September Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-82: September 2020

Poin-Poin Utama

  • Harga sapi potong di China meroket
  • Pemotongan sapi di Vietnam naik tipis
  • Indonesia bergumul dengan penetapan harga yang ditetapkan oleh pemerintah

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $3,83/kg bobot hidup (Rp10.700 = $1AUD)

Secara umum, harga sapi potong masih stabil selama bulan September dengan perbedaan tipis di Lampung sebesar Rp41.000 per kg dan di Jawa Barat di mana sejumlah kecil stok dijual mencapai Rp43.000. Karena sebagian besar harga berkisar di Rp 41ribu, maka saya menggunakan angka ini untuk harga indikator di bulan September.  

Pasokan eceran daging kerbau India (IBM) masih tipis tanpa perubahan harga. Mengingat meledaknya penyebaran virus Corona di India, mungkin akan membutuhkan waktu yang lama sebelum IBM dapat diproses dan diekspor dalam jumlah besar seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Keterbatasan pasokan ini kemungkinan besar akan berlaku untuk seluruh rantai pasok global dari Vietnam, yang merupakan importir terbesar dengan margin besar, hingga volume yang jauh lebih kecil ke Malaysia, Timur Tengah, Filipina, dan Thailand.

Impor sapi bakalan di bulan Agustus cukup konsisten di kisaran 38.500 ekor, yang mendekati rata-rata bulanan pada tahun sebelumnya.

Perhatikan data yang disalin dari MLA di bawah ini, yang menunjukkan tingkat ekspor sapi hidup dari Australia untuk tahun kalender 2020 hingga akhir Agustus.

NegaraTahun 2020 hingga saat iniTahun / perubahan % dalam tahun
Total743.742-10
Indonesia336.313-27
Vietnam199.622+28
Malaysia18.823+31
Filipina13.811-4
Israel22.088-51
Tiongkok90.194+9
Jepang9.306-17

Kemitraan Indonesia Australia untuk Ketahanan Pangan di Sektor Daging Merah dan Sapi berhasil melakukan sejumlah pekerjaan besar dalam beberapa tahun terakhir, dimana proyek favorit saya melakukan kajian terhadap berbagai sistem produksi dengan menggunakan sapi indukan Australia. Lihat link di bawah, untuk mendapatkan dua laporan kemajuan yang terperinci. 

  1. Laporan Status Industri Bersama menguraikan tentang penilaian terhadap perdagangan bilateral sapi hidup dan produk-produk daging sapi antara Australia dan Indonesia pada tahun 2019, dan mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi investasi, perdagangan dan konsumsi.
  2. Update Juli 2020,  mengkaji dampak Pandemi COVID-19 terhadap perdagangan bilateral dan meliputi lingkungan operasional yang sangat berbeda dengan tahun 2019. Update ini menyoroti tantangan yang tengah dialami oleh bisnis Australia dan Indonesia di sepanjang rantai pasok, dan juga tanggapan inovatif industri terhadap pandemi.

https://www.redmeatcattlepartnership.org/publications.

Harga sapi steer bakalan Darwin relatif stabil selama bulan September, terakhir berkisar sekitar $ 3,45 per kg bobot hidup. Suplai masih terbatas dengan penumpukan sapi di dataran banjir di bagian utara dan depo Top End yang mewakili sebagian besar sisa ternak yang dapat diekspor dari Darwin selama musim penghujan 2020/2021. Artinya, harga kemungkinan akan naik cukup tinggi selama 4 hingga 6 bulan ke depan, prospek yang mengecewakan bagi para importir Indonesia. Masalah yang dihadapi oleh pengusaha feedlot di Indonesia adalah bahwa pemerintah telah menetapkan kisaran harga yang sempit, yang boleh diberlakukan untuk produk mereka. Dengan demikian, importer tidak boleh begitu saja memasang harga jual sapi-sapi mereka yang gemuk untuk menutupi kenaikan harga beli.

Dua kapal ternak yang sangat besar dari Townsville menuju Vietnam berlayar pada waktu yang sama di awal Oktober menyebabkan tekanan besar pada harga di Queensland utara di saat yang sama ketika pengusaha feedlot Australia mampu membayar harga tertinggi untuk hewan yang sama.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,43/kg (VND16.700 – $1AUD)

Harga sapi potong mengalami kenaikan rata-rata Dong 2.000 per kg bobot hidup di bulan September. Berbeda dengan Indonesia, importir Vietnam beroperasi dalam lingkungan pasar terbuka di mana harga ditentukan oleh interaksi alami antara penawaran dan permintaan. Harga CIF terus naik dalam 5 bulan terakhir sehingga importir menyerap sebagian besar kenaikan ini, sementara harga eceran tetap stabil. Vietnam menderita sejumlah dampak akibat pandemi virus, namun berhasil mengendalikannya dengan cukup cepat dan efektif, sehingga memungkinkan pemulihan sebagai besar aktivitas perekonomian. Sekarang, setelah ekonomi lokal kembali tumbuh, meskipun belum sepenuhnya pulih, memberikan peluang yang ditunggu-tunggu oleh para importir untuk menaikkan harga demi mengimbangi kenaikan biaya. Penurunan tajam pada pasokan daging babi yang diakibatkan oleh Flu Babi Afrika (ASF) mungkin menjadi alasan  meningkatnya harga daging sapi segar. Selama bertahun-tahun, Vietnam menjadi importir daging kerbau India terbesar di dunia meskipun sebagian besar produknya berakhir di China. Seperti disebutkan, pasokan IBM mereka juga akan berkurang akibat pandemi di India sehingga produk ini yang biasanya berakhir di pasar domestik juga mungkin akan mengalami penurunan volume.

Angka impor di bulan Agustus sebanyak 15.780 ekor, sama dengan dua bulan sebelumnya tetapi turun dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya pada tahun yang sama.

 “Bersama Tiongkok, Vietnam merupakan satu-satunya ekonomi utama Asia yang diharapkan mencatat pertumbuhan positif pada tahun 2020”. Peningkatan PDB Vietnam sebesar 2,62% pada kuartal ketiga, naik sebesar 0,39% dari periode yang sama di tahun sebelumnya di kuartal kedua, namun masih beberapa persen di bawah pertumbuhan PDB kuartal ketiga sebelum pandemi sebesar 7,31% di tahun 2019’’. (Oxford Economics)

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $7,65/kg bobot hidup (RMB 4,9 = S1 AUD)

Harga sapi potong kembali naik dramatis di bulan September, dengan kenaikan tajam di Shanghai dan Beijing. Di Shanghai, harga naik dari Y33.2 bulan lalu ke Y38 (14.5%) di bulan September, sementara Beijing mengalami kenaikan dari Y34.1 ke Y37 (8.5%). Meskipun saya tidak memiliki bukti spesifik, saya pikir akan masuk akal jika berasumsi bahwa IBM kini menjadi sangat langka, daging babi masih terbatas karena ASF, sementara perekonomian domestik dilaporkan pulih cukup baik. Selain itu, salah satu perayaan paling penting di Tiongkok, yaitu “Pekan Emas” dimulai pada tanggal 1 Oktober dan berlangsung selama 8 hari. Wisatawan Tiongkok diperkirakan melakukan 600 juta perjalanan domestik di Tiongkok, menurut operator perjalanan online Tiongkok, Trip.com. Namun angka tersebut diperkirakan akan lebih rendah daripada 782 juta perjalanan para pelancong Tiongkok pada periode liburan yang sama di tahun lalu. (Fortune 29/9/2020)

Filipina: Sapi Potong, AUD $5,85/kg (Peso 35,0 = S1 AUD)

Sekali lagi, tidak ada perubahan pada harga hewan hidup selama bulan September. Perekonomian secara umum masih tetap bergumul dengan berbagai efek pandemi. Komentar paling positif dari agen saya adalah bahwa kehidupan warga umumnya sulit tetapi tidak memburuk.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,56/kg (Baht 22,6 = $1AUD)

Harga sapi potong sedikit melemah menjadi Baht 103 per kg bobot hidup, atau turun sekitar 3% dari bulan Agustus. Karena pariwisata menyumbang 14% untuk perekonomian Thailand, maka dampak Covid 19 di seantero negeri semakin parah.

Kembali Melaut.

Setelah turun dari kapal MV Devon Express di Wyndham, saya menyelesaikan masa karantina di Kununurra di hotel Kimberley Grand (Australia Barat). Hotel ini menyediakan tempat karantina yang sangat baik, kamarnya bagus, juga pelayanan dan makanan yang luar biasa. Sangat direkomendasikan! Kemudian saya menikmati minggu pertama kebebasan di darat yang sangat menyenangkan (di Darwin) sejak tanggal 31 Maret. Sekarang saya berada di atas kapal MV Gelbray Express, membawa sapi dan kerbau dari Darwin ke Vietnam, yang akan menjadi perjalanan terakhir saya di tahun 2020.

Kehilangan yang tragis kapal MV Gulf Livestock 1 terjadi selama perjalanan terakhir saya dengan MV Devon Express. Bisa dibayangkan kekhawatiran para awak kapal warga Filipina karena banyak sahabat mereka termasuk di antara awak kapal yang hilang. Ketika menerima email berisi daftar nama stockman dan dokter hewan Australia yang menjadi korban, Kapten kapal kami sangat bersedih karena William Mainprize baru saja menjadi salah satu stockman di Devon dan beliau sangat disukai oleh semua orang di kapal. William dan Kapten sama-sama gitaris berbakat dan bermain bersama di band kapal (Semua kapal Filipina memiliki band di atas kapal). Tak lama setelah berdiskusi, Kapten kapal kami keluar dari kabinnya dan memberi saya salinan foto di bawah ini, yang menunjukkan William sedang menikmati sesi musik dengan band kapal, beberapa bulan sebelumnya. Kapten kapal mengenakan kemeja biru di ujung kanan.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s