Januari Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

Edisi Ke-86 : Januari 2021.

Poin-poin Utama

  • Reaksi dari importir dan konsumen terhadap kenaikan harga.
  • Harga sapi Australia naik lebih tinggi lagi didorong oleh permintaan domestik
  • Gelombang kedua Covid 19 di Asia Tenggara mengurangi permintaan konsumen

Indonesia: Sapi Potong Steers, AUD $ 4.31 / kg bobot hidup (Rp10,800 = $1AUD)

Harga sapi potong steer terus naik dalam kisaran yang disetujui pemerintah yaitu Rp46.000 hingga Rp48.000 per kg berat hidup. Dengan menggunakan kisaran harga Januari dari Lampung ke Bandung, saya telah menetapkan tingkat indikator di Rp46.500 untuk bulan ini. Saya mendapatkan informasi bahwa, pemerintah juga telah membatasi harga eceran daging sapi segar Rp130.000 per kg untuk pasar basah di wilayah Jawa Barat. Sayangnya, harga ini tidak cukup untuk mengimbangi kenaikan harga yang terus berlanjut dari Australia yang memaksa importir dan penjual daging untuk menanggung kerugian yang signifikan untuk menjaga perdagangan. Penjual daging menanggapi dengan pemogokan tiga hari dari Rabu tanggal 20 Januari di seluruh wilayah Jakarta Raya. Lihat foto di bawah. Seperti diberitakan di Beef Central, importir bereaksi dengan rencana untuk mengimpor sapi bakalan dari Meksiko. Dengan harga Meksiko saat ini sekitar USD $ 2.10 per kg bobot hidup dari peternakan, dikombinasikan dengan penggunaan kapal terbesar, masing-masing membawa lebih dari 20.000 ekor, perkiraan harga CIF akan lebih murah dari harga impor Australia saat ini, yaitu sekitar USD $ 3.80 CIF Jakarta.

Tantangan langsungnya adalah untuk menetapkan protokol kesehatan yang bisa diterapkan dari Meksiko diikuti dengan koordinasi pembiayaan yang akan membutuhkan komitmen jumlah besar berbulan-bulan sebelum sapi bakalan Mexico akan diterima, digemukkan dan dijual.

Mengingat pilihan yang sangat tidak menarik untuk terus merugi dengan melakukan impor dari Australia atau memulai usaha Meksiko yang berisiko tinggi, sangat beruntung bagi Indonesia bahwa mereka memiliki pilihan untuk mengimpor daging kerbau beku India yang murah. Kualitas produk ini jelas lebih rendah dari daging sapi segar tetapi tetap merupakan alternatif protein tinggi daging merah yang dapat diperoleh dalam volume besar dan didistribusikan ke seluruh nusantara melalui rantai pasokan yang mapan. Saya diberi tahu bahwa ada daging kerbau berjumlah besar di cold store Indonesia sementara Reuters melaporkan pada akhir Januari bahwa Kementerian Pertanian bermaksud mengimpor 100.000 ton produk beku lagi dari Brasil dan India untuk memastikan pasokan selama sisa tahun 2021. Lonjakan penyelundupan  daging kerbau India dari Malaysia ke Medan melintasi selat Malaka juga akan membantu meningkatkan pasokan.

Dengan kapasitas feedlot turun hingga 35-40%, impor sumber daging alternatif perlu dipercepat untuk memastikan kelangkaan tidak terjadi di akhir tahun. Ramadhan 2021 dimulai pada 12 April dengan libur Lebaran mulai 13 Mei.

Daging sapi bukan satu-satunya komoditas yang menyebabkan masalah kenaikan harga. Indonesia mengimpor sejumlah besar kebutuhan kedelai dari Amerika Serikat dimana harga telah meningkat tajam dalam beberapa bulan terakhir. Importir kedelai diharuskan menjual produknya dengan harga pagu Departemen Pertanian Rp8.500 per kg sedangkan harga impor rata-rata saat ini Rp9.500. Perekonomian dunia yang goyah, terpukul oleh dampak Covid 19, sikap politik dan faktor musiman telah memicu berbagai gangguan pada rantai pasokan dunia yang mengakibatkan inflasi harga pangan di seluruh dunia. Ini adalah kenyataan baru yang akan dihadapi konsumen dan pemerintah selama beberapa dekade mendatang. Produksi pangan yang labil tidak dapat mengimbangi peningkatan permintaan dunia yang konsisten.

Pada akhir tahun 2020 impor sapi bulanan ke Indonesia dari semua pelabuhan Australia sekitar 20.000 pada bulan November dan 34.000 pada bulan Desember menghasilkan total tahunan sekitar 467.000. Mempertimbangkan lingkungan impor yang sulit pada awal 2021, tidak mengherankan melihat angka ini berkurang menjadi mendekati 350.000 untuk tahun kalender mendatang.

Harga sapi bakalan steer Darwin terus naik dengan tajam, melampaui $ 4 dengan penawaran harga $ 4.10 juga terjadi dan bahkan dilaporkan adan penawaran untuk pengiriman kecil seharga $ 4.25.

Harga semacam ini tidak dapat bertahan karena tidak ada pelanggan kita yang mampu membelinya sehingga penurunan pada akhirnya pasti terjadi meskipun kemungkinan tidak akan terjadi sampai musim kemarau di bagian utara dimulai pada bulan Mei. Sementara itu, musim hujan yang besar, jumlah kawanan sapi nasional yang rendah, tuntutan sapi bakalan untuk memakan rumput di Australia selatan dan hilangnya”surplus” sapi heifers dari pasar sapi bakalan, untuk memulai pembangunan kembali kawanan sapi, semua hal tersebut menyebabkan harga domestik Australia tetap tinggi meskipun permintaan dari importir menurun.

Harga sapi di Townsville mengikuti tren yang sama dengan stok sapi potong yang sesuai untuk penjualan Vietnam dengan harga sekitar $ 3.90 per kg bobot hidup sementara sapi steer bakalan kemungkinan besar harganya $ 4.10.

Dalam laporan terakhir saya, saya menyertakan permintaan bantuan dengan biaya penerjemahan ke Bahasa Indonesia. Dari permintaan ini saya berhasil menerima beberapa permintaan tawaran. Saya menerima tawaran pertama, yaitu dari PT Arsi Indo Graha yang berbasis di Jawa Timur dimana perusahaan ini mendukung industri pemotongan sapi Indonesia melalui pengenalan praktek pemotongan yang aman dan lebih baik sesuai standar Australia. Saya sangat berterima kasih kepada perusahaan ini atas dukungan mereka dan juga kepada perusahaan dan individu lain yang menawarkan bantuan baik mereka.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.56 / kg (VND17.770 sama dengan AUD $ 1)

Harga sapi potong steers naik lagi untuk bulan ketiga berturut-turut dengan kenaikan bulan ini diturunkan menjadi rata-rata Dong1.000 untuk menghasilkan tingkat indikator bulan Januari sebesar D81.000 per kg bobot hidup.

Selalu ada perbedaan besar antara harga di utara dan selatan dengan tarif Hanoi untuk sapi muda 500kg dari D81 hingga D86.000 per kg sedangkan kisaran kota HCM adalah D78 hingga D80.000. Sapi jantan lebih mahal karena kandungan lemaknya yang rendah di Dong 83-85.000 per kg berat hidup. Harga-harga ini mengakibatkan jatuhnya permintaan dimana tempat pemotongan hewan di selatan menyembelih sebagian besar ternak lokal sementara di utara jumlah pemotongan jauh berkurang sejalan dengan penurunan permintaan. Kapasitas feedlot nasional turun hingga 60% dan diperkirakan akan terus menurun dalam beberapa bulan mendatang. Konsumen Vietnam tampaknya menolak untuk membayar harga yang lebih tinggi untuk daging sapi eceran yang mengakibatkan penurunan permintaan yang cepat untuk impor Australia. Reporter saya memberitahukan bahwa harga eceran pada dasarnya tidak berubah selama 6 bulan terakhir.

Hari libur nasional Tet berlangsung dari 10 hingga 16 Februari tahun ini dengan berbagi makanan khusus antar anggota keluarga adalah salah satu aktivitas yang paling terkenal. Vietnam berada di bawah tekanan yang tidak biasa selama periode Tet ini melalui kombinasi penyakit yang menyebabkan gangguan serius pada ekonomi nasional mereka termasuk gelombang kedua Covid 19 di utara bersama dengan Demam Babi Afrika (babi) dan Penyakit Kulit Kental (sapi) yang sedang berlangsung yang mengurangi pasokan makanan yang diminati di seluruh wilayah.

Impor sapi bulan November sekitar 33.500 sementara jumlahnya menurun pada bulan Desember menjadi lebih dari 20.000 ekor sehingga menghasilkan total tahunan sekitar 297.000. Dengan asumsi bahwa harga sapi tetap kuat di awal tahun 2021, tidak mengherankan melihat impor turun kembali ke 250 ribu atau kurang untuk tahun ini. Kerbau hidup dari NT secara substansial lebih murah daripada sapi hidup sehingga mungkin ada peningkatan yang signifikan dalam ekspor kerbau untuk mengurangi biaya pengiriman secara keseluruhan.

Menyusul permintaan pendanaan saya untuk terjemahan bahasa Indonesia, Northern Territory Buffalo Industry Council Inc. dengan sangat baik hati menawarkan untuk menerjemahkan laporan ini ke dalam bahasa Vietnam karena ini adalah tujuan utama ekspor kerbau hidup dari wilayah utara. 

China: Sapi Potong, AUD $ 7.29 / kg berat hidup (RMB 4.98 = AUD $ $)

Sekali lagi, harga sapi potong relatif stabil dengan rata-rata Y36.3 untuk Beijing dan Shanghai. Tahun Baru Imlek, tahun Kerbau, berlangsung dari tanggal 12 hingga 26 Februari 2021.

Harga daging sapi eceran naik sekitar 3-5% di Beijing dan Shanghai baik untuk pasar tradisional maupun supermarket. Harga daging babi juga naik dengan level yang sama di kedua kota. Menurut saya, hal ini disebabkan kombinasi beberapa faktor termasuk liburan Tahun Baru Imlek, Covid 19, pengurangan impor daging sapi box, Demam Babi Afrika, dan tren tradisional peningkatan konsumsi daging selama bulan-bulan musim dingin.

Filipina: Sapi Potong, AUD $ 3.51 / kg (Peso 37.0 = AUD $ 1)

Koreksi.  Akibat sejumlah komentar bahwa harga sapi potong hidup dalam laporan saya terlalu tinggi, saya menghubungi narasumber saya dan akhirnya menemukan kesalahan yang pada dasarnya adalah masalah bahasa di mana permintaan saya untuk harga sapi potong hidup tidak cukup jelas. Sekarang telah diperbaiki dan harga baru sekarang telah disediakan yang diharapkan dan diperkirakan sejalan dengan harga sapi lainnya di seluruh Filipina. Umpan balik lebih lanjut untuk mengonfirmasi ini akan kami hargai.

Harga sapi potong yang baru adalah 130 peso per kg bobot hidup, menjadi AUD $ 3.51 per kg. Harga ini berasal dari Mindanao sehingga mungkin berbeda dari harga di bagian lain Filipina. Saya telah menyesuaikan grafik di atas dan memasukkan harga selama dua bulan terakhir untuk memulai catatan baru.

Untuk tahun 2020 sebanyak 20.800 ekor sapi yang diimpor meningkat atau sekitar 30% dari tahun sebelumnya.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $ 4,37 / kg (Baht 23.1 sama dengan AUD $ 1)

Harga sapi potong turun bulan ini karena permintaan yang lambat yang mungkin disebabkan oleh lonjakan kasus virus Corona baru-baru ini. Tarif pemotongan hewan turun dari 105 menjadi 101 Baht per kg berat hidup selama bulan Januari sementara harga sapi bakalan turun lebih jauh dari 130 menjadi 120 Baht per kg berat hidup selama bulan tersebut.

Seperti yang ditunjukkan grafik di bawah ini, Thailand telah berhasil menjaga tingkat infeksi Corona ke tingkat yang rendah dan dapat dikendalikan selama tahun 2020 hingga Desember / Januari 2021 ketika kasus telah melonjak hingga lebih dari 800 per hari.

Momen “happy beef” yang tidak disengaja.

Lihat foto di bawah ini dari laporan bulan Desember yang menunjukkan beberapa daging dry aged Hereford (berasal dari sapi yang diberi makan rumput), disajikan di Neil’s Meats di pasar Prahran, pinggiran kota di Melbourne timur. Saya pikir itu adalah tampilan yang sangat bagus jadi saya mengambil foto ini ketika saudara perempuan saya membawa saya ke sana sebelum Natal. Dua malam yang lalu, Lach Mackinnon dengan sangat ramah mengajak saya ke rumahnya untuk makan malam (di suatu tempat di pinggiran timur Melbourne). Ketika makan malam disajikan, istrinya Sophie menjelaskan bahwa bone-in ribeye (yang dimasak dengan sempurna),  yang dia siapkan adalah daging sapi Hereford dari Neils Meat di Prahran. Benar-benar luar biasa. Terima kasih Lach dan Sophie. Dan terima kasih kepada produser Hereford dan Neil’s Meats. Setelah makan setiap kelezatan selama periode Natal, tidak ada yang lebih baik dari daging sapi kualitas terbaik, dimasak dengan sempurna. Maaf kalkun, lobster, ayam, domba, babi, dll. Ini adalah kontes yang tidak adil karena daging sapi berada jauh di depan tidak dapat ditandingi.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Catatan: Alih bahasa oleh PT. AIG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s