Nopember Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-84: November 2020

Poin Utama

  • Harga sapi potong di Indonesia naik lagi, tetapi harga eceran daging sapi segar tidak berubah
  • Harga sapi potong di Filipina kian melambung
  • Permintaan impor sapi hidup Indonesia & Vietnam tetap kuat meski harga sapi Australia naik

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $4,17/kg bobot hidup (Rp10.350 = $1AUD)

Harga sapi potong terus naik, dengan indikator harga baru di bulan ini menjadi Rp43.000 per kg bobot hidup untuk sapi potong steer. Kisaran harga masih cukup lebar, mulai dari Rp 41 ribu di Lampung hingga Rp 45 ribu di Jawa, dan harga di Aceh bahkan mencapai Rp 46.700. Meskipun kenaikan harga seperti ini bukan kejutan mengingat harga beli sapi bakalan dari Australia yang jauh lebih tinggi, fitur pasar yang luar biasa bulan ini adalah bahwa harga eceran daging segar tidak berubah. Situasi semacam ini pernah terjadi tetapi tidak berlangsung lama. Ketika para penjual daging tidak mampu membayar harga tambahan, salah satu strategi yang dulu pernah digunakan adalah menawarkan sistem kredit kepada mereka sebagai strategi untuk mengurangi beban akibat rendahnya marjin. Cara ini selalu efektif pada awalnya, karena semua penjual daging di dunia sangat menyukai kredit. Tetapi pengalaman menunjukkan bahwa umumnya tingkat wanprestasi juga sangat tinggi saat jatuh tempo pembayaran. Tukang daging di pasar basah kerap kali tidak memiliki aset untuk ditawarkan sebagai jaminan sehingga perjanjian pinjaman biasanya dibuat atas dasar kombinasi dari kebutuhan mendesak, niat baik, dan harapan.

Para eksportir melaporkan bahwa terlepas dari harga sapi bakalan FOB Australia yang mencapai rekor AUD $4 per kg bobot hidup, namun permintaan impor di masa mendatang tetap kuat. Impor bulan Oktober sebanyak 36.000 ekor, sejalan dengan rata-rata reguler bulanan, dengan jumlah tahun kalender hingga akhir Oktober sebanyak 520.000 ekor atau rata-rata untuk 12 bulan sebanyak 43,3 ribu ekor. Tingginya permintaan saat ini menunjukkan bahwa tingkat impor tersebut mungkin tidak cukup untuk mempertahankan harga daging sapi segar di dalam negeri.

Daging kerbau India (IBM) beku tampaknya banyak tersedia, tetapi terlepas dari tingginya permintaan akan daging sapi segar, harga eceran IBM terus didiskon hingga sejauh Rp 70.000 (dari harga normal Rp 80 ribu). Hal ini tampaknya semakin membuktikan bahwa IBM beku dan daging sapi segar telah terbagi dalam dua segmen pasar yang cukup terpisah dan relatif tidak terkait, dan menjadi pertanda yang amat baik bagi masa depan daging sapi segar.

Harga sapi steer bakalan Darwin kembali menanjak di bulan November, dengan harga di akhir bulan $4 per kg bobot hidup sesuai perkiraan akibat menurunya persediaan. Harga bahkan pernah dilaporkan mencapai hingga $4,10 untuk jalur-jalur pengiriman khusus. Kesepakatan yang umum adalah bahwa harga $4 per kg akan bertahan hingga musim pengumpulan sapi yang baru pada April 2021 mendatang. Harga sapi potong di Townsville terus menguat pada $3,80 per kg hidup.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $4,50/kg (VND16.900 = $1AUD)

Harga sapi potong naik rata-rata Dong 2.000 menjadi D 76.000 per kg selama November, seiring dengan kenaikan harga sapi potong dan sapi bakalan yang diimpor dari Australia utara. Para eksportir melaporkan bahwa permintaan pengiriman sapi untuk bulan Desember terus menguat kendati terjadi kenaikan harga dan penurunan pasokan. Jumlah impor di bulan Oktober adalah 26.000, naik dari 18.000 ekor di bulan September.

Tampaknya perekonomian dalam negeri yang kuat, kehilangan stok sapi akibat banjir yang terjadi baru-baru ini, dan menurunnya suplai daging babi secara besar-besaran dan berkelanjutan setelah pandemi African Swine Fever (ASF) menjadi pendorong utama terhadap kuatnya permintaan. Peta OIE di bawah ini menunjukkan bahwa di Vietnam masih terjadi wabah dalam jumlah yang relatif besar (1.475) di seluruh negeri.

Tiongkok: Sapi Potong, AUD $7,59/kg bobot hidup (RMB 4,82 = AUD $1)

Harga sapi potong turun dari Y38 di bulan Oktober menjadi Y36.6 per kg bobot hidup di bulan November. Meski demikian, harga eceran di Beijing dan Shanghai tetap stabil, bahkan mengalami kenaikan di supermarket-supermarket di Beijing. Harga daging babi sedikit menurun tetapi masih sangat tinggi berdasarkan standar terkini.

Filipina: Sapi Potong, AUD $7,22/kg (Peso 35,3 = AUD $1)

Harga sapi potong hidup di Mindanao naik dari Peso 225 di bulan lalu menjadi Peso 255 per kg bobot hidup di bulan November. Harga sapi terus merespon naiknya permintaan eceran seiring dengan pelonggaran pembatasan Covid-19, terutama di Mindanao tempat reporter saya tinggal. Ia menggambarkan, “Semuanya naik, semuanya tersedia, dan orang-orang memiliki uang tunai” dan “konsumen seakan lepas kendali’’.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $4,75/kg (Baht 22,1 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga pada sapi potong atau harga daging sapi di pasar basah selama bulan November. Ini bukan kejutan karena perekonomian Thailand sangat terdampak oleh pandemi.

Australia sungguh negara yang beruntung dan saya sangat beruntung bisa kembali ke Australia

Saya masih terus menikmati sebagian dari karunia industri pangan Australia sembari mengunjungi sahabat dan kerabat di berbagai belahan negara. Salah satu batasan sewaktu saya tinggal di Asia (dan berlayar dengan kapal ternak) adalah kualitas daging sapi yang marjinal dan kerap kali sangat kekurangan anggur. Angus Adnam dan Greg Pankhurst membantu saya membalas kekurangan tersebut dengan daging sapi, ikan, dan anggur terbaik. Lihat contoh padanan yang luar biasa di bawah ini. Ikan di di bawah ini ditangkap sendiri dari Morten Bay, berkat bantuan Harry Trelor. Saya juga cukup beruntung berhasil mendapatkan Susu Jersey yang lezat di Cobram, Victoria

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s