Februari Laporan Pasar: Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-87: Februari 2021.

Poin-poin utama :

  • Harga sapi Australia terus memecahkan rekor harga sepanjang masa
  • Jumlah impor menurun tajam baik di Indonesia dan Vietnam
  • Ini adalah edisi pertama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam

Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.38 / kg bobot hidup (Rp10.970 = AUD $ 1)

Harga sapi potong steer terus naik dengan tingkat indicator naik dari Rp46.500 per kg sapi hidup bulan lalu menjadi Rp48.000 untuk bulan Februari. Angka ini dihasilkan dari kisaran tarif yang dilaporkan dari yang terendah Rp46.000 di Lampung hingga Rp49.000 di Jawa. Meskipun terjadi kenaikan harga sapi potong hidup, harga daging sapi segar di pasar basah tetap stabil di Rp130.000 per kg. Sebaliknya, di supermarket Jakarta harga didiskon di dua rantai utama dengan harga lebih murah dari harga biasanya sekitar Rp160.000 per kg menjadi Rp129.000 di akhir Februari. Bahkan daging kelapa (knuckle) impor Australia didiskon menjadi Rp139.000 per kg di supermarket Giant.

Daging kerbau beku India (IBM) berbanding terbalik dengan tarif baru supermarket sebesar Rp95.000 per kg, meningkat lebih dari 18% sejak Januari.

Bulog, Badan Logistik Negara telah diberi tugas untuk mengimpor 80.000 ton IBM untuk memastikan pasokan daging sapi yang memadai tersedia untuk perayaan Ramadhan, Lebaran dan Qurban dengan hari pertama Ramadhan pada 12 April. Juru bicara Bulog mengatakan, impor akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan permintaan pasar guna menstabilkan harga tanpa merugikan petani lokal. Stok IBM saat ini dilaporkan 13.600 ton. Juru bicara yang sama juga mengemukakan, kenaikan harga daging sapi belakangan ini disebabkan oleh spekulan atau kartel. Mereka juga kurang yakin bahwa satu-satunya alasan kenaikan harga daging sapi dalam negeri adalah karena kenaikan harga sapi di Australia. Tahun lalu Bulog diberi izin impor 100.000 ton namun hanya mengimpor 37.000 ton produk untuk tahun 2020.

Proposal baru untuk impor sapi hidup alternatif dari Meksiko tampaknya tidak membuat kemajuan yang signifikan dengan laporan baru bahwa Brasil mungkin menjadi sumber sapi hidup yang lebih hemat biaya meskipun status Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mereka (bebas dengan vaksinasi) jauh di bawah Meksiko sehingga risiko terkait dengan pengiriman dari Brasil akan jauh lebih besar daripada yang berasal dari Meksiko. 

Impor kerbau telah meningkat secara dramatis selama tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena banyak feeder mencoba untuk mengurangi biaya keseluruhan dari stok impor mereka. Jumlahnya meningkat dari 3.377 ekor pada tahun 2019 menjadi 6.252 ekor selama tahun 2020. Tahun 2021 telah dimulai dengan jumlah yang kuat lagi dengan 777 ekor yang diekspor ke Indonesia pada bulan Januari dan dilaporkan 523 ekor pada bulan Februari. 

Jadi mengapa mengimpor kerbau hidup jika memungkinkan untuk membeli daging kerbau beku India yang jauh lebih murah? Jawaban sederhananya adalah bahwa daging kerbau segar dari hewan yang disembelih secara lokal adalah produk yang sama sekali berbeda dengan daging kerbau beku India. Karena daging sapi beku India berasal dari sapi berumur lanjut yang dipisahkan dari kawanan sapi perah india, dan dalam banyak kasus kehilangan banyak berat badan antara waktu mereka dipisahkan dan disembelih. Sebaliknya kerbau lokal atau impor diberi pakan untuk memaksimalkan bobot potong dan kualitas dagingnya sebelum disembelih di Indonesia. Dan juga daging segar memiliki kualitas yang lebih unggul daripada daging beku.

Indonesia telah memulai vaksinasi untuk Covid 19 dengan lebih dari satu juta orang telah menerima dosis pertama pada akhir Februari.

Harga sapi bakalan Darwin telah mencapai titik tertinggi baru sepanjang masa dengan harga saat ini di AUD $ 4.30 per kg bobot hidup dengan harga setinggi $ 4.40 dilaporkan dalam jumlah kecil. Tarif ini tidak akan membuat importir Indonesia menjadi senang dengan harga CIF yang dihasilkan sebesar USD $ 3.90 per kg hidup setelah mendarat di Jakarta. Angka impor untuk Januari sekitar 35.000 sedangkan angka Februari diperkirakan mendekati 20.000 (15.217 ekor meninggalkan pelabuhan Darwin pada Februari menuju Indonesia). Konsensus di antara pakar pasar adalah harga ini kemungkinan akan bertahan selama sebulan atau lebih dengan peluang untuk penurunan harga terkait dengan pengamatan bahwa sejumlah daerah di utara Australia masih belum memiliki musim hujan yang memadai.

Harga sapi potong di wilayah Townsville berkisar antara $ 3.80 hingga $ 4.00 dengan keadaan cuaca yang tidak menentu di sebagian besar Queensland Tengah yang menjadi pemicu yang berpotensi mengakibatkan penurunan harga.

Jika harga tinggi ini tidak mengakibatkan cukup masalah bagi eksportir, pemerintah Australia baru saja mengumumkan kemungkinan kenaikan harga untuk biaya ekspor dan biaya lebih dari 400% selama periode 3 tahun sejak Juli 2021. Pemerintah Australia menjalankan sistem pemulihan biaya untuk biaya sertifikasi ekspor dan klaim bahwa jika ekspor berlanjut sebagaimana adanya maka perkiraan kenaikan biaya yang mungkin terjadi sebagai berikut:

  • Ijin ekspor ternak (livestock export license) akan naik dari $25k ke $106.551 atau lebih
  • Biaya pengaturan (arrangement fees) untuk pengiriman laut naik dari $20k menjadi $85.241
  • Pendaftaran tempat ekspor (Export Premises Registration) naik dari $5k menjadi lebih dari $21.311
  • Biaya perkepala (Headage charge)untuk sapi naik dari $1.21 per kepala menjadi $5.16 per kepala
  • Biaya inspeksi (Inspection fees) untuk setiap pengiriman dari $220 per jam menjadi $940 per jam
  • Kenaikan terbesar untuk biaya observer dan audit

Eksportir berharap dapat merundingkan serangkaian efisiensi administratif yang akan membantu mengurangi tingkat pungutan yang dikenakan oleh pemerintah federal. Masalah yang dihadapi eksportir adalah beberapa birokrat yang mereka ajak berunding berpotensi kehilangan pekerjaan jika bekerja sama dan membuat sistem sertifikasi ekspor lebih efisien. Good luck with that (semoga beruntung).

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.50 / kg (VND18.020 = AUD $ 1)

Tarif penyembelihan telah stabil bulan ini tanpa kenaikan dibandingkan harga bulan Januari. Indikator harga per kg bobot hidup tetap di Dong81.000 meskipun konversi AUD di atas telah sedikit berubah karena apresiasi mata uang Aussie selama bulan tersebut. Rata-rata ini dikumpulkan dari tarif untuk sapi potong steer berkisar antara 78 hingga 80.000 Dong per kg bobot hidup di selatan hingga 81 hingga 86.000 Dong di utara.

Harga daging sapi segar di pasar basah juga tetap sama seperti bulan lalu meskipun telah terjadi kenaikan harga yang signifikan di supermarket yang disurvei (Kota Ho Chi Minh) dari Dong 282.000 per kg pada bulan Januari menjadi Dong 314.000 per kg bulan ini. Lihat foto di bawah ini dari VinMart di Kota Ho Chi Minh. Jika memungkinkan, semua harga daging sapi yang dikutip dalam laporan ini didasarkan pada daging knuckle (juga disebut round atau quadriceps muscle).

Jumlah yang diimpor selama Januari sekitar 23.000 dengan pengiriman untuk Februari dan bulan-bulan berikutnya diperkirakan akan jauh lebih rendah karena permintaan Vietnam turun dalam menghadapi kenaikan harga yang konsisten di Australia. Pelabuhan utama yang melayani Vietnam adalah Townsville di Queensland utara di mana harga telah meningkat pesat selama paruh kedua tahun 2020 menjadi sekitar AUD $ 3.80 per kg bobot hidup untuk sapi potong dengan laporan terbaru mencapai $ 4.00 per kg. Ternak Australia dijual dalam sistem pasar bebas tanpa intervensi pemerintah sehingga harga ditentukan murni oleh permintaan dan penawaran.

Faktor utama yang mendorong pasar sapi Australia saat ini adalah kondisi cuaca yang baik setelah kemarau panjang sehingga para peternak menahan sapi betina untuk memulai pembangunan kembali kawanannya, sementara restocker domestik secara agresif membeli sapi bakalan untuk memanfaatkan area padang rumput yang berlimpah.

Sementara importir Vietnam berada di bawah tekanan saat ini, pandangan jangka panjang pasar Vietnam sangat positif dengan Vietnam memberikan salah satu kinerja ekonomi terbaik selama Covid 19 tahun 2020. Lihat tabel di bawah ini yang menunjukkan Vietnam memimpin kawasan dengan Pertumbuhan PDB tahun 2020 sebesar 2,9% sedangkan mayoritas perekonomian Asia memberikan hasil yang negatif. Analis memperkirakan pertumbuhan PDB Vietnam untuk tahun 2021 antara 6 dan 9% yang hampir pasti akan mempertahankan posisinya sebagai perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Faktor-faktor yang perlu dicatat sebagai pandangan optimis termasuk pengelolaan pandemi Covid 19 yang sangat efektif bersama dengan migrasi industri manufaktur yang berkelanjutan dari China dan ke Vietnam. Industri pariwisata yang sangat penting juga diharapkan pulih pada tahun 2021 nanti.

Terlepas dari pandangan optimis tentang ekonomi Vietnam, masih banyak masalah serius yang dihadapi industri produsen makanan dalam negeri. Epidemi Demam Babi Afrika (ASF) yang sedang berlangsung telah mengakibatkan perdagangan ilegal besar-besaran yang menjual babi Vietnam melintasi perbatasan ke China di mana harga hampir dua kali lipat harga lokal. Hal ini berpotensi sangat mengurangi pasokan di negara bagian utara negara dan menaikkan harga jauh lebih tinggi.

Avian Influenza H5N6 telah dilaporkan di komunitas Quang Minh di Vietnam Utara sementara wabah Penyakit Kulit Lumpy yang dimulai pada sapi di distrik Loc Ha masih menyebar ke distrik lain meskipun ada tindakan pengendalian dari pemerintah.

Ekspor kerbau dari Darwin ke Vietnam terus berlanjut pada tingkat yang stabil dengan 3.825 dikirim pada 2019 dan 3.994 dikirim selama 2020.Hal ini menempatkan Vietnam sebagai importir kerbau Australia hidup terbesar kedua dengan Indonesia sebagai importer terbesar,  menerima pengiriman 6.252 pada tahun 2020.

Kerbau umumnya ditangkap di alam liar dan ditahan di pekarangan untuk waktu yang lama sementara mereka menyesuaikan diri dengan penanganan yang dekat, dilepas tanduknya dan diproses untuk ekspor. Harga pasar kerbau lebih murah dari pada sapi meskipun ada sejumlah biaya tambahan yang terkait dengan pengiriman kerbau termasuk kebutuhan ruang tambahan di kapal yang meningkatkan biaya pendaratan mereka di negara pengimpor.

Rumah potong hewan Rum Jungle di selatan Darwin berencana menyembelih hingga 420 kerbau per minggu atau sekitar 16-17.000 selama musim 2021. Produsen dan penuai kerbau di Northern Territory beruntung memiliki banyak pilihan penjualan termasuk ekspor hidup (bobot feeder dan bobot potong), penyembelihan lokal dan retensi betina yang lebih muda untuk program domestikasi.

Laporan ini adalah laporan pertama kali yang diterjemahkan ke dalam bahasa Vietnam. Penerjemahan ini didanai dengan baik oleh Northern Territory Buffalo Industry Council, sebuah organisasi yang mempromosikan kepentingan semua pihak yang terlibat dalam industri kerbau di Northern Territory yang merupakan satu-satunya bagian Australia yang memiliki kawanan kerbau liar dan peliharaan dalam jumlah besar. Kerbau ini awalnya diimpor dari Indonesia pada tahun 1860-an untuk mendukung salah satu pemukiman baru di pantai utara Australia dan kemudian dilepaskan ke alam liar ketika pemukiman tersebut gagal. Sejak saat itu hewan yang bertahan hidup telah berkembang biak lingkungan sub-tropis pantai utara. Kami berharap terjemahan ke dalam bahasa Vietnam akan memperluas pembaca laporan ini dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pelanggan kami tentang perdagangan ini. Jika ada yang ingin memberikan komentar atau saran, kami akan menerima dengan senang hati.

Untuk informasi lebih lanjut tentang industri kerbau Australia, lihat situs web mereka di www.buffaloaustralia.org

China: Sapi Potong, AUD $ 7.08 / kg bobot hidup (RMB 5.04 = AUD $1)

Harga sapi potong dalam mata uang lokal telah  menurun untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan terakhir dengan harga di Beijing turun ke Y36.2 sementara harga di Shanghai menurun lebih tajam ke Y35.2 per kg bobot hidup pada akhir Februari. Menurut saya, harga diperkirakan akan naik lagi karena permintaan tetap kuat dengan pasokan produk impor berkurang akibat pandemi. Harga daging babi naik lagi di Beijing tetapi stabil di Shanghai. Ekonomi China tampaknya sekarang bangkit kembali karena pandemi telah terkendali dan program vaksinasi yang sedang berjalan.  

Ekspor sapi potong hidup terus berlanjut pada tingkat yang tidak signifikan dengan total tahunan untuk tahun 2020 sebesar 10.895 ekor. Pada tahun yang sama 124.000 sapi pembibitan, terutama sapi perah, diekspor langsung ke China.

Filipina: Sapi Potong, AUD $ 3.45 / kg (Peso 37.7 = AUD $ 1)

Tarif tidak berubah dari bulan lalu di 130 Peso per kg bobot hidup untuk sapi potong steer di Mindanao. Kabar baiknya, vaksinasi Covid 19 telah dimulai di Filipina dimana penduduk sangat ingin mendapatkan suntikan vaksinasi danberharap untuk  bisa kembali normal sesegera mungkin. Foto-foto di bawah ini berasal dari supermarket S&R di Davao dimana reporter mencatat bahwa permintaan daging sapi normal tetapi ada kekurangan pasokan ayam karena harga telah naik 10% sejak bulan lalu dan rak supermarket kosong kurang dari satu jam setelah stocking.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.47 / kg (Baht 23.5 = AUD $1)

Saya telah menetapkan tingkat indikator pada Baht 105 per kg bobot hidup yang naik sekitar 4% dari bulan lalu. Rata-rata ini dihitung dari harga Februari 100THB untuk sapi gemuk 450-500kg dan 108-110THB untuk sapi gemuk 600kg dan lebih. Sapi bakalan dijual seharga 120 THB per kg bobot hidup. Agen saya melaporkan bahwa biaya pakan meningkat sementara pasokan sapi Myanmar hampir habis dan permintaan importir Vietnam menurun. Sentimen umum adalah pasar yang diperkirakan menurun dalam beberapa bulan mendatang. Dosis pertama vaksin Sinovac telah tiba dari China minggu lalu. Semua orang akan ditawari vaksin dengan urutan prioritas yang biasa, termasuk ekspatriat dan pekerja asing.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Catatan: Alih bahasa oleh PT. AIG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s