Agustus Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-81: Agustus 2020

Poin Utama

  • Kita semua masih berharap agar lebih banyak lagi kru kapal yang ditemukan dalam keadaan selamat dari 43 kru kapal MV Gulf Livestock 1 yang hilang secara tragis akibat dihantam topan pada 2 September lalu di lepas pantai Jepang

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,83/kg bobot hidup (Rp10.700 = AUD 1$)

Harga sapi potong kembali mengalami kenaikan kecil sekitar Rp 500 pada bulan Agustus, yang mendorong tingkat indikator menjadi Rp41.000 per kg bobot hidup.

Meskipun daging kerbau India (IBM) sudah kembali memasuki pasar ritel, namun ketersediaannya masih terbatas. Tetapi, terlepas dari pasokannya yang  terbatas, diskon masih perlu diberlakukan. Segala jenis permintaan mengalami penurunan di Indonesia, kecuali masker wajah, akibat menurunnya daya beli rumah tangga selama pandemi. Namun, harga daging sapi segar tampaknya mampu bertahan atau bahkan menguat dalam iklim ekonomi saat ini, sementara produk daging merah yang paling murah perlu didiskon. Hal ini menunjukkan bahwa dasar permintaan dan penawaran dari kedua produk tersebut kini terputus. Ketika pertama kali muncul di pasar, Daging Kerbau India pada dasarnya dihadirkan sebagai pilihan daging sapi yang lebih murah, yang mengambil sebagian besar pangsa pasar daging sapi segar. Mungkin saja konsep konsumen tentang Daging Kerbau India kini berubah menjadi kategori daging merah yang sama sekali baru, yakni: murah, berkualitas rendah, daging kerbau beku, yang semakin kurang bersaing dengan daging sapi segar yang sesungguhnya. Jika ini masalahnya, maka daging sapi segar mungkin bisa mendapatkan kembali sebagian dari pangsa pasarnya yang hilang, di saat perekonomian sudah pulih. Hal ini akan sangat menggembirakan bagi importir yang merasakan posisi perdagangan mereka terkikis akibat melemahnya mata uang lokal dan tingginya harga sapi bakalan. Dengan tekanan seperti ini, banyak feedlot yang tidak mampu mencapai kinerja di atas rata-rata dan sulit bagi mereka untuk bertahan.

Jumlah impor bulan Juli kembali turun ke jumlah yang lebih normal di 40.000 ekor, sementara pengiriman bulan Agustus hampir sama di 38.500 ekor, yang seharusnya membuat nyaman para importir sebab pasar tidak lagi terbebani oleh  kelebihan pasokan.

Harga Sapi steer bakalan Darwin umumnya stabil di sepanjang bulan Agustus hingga akhir bulan, pada kisaran $ 3,40 per kg bobot hidup. Harga malah cenderung lebih tidak stabil di Townsville/Queensland karena lebih banyak pengaruh pasar dan pilihan penjualan. Jatuhnya harga biji-bijian juga akan meningkatkan kapasitas feedlot di Queensland untuk bersaing mendapatkan stok, yang dalam banyak hal, serupa dengan yang harapan eksportir sapi hidup ke Vietnam.

Baru-baru ini, Beef Central memposting artikel yang melaporkan bahwa “Sapi potong Australia kini resmi paling mahal di antara negara-negara pengekspor daging utama di dunia ” Meskipun jika hal itu benar, letak geografis Australia menunjukkan bahwa dalam hal perdagangan sapi hidup, tidak ada opsi lain yang lebih murah yang dapat bersaing untuk pengiriman sapi hidup ke Asia. Namun masalahnya berbeda untuk daging sapi kemasan.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,29/kg (VND16.800 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong selama bulan Agustus, masih di Dong 72.000 per kg bobot hidup. Pengiriman pada bulan Juli dan Agustus berlawanan dengan tren, menurun masing-masing menjadi 17.300 dan 15.700 ekor, yang hanya sedikit di bawah rata-rata tingkat menengah. Para importir menghadapi masalah yang sama seperti rekan-rekan mereka di Indonesia, dimana permintaan menurun akibat pandemi, melemahnya mata uang lokal, dan harga CIF yang lebih tinggi. Perbedaan utama di Vietnam adalah bahwa daging favorit mereka adalah daging babi dan mereka mendapat pukulan besar akibat wabah regional Flu Babi Afrika (AFS) sehingga permintaan daging sapi mengalami manfaat kompensasi yang tidak berlaku bagi kaum Muslim di Indonesia. Angka OIE baru-baru ini menunjukkan pemerintah Vietnam melaporkan bahwa populasi babi turun hampir 6 juta ekor sejak tahun 2018,  dimana infeksi tercatat terjadi di 63 wilayah administratifnya.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $6,73/kg  (RMB 5,0 = AUD $1)

Harga sapi potong naik hampir 5% lebih tinggi di Beijing dan Shanghai selama bulan Agustus dengan harga sapi hidup rata-rata Y33.65 per kg. Di Beijing, sapi jantan Holstein dijual seharga Y29.2. Harga daging sapi di pasar basah dan supermarket naik tajam di Beijing sementara harga eceran tetap stabil di Shanghai. Daging babi eceran juga 11,5% lebih tinggi di Beijing, tetapi stabil di Shanghai.

Kita semua berharap mendapatkan kabar baik dari tim penyelamat yang tengah mencari korban selamat dari kapal MV Gulf Livestock 1 yang hilang akibat diterjang topan di lepas pantai Jepang sekitar tanggal 2 September. Kapal tersebut merupakan bagian dari armada kapal yang membawa sejumlah besar sapi perah yang diekspor ke Tiongkok tahun ini, dari Selandia Baru dan Australia.

Hellenic Shipping News melaporkan pada 27 Agustus bahwa meskipun ekspor sebagian besar produk dari Selandia Baru turun selama bulan Juli, kinerja mereka yang luar biasa berhasil mengekspor 30.000 ekor sapi perah hidup ke Tiongkok. Ini adalah jumlah yang ekstrem untuk satu bulan, tetapi mengingat kapal-kapal besar yang digunakan dalam perdagangan dan permintaan yang sangat kuat dari Tiongkok, hal ini mungkin saja benar.

Filipina: Sapi Potong, AUD $5,79/kg (Peso 35,4 = AUD $1)

Sekali lagi, tidak terjadi perubahan pada harga sapi hidup atau daging sapi eceran di bulan ini. Umumnya agen saya melaporkan bahwa harga-harga tetap datar di seluruh wilayah dengan penawaran dan permintaan (untuk hampir semua hal) mengalami penurunan. Semua orang sudah sangat lelah dengan pandemi, dan hanya sedikit tanda pemulihan dalam waktu dekat.

Thailand: Sapi Potong,  AUD $4,69/kg (Baht 22,6 = AUD $1)

Harga sapi potong naik 12% menjadi Baht106 per kg bobot hidup akibat pembatasan pasokan mendadak terkait dengan lonjakan kasus Covid-19 di Myanmar, yang menyebabkan penutupan seluruh wilayah perbatasan termasuk titik penyeberangan sapi utama di Mae Sot. Harga sapi bakalan masih stabil di Baht 120 per kg bobot hidup.

Masih di laut.

Saya menulis laporan ini dari kapal MV Devon Express, dalam perjalanan pulang dari pengiriman sapi potong dari Darwin ke Vietnam tengah. Saya berharap bisa turun dari kapal di Wyndham, Australia Barat dan setelah karantina di Kununurra, bisa pulang ke Darwin untuk sejenak melepaskan diri dari kapal ternak.

Tabel yang disiapkan oleh MLA dalam LiveLink bulan Juli menunjukkan bahwa Townsville telah melampaui Darwin dalam hal pelabuhan, dengan jumlah ekspor sapi hidup tertinggi selama 12 bulan terakhir. (Namun perlu dicatat bahwa Darwin memimpin pada 6 bulan pertama di tahun 2020). Lonjakan ini disebabkan oleh sejumlah faktor, utamanya adalah bahwa Vietnam merupakan tujuan yang memiliki peningkatan permintaan tercepat dan membutuhkan terutama sapi potong yang jumlahnya jauh lebih banyak tersedia di Queensland utara daripada di Northern Territory. Faktor lainnya, kecil namun signifikan, adalah efisiensi pengaturan pemuatan di pelabuhan Townsville. Sebagai orang Territory, sangat menyakitkan bagi saya untuk mengakui bahwa pengaturan pemuatan di Townsville lebih unggul daripada Darwin. Lihat foto di bawah ini. Perbedaan utamanya adalah, platform bagi petugas bongkar muat untuk memindahkan sapi keluar dari kendaraanpengangkut ke kapal terhubung ke sepanjang 3 trailer truk. Selain itu, pengemudi membuka jalan masuk melalui gerbang sehingga dengan satu posisi parkir, ketiga trailer truk dapat diturunkan dan pengemudi truk mengatur lorong penggiring yang berujung di kabinnya, saat sapi terakhir berjalan masuk ke kapal. Saya sarankan agar penanggung jawab proses ini di Darwin meninjau kembali sistem mereka.  

Tabel dari MLA LiveLink Juli 2020.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s