Oktober Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-83: Oktober 2020

Poin-Poin Utama

  • Harga sapi potong di Cina melonjak mendekati AUD $8 per kg bobot hidup.
  • Akhirnya, Indonesia berhasil menaikkan harga sapi potong.
  • Harga sapi potong di Filipina melambung tinggi seiring pelonggaran aturan Covid.

Indonesia: Sapi Potong Steer AUD $4,05/kg bobot hidup (Rp10.500 = $1AUD)

Harga sapi potong akhirnya menembus kisaran harga yang telah bertahan selama dua tahun, antara Rp39 – Rp41 ribu naik menuju indikator tarif Rp42.500 per kg bobot hidup di bulan Oktober. Angka ini diperoleh dari harga rata-rata di Lampung, dengan kisaran harga mulai dari di bawah 40 ribu untuk sapi yang berkualitas lebih rendah, hingga Rp43 ribu untuk sapi berkualitas terbaik. Di Jawa, harga mencapai Rp 44 ribu dan bahkan Rp 45 ribu per kg bobot hidup untuk jenis-jenis sapi terbaik. Pergerakan harga sapi potong ini penting untuk memastikan keberlangsungan sektor feedlot di Indonesia, karena harga sapi bakalan di Australia mengalami lonjakan hingga mencapai titik tertinggi yang pernah terjadi. Akhir bulan Oktober lalu, harga sapi bakalan Darwin adalah AUD $ 3,90, jadi harga $4 per kg bobot hidup bukanlah perkiraan yang terlampau jauh. Harga FOB adalah AUD $3,90, artinya harga CIF sekitar $4,90 atau lebih dari Rp50.000 per kg bobot hidup saat tiba di feedlot. Dengan harga jual Rp42.5 ribu, maka masih menyisakan celah yang sangat besar yang harus diisi oleh feedlot melalui nilai tambah yang efisien.   

Sejumlah pihak produsen ternak mengungkapkan kecemasan mereka tentang kerugian pada peternakan domestik akibat menurunnya perekonomian yang disebabkan oleh pandemi. Mayoritas sapi Indonesia berada di tangan peternak kecil dengan rata-rata kepemilikan dua ekor yang dipelihara di halaman belakang rumah mereka. Sapi-sapi ini bukan sekadar bagian dari rantai pasok daging sapi nasional, tetapi juga menjadi semacam polis asuransi dan harta simpanan bagi pemiliknya. Pada saat darurat ketika membutuhkan uang tunai, sapi dapat segera dijual secara tunai. Jika cukup banyak petani yang mengalami kesulitan keuangan, maka penjualan sapi mungkin akan signifikan. Di sisi lain, pada masa krisis ekonomi terakhir di Indonesia pada tahun 1998, sebagian besar petani sebenarnya lebih beruntung karena Indonesia secara drastis mengurangi impor sehingga terjadi kenaikan tajam pada harga bahan makanan yang diproduksi secara lokal.

Pasokan daging kerbau india (IBM) eceran kembali tersedia dengan harga yang stabil di kisaran Rp80.000 per kg.

Impor sapi bakalan di bulan September masih stabil di kisaran 40.800 ekor, mendekati tingkat impor rata-rata bulanan di tahun lalu.

Harga sapi steer bakalan Darwin bergerak naik di bulan Oktober, dengan harga di akhir bulan sekitar $3,90 per kg bobot hidup, karena menipisnya sisa persediaan. Para pedagang memperkirakan harga $4 per kg dalam waktu dekat ini, dimana para eksportir terpaksa beralih ke Townsville dan Australia Barat untuk memperoleh jumlah stok yang sesuai kebutuhan. Meskipun mereka mungkin beruntung dapat menemukan jumlah sapi yang lebih banyak, namun mereka tidak akan memperoleh sapi yang murah karena umumnya pengolah dan eksportir Vietnam telah membeli sebagian besar sapi yang dijual tahun ini. Tingkat impor yang menggiurkan perlu ditawarkan untuk dapat membeli jumlah sapi yang dibutuhkan pada musim penghujan. Sapi potong Vietnam juga menarik harga yang sama saat ini, di sekitar $ 3,80 untuk harga tiba di Townsville, dan lebih tinggi lagi  karena beberapa kapal ternak yang sangat besar perlu segera diisi dalam waktu singkat untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang menarik bagi produsen.

Video ini diambil dari media sosial Indonesia.

Saya sering menyaksikan sapi pekerja di seluruh Asia dan hampir selalu yakin akan bahasa tubuh dan perilaku umum sapi-sapi tersebut, bahwa mereka tidak keberatan menarik alat, baik itu bajak maupun gerobak. Sapi jantan yang cerdas satu ini, tahu betul bahwa ketika peternak telah mengisi gerobak dengan rumput, berarti sudah saatnya untuk pulang. Pemotongan rumput untuk ternak merupakan kegiatan yang tersisa pada sore hari, setelah semua pekerjaan penting lainnya di pertanian telah usai. Sapi ini juga tahu, bahwa begitu sampai di rumah, maka sudah waktunya ia akan dikembalikan ke kandang, di mana ia akan diberi makan dari sebagian rumput yang dikumpulkan, bersama dengan beberapa makanan lain seperti limbah tanaman, molase dan garam dll.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,46/kg (VND16.600 = $1AUD)

Harga sapi potong belum berubah dari kenaikan harga yang tercatat di bulan September lalu, seharga Dong 74.000 per kg bobot hidup.

Harga indikator ini diambil dari kisaran “rata-rata” dari sejumlah harga, termasuk harga yang sangat berbeda antara Vietnam Utara dan Selatan. Harga eceran di pasar basah dan supermarket tampaknya masih stabil.

1) Di Selatan Steer: berbobot sekitar 500 kg dihargai mulai dari VND 71.000 hingga 73.000 per kg. Sapi jantan berbobot sekitar 450 kg atau lebih dihargai dari VND 76.000  kg per kg hingga VND 77.000 per kg. Sapi dara berbobot sekitar 400 kg – dihargai VND 70.000 per kg.

2) Di Utara: – Steer: berbobot sekitar 500 kg dihargai mulai dari VND 74.000 hingga 78.000 per kg. Harga sapi jantan berbobot sekitar 450 kg sekitar VND 76.000 hingga VND 78.000 per kg. Sapi Dara berbobot sekitar 500 kg dihargai mulai dari VND 70.000 per kg hingga VND 72.000 per kg.

Harga sapi potong di Vietnam Utara selalu lebih tinggi daripada di selatan, semenejak mulai tercatat dalam laporan ini 7 tahun yang lalu.

Meskipun total kapasitas feedlot di Vietnam sekitar 100.000 ekor, namun kapasitas terisi saat ini hanya mencapai sekitar 65%.

Angka impor di September adalah 18.000 ekor, hampir sama dengan jumlah impor dua bulan sebelumnya, namun lebih rendah dibanding bulan-bulan sebelumnya pada tahun ini. Sejumlah pengiriman yang dipublikasikan dengan baik dari Townsville selama bulan Oktober, termasuk salah satu kapal ternak terbesar yang melakukan dua kali pengiriman, mestinya mampu memastikan bahwa kapasitas feedlot dapat kembali ke tingkat 70% di bulan November.

Banjir hebat yang melanda Vietnam tengah selama bulan Oktober mengakibatkan kematian sejumlah besar ternak termasuk sapi. Jumlah sapi domestik Vietnam relatif kecil, sehingga kerugian ini akan menjadi pukulan yang signifikan terhadap produksi lokal.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $7,92/kg bobot hidup (RMB 4,8 = AUD $1)

Harga sapi potong terus melonjak, dengan harga dalam AUD terus naik akibat pergerakan nilai tukar. Agen saya mengatakan bahwa kenaikan harga lokal disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk dampak pandemi, ASF, penurunan volume daging impor, dan peningkatan konsumsi daging sapi selama musim gugur. Harga eceran bergerak naik seiring kenaikan harga sapi hidup.

Filipina: Sapi Potong, AUD $6,50/kg (Peso 34,6 = AUD $1)

Harga sapi potong mengalami kenaikan hampir 10% dalam mata uang lokal selama bulan Oktober seiring dengan melunaknya pembatasan pergerakan terkait Covid-19 secara bertahap. Di sebagian besar wilayah, masyarakat meyambutnya dengan berbelanja dan makan bersama teman dan keluarga. Harga yang tinggi tercatat di Mindanao. Di saat yang sama, harga sebagian besar bahan makanan termasuk daging sapi, ayam, ikan, buah-buahan dan sayuran juga meningkat tajam. Warga Filipina suka mengadakan pesta, jadi saya menduga bahwa tren kenaikan permintaan dan harga ini akan terus berlanjut, mengingat banyaknya pernikahan dan perayaan lain yang tertunda, kemungkinan besar akan dilakukan menyusul melonggarnya lockdown.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,73/kg (Baht 22,2 = AUD $1)

Harga-harga di Thailand mengikuti tren harga Asia, dengan tambahan kenaikan pada harga sapi potong meskipun belum terwujud dalam kenaikan harga daging sapi segar. Harga sapi bakalan masih stabil di Baht 115-120 atau A$ 5,09-5,31.

Perekonomian masih terus dbayangi oleh dampak Covid-19 seperti yang tampak pada foto dari Chris King di bawah ini. Jalanan di Bangkok biasanya dipadati manusia dan lalu lintas, terutama di lokasi populer seperti kawasan Soi 11.

Akhirnya, kembali ke daratan

Saya mendarat kembali di Darwin dengan MV Gelbray pada hari Jumat tanggal 23 Oktober dan menyelesaikan masa karantina saya satu minggu kemudian, karena perjalanan pulang saya dihitung sebagai bagian dari 14 hari. Tahun ini saya tidak berlayar lagi. Ada hal-hal yang lebih menyenangkan bagi saya selain menikmati hidangan terbaik daging sapi Australia (dan domba dan sosis, dll.), setelah selama 6 bulan di kapal saya hampir selalu disajikan daging sapi Brasil yang sebenarnya lebih cocok dibuat kuah atau dijadikan bahan untuk memperbaiki sol sepatu bot Anda.

Saya mengunjungi Cavenagh Hotel di Darwin. Di sana, mereka menghidangkan steak terbaik sepanjang malam dan T-bone dari Nolan’s Private Selection. Luar biasa.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s