. Jumlah hewan qurban yang disembelih diperkirakan turun sekitar 40% dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Impor di bulan Juni mencapai angka tertinggi sekitar 67.000 ekor, yang berarti terjadi lonjakan setelah cukup lama angka impor bulanan berada di kisaran 30 ribu hingga 45 ribu ekor. Sekali lagi, kenaikan ini mungkin terkait dengan pesanan yang sudah terlebih dahulu dilakukan sewaktu harga sapi bakalan masih sangat rendah di bulan April tahun ini.

Grafik dari MLA di bawah ini menunjukkan bahwa tren umum ekspor, kurang lebih masih sama dengan 5 tahun sebelumnya.

Harga sapi steer bakalan Darwin terus menanjak selama Juli hingga akhir bulan menjadi sekitar $3,50 per kg bobot hidup. Sapi masih sulit ditemukan saat ini di NT dan Queensland, tetapi jumlahnya terus naik karena pengiriman pada bulan Juli masih kuat. Harga sapi potong di Townsville sedikit menurun menjadi sekitar $3,35 pada akhir Juli, setelah penurunan harga yang ditawarkan oleh prosesor di Queensland.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,39/kg (VND16.400 = AUD $1)

Harga sapi potong sekali lagi stabil selama bulan Juli yakni Dong 72.000 per kg bobot hidup. Data impor bulan Juni menunjukkan ada 32.300 ekor sapi yang diimpor, dan ini termasuk tingkat ekspor yang tinggi, jauh di atas rata-rata terkini yang mendekati 20.000 ekor. Pengiriman pada bulan Juli diharapkan akan sama.  

Grafik dari MLA di bawah ini menunjukkan bahwa tingkat impor terus menanjak sejak tahun 2017.

Wabah Flu Babi Afrika (ASF) terus menghantam pasokan daging babi, dengan harga babi hidup dilaporkan (Dong 88-93.000 per kg bobot hidup – asumsi saya)  sama atau lebih tinggi daripada harga sapi hidup untuk pertama kalinya dalam sejarah. Lihat peta ringkasan OIE di bawah ini yang menunjukkan wabah yang tengah berlangsung dan yang baru terjadi pada minggu-minggu di pertengahan bulan Juli. Sebagian besar wabah yang sedang berlangsung tersebut terjadi di Vietnam dan negara tetangga terdekatnya. Tingginya harga babi ini, tak pelak lagi, akan menjadi bagian dari pembenaran terhadap lonjakan impor sapi hidup. Mengingat bahwa upaya untuk menghentikan laju ASF dan kemudian membangun kembali industri ini membutuhkan waktu yang sangat lama, maka mungkin butuh sekitar 2-3 tahun sebelum harga babi lokal dapat kembali ke tingkat sebelum adanya wabah ASF. Sejumlah babi hidup kini diimpor dari Thailand yang telah mengerahkan upaya besar untuk mencegah penyakit masuk ke negara itu. Lihat foto di bawah ini.

Vietnam menerapkan langkah yang sangat efektif dalam mengendalikan wabah awal Covid-19, namun sekarang terjadi gelombang kedua yang berdampak terhadap Kota Da Nang, pusat regional utama dan ikon wisata negara itu. Kita berharap semoga mereka bisa lebih baik mengatasi masalah ini dibanding dengan di Victoria.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $6,47/kg (RMB 4,95 = AUD $1)

Harga sapi potong naik tipis di Juli meskipun harga dalam AUD di atas masih sama dengan bulan lalu karena penguatan dollar Australia.

Sejumlah pasar basah kembali dibuka di Beijing karena salah satu kutipan harga daging sapi segar yang saya sampaikan untuk bulan ini, berasal dari pasar yang sebelumnya ditutup di bulan Juni lalu.  

Di tahun 2017, tampaknya ada kemungkinan kuat bahwa perdagangan sapi potong dari Australia akan melaju dengan potensi pasar baru yang besar bagi ekspor sapi hidup dari Australia. Grafik di bawah ini menunjukkan dengan sangat jelas bahwa potensi ini belum terwujud meskipun perdagangan ekspor sapi perah terus meningkat. Tidak ada penjelasan yang memuaskan mengapa pihak berwenang Tiongkok belum memodifikasi protokol kesehatan impor yang memungkinkan perkembangan perdagangan sapi hidup dan sapi bakalan.

Filipina: Sapi Potong, AUD $5,91/kg (Peso 34,7 = AUD $1)

Belum ada perubahan harga di bulan ini. Ada satu kali pengiriman sebanyak 2.900 ekor dari Australia ke Filipina di bulan Juni. Harga daging sapi eceran, seperti halnya harga pangan lainnya, masih sangat stabil selama periode pandemi yang meresahkan ini. Anehnya, harga daging babi terlepas dari masalah besar akibat wabah ASF di Luzon dan Mindanao. Lihat peta OIE di atas.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,41/kg (Baht 22 = AUD $1)

Harga sapi bulan ini naik, dalam Baht maupun AUD dengan harga lokal Baht 97 per kg bobot hidup sementara harga sapi bakalan juga naik lagi dari Baht 115 menjadi Baht 120 per kg bobot hidup atau AUD $ 5,45 per kg bobot hidup.

Masih di Laut 

Setelah pelayaran saya baru-baru ini dari Darwin ke Vietnam, kapal yang saya tumpangi dipanggil ke Manila untuk pergantian awak yang telah lama tertunda. Beberapa kru sudah berada di atas kapal selama 12 bulan. Kapten kapal sudah berada di kapal selama 11 bulan sementara petugas bosun sangat gembira karena bisa kembali ke rumah setelah 9 bulan di atas kapal. Terlepas dari lamanya penundaan penggantian kru kapal, mereka tetap menunjukkan kinerja dan standar profesional yang sangat tinggi.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s