Maret Laporan Pasar : Industri Daging Asia Tenggara

Edisi ke-88 : Maret 2021.

Poin-poin utama

  • Harga sapi Australia tetap bertahan di rekor tertinggi dalam sejarah.
  • Jumlah ekspor langsung terus menurun.
  • Petugas stok kapal Greg Smith tewas secara tragis saat pelepasan ternak di pelabuhan Indonesia.


Indonesia: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.32 / kg bobot hidup  (
Rp11.100 = $1AUD)

Harga sapi potong steer untuk bulan Maret secara umum tetap stabil dengan tingkat indikator masih di Rp48.000 per kg bobot hidup yang dikonversi menjadi AUD $ 4.32 dengan menggunakan nilai tukar saat ini. Ironisnya angka ini adalah hampir persis dengan harga sapi bakalan di Darwin. Sebagai pedoman umum, biaya pengiriman sapi bakalan Australia di Darwin ke feedlot di Indonesia adalah sekitar AUD $ 1 per kg. Ini berarti feeder Australia hari ini akan mendarat di pelabuhan Indonesia dengan harga sekitar AUD $ 5,30 per kg kemudian digemukkan dan dijual seharga $ 4.30! Hal ini menjadi dilemma sederhana yang menyedihkan bagi feedlotter Indonesia yang memiliki kendali yang sangat terbatas atas harga jual sapi lokal mereka dan tidak ada sama sekali atas harga yang masuk dari Australia. Penambahan nilai selama periode pemberian pakan dapat menutupi sebagian dari kerugian ini, tetapi sulit untuk membayangkan importir yang cukup efisien untuk mendapatkan keuntungan ketika hewan yang disembelih akhirnya dijual dengan harga saat ini.

Greg “Whippy” Smith tewas secara tragis saat melepaskan sapi ternak dari sebuah kapal di pelabuhan Belawan, Sumatera, Indonesia. Buka tautan ini untuk informasi lebih lanjut.

Perubahan utama dalam penyamaan harga ini adalah meroketnya harga sapi Australia, sebagai akibat dari jatuhnya jumlah sapi nasional selama musim kekeringan berkepanjangan yang diikuti oleh musim tanam rumput yang sangat baik. Peternak sapi Australia membutuhkan sapi ternak untuk memakan rumput yang berlimpah dan mereka mendorong harga lokal secara agresif meskipun permintaan sapi potong dari rumah potong yang menyuplai ekspor dan pelanggan domestik tidak sekuat itu. Akibatnya, rumah potong hewan saat ini mengalami kerugian karena tidak dapat berhenti beroperasi begitu saja sampai struktur harga lebih menguntungkan kembali. Posisi ini sama persis dengan feedlot Indonesia yang tidak bisa berhenti beroperasi begitu saja tetapi harus melakukan yang terbaik untuk tetap beroperasi sambil meminimalkan kerugian hingga harga yang lebih menguntungkan kembali. Menurut saya, feedlot Indonesia yang saat ini memiliki kapasitas sekitar 30%, jumlah ini kemungkinan besar akan turun drastis karena penjualan pada bulan Ramadan mendatang, mengosongkan stok mereka sementara impor terus berlanjut pada tingkat yang lebih rendah dari biasanya. Sayangnya, statistik ekspor lamban dipublikasikan tetapi ekspor dari pelabuhan Darwin ke Indonesia pada bulan Maret hanya 5848 meskipun saya mengerti bahwa ada lebih banyak sapi yang diekspor dari pelabuhan Townsville dan Australia Barat. Total jumlah mungkin jauh lebih sedikit dari rata-rata bulanan sekitar 40.000 ekor.

Grafik di bawah ini menunjukkan total sapi bakalan yang diekspor dari Australia ke semua tujuan yang menurun dengan cepat. Mayoritas feeder ini diekspor ke Indonesia. Maret mungkin akan turun di bawah 20.000 ekor.

Meskipun ini adalah situasi yang berat bagi mitra kami di Indonesia, hal ini hanyalah bagian dari siklus alami fluktuasi harga komoditas yang akan pulih pada waktunya, mungkin mulai pertengahan 2021 ketika kondisi musiman akan mendukung penjualan feeder yang lebih besar sehingga harga yang lalu bisa turun. Grafik harga di atas menunjukkan bahwa baru bulan April 2020 harga feeder Australia turun ke level $ 2.60 sehingga struktur harga jelas tidak selalu menguntungkan Australia dan siklusnya bergerak relatif cepat dalam hal perdagangan komoditas internasional.

Perlu dicatat juga bahwa keseluruhan neraca perdagangan antara Australia dan Indonesia menguntungkan Indonesia dengan $ 8.3 miliar ekspor dikirim dari Australia sementara Indonesia menjual $ 9.4 miliar produk ke Australia (2019).

Barang terbesar yang dibeli dari Australia adalah gandum, sapi / daging sapi, minyak mentah dan kapas, sedangkan Australia mengimpor produk minyak bumi, mesin, furnitur dan alas kaki.

Pada Maret lalu, Asisten Wakil Menteri Peternakan dan Perikanan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Pujo Setio menjelaskan, “harga daging sapi topside di Indonesia lebih rendah dibandingkan di Korea Selatan, Jepang, China, Vietnam, dan Thailand”.

Jika Anda melihat tabel harga saya yang terlampir di bagian bawah laporan ini, Anda akan menemukan bahwa harga saya secara umum sesuai dengan pendapatnya. Sebagai penduduk Indonesia yang biasa selama 10 tahun terakhir, saya dapat memastikan melalui pengalaman pribadi bahwa harga makanan di Indonesia umumnya rendah atau lebih rendah daripada di tempat lain di Asia Tenggara.

Pemerintah Indonesia terus mencari alternatif yang lebih murah daripada sapi hidup dan daging sapi Australia, tetapi pilihannya sangat terbatas. Solusi pengiriman ternak hidup Meksiko yang mungkin telah terbukti jauh lebih mahal dari yang diharapkan. Daging kerbau beku dari India harganya murah tetapi sekali lagi, butuh waktu lama dan pengorganisasian yang cukup untuk memastikan persediaan yang cukup saat dibutuhkan. Bahkan daging sapi beku dari Brasil berkurang pasokannya dan dengan harga yang relatif tinggi, sementara prosessor Brasil melobi pemerintah mereka untuk mengizinkan impor sapi hidup dari Paraguay guna meningkatkan jumlah stok yang tersedia untuk disembelih!

Kasus New African Swine Fever (AFS) telah dilaporkan pada babi pekarangan di seluruh Jawa dan Sumatera selama bulan Februari. Lihat peta di bawah ini.

Sapi bakalan Darwin harga masih tercatat tetap tinggi dengan AUD $ 4.30 pada akhir Maret meskipun tanda-tanda pelemahan mulai terlihat. Harga Townsville juga tetap tinggi menjelang akhir Maret dengan kemungkinan $ 4 per kg untuk sapi potong.

Meskipun secara umum hujan masih lebat, namun masih ada sejumlah daerah di Queensland yang curah hujan musimannya yang tidak memadai tetapi daerah-daerah ini sekarang mewakili proporsi negara bagian yang relatif kecil sehingga tidak lagi berdampak pada harga. Hampir semua wilayah di Northern Territory saat ini memiliki curah hujan yang cukup baik pada musim hujan.

Vietnam: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.63 / kg (VND17.700 = $ 1 AUD)

Tingkat pemotongan sapi tetap stabil selama bulan Maret dengan tingkat indikator untuk sapi steer masih di Dong82.000 per kg bobot hidup. Dalam kasus importir Indonesia, mereka memiliki kesempatan untuk mengurangi biaya akhir dari penjualan hewan mereka dengan menambahkan nilai yang signifikan pada hewan tersebut melalui biaya penggemukan rendah yang diperoleh selama proses pemberian pakan yang sangat efisien. Namun, sekitar 80% importir Vietnam hanyalah pedagang, yang membeli dan kemudian menjual sapi gemuk. Saya menduga bahwa biaya pengiriman hewan dari Australia utara ke Vietnam kira-kira sama dengan biaya pengiriman ke Indonesia. Jika demikian, maka kita perlu menambahkan sekitar AUD $ 1 per kg bobot hidup dari sapi potong steer yang dikirim dari Townsville. Pada akhir Maret, nilainya adalah AUD $ 4 ditambah $ 1 = ~ $ 5 per kg CIF. Hewan gemuk ini kemudian diperdagangkan satu atau dua minggu setelah kedatangan dengan harga sekitar AUD $ 4,63. Berapa pun biaya pengirimannya, bisa dipastikan bahwa harga jual di Vietnam jauh di bawah total biaya pengiriman pada harga Aussie saat ini. Sekali lagi, seperti feedlot Indonesia dan pengolah daging Australia, mereka harus terus berdagang dengan kerugian dan berharap segalanya segera berbalik. Sayangnya, mengingat struktur bisnis yang terlibat, biaya untuk berhenti beroperasi bahkan lebih tinggi daripada tetap beroperasi.

Konsumen Vietnam sudah membayar dengan harga hampir tertinggi di Asia, hanya tarif dari China yang mengalahkan mereka dan kemudian hanya dengan selisih kecil sehingga tidak ada ruang lingkup yang cukup untuk kenaikan harga eceran yang signifikan.

Meskipun Vietnam terkenal dengan kinerjanya yang luar biasa dalam hal mengendalikan Covid 19, mereka kurang berhasil dalam menangani penyakit hewan. ASF masih menjadi masalah serius dengan jumlah infeksi besar yang sedang berlangsung. Wabah penyakit Lumpy Skin (LSD) juga terus menyebar dengan jumlah besar, sapi dan kerbau yang terkena dampak dan angka kematian ternak yang tinggi tercatat di beberapa daerah. Untungnya, tersedia vaksin yang sekarang sudah mulai diberikan. Konsumen cukup prihatin dengan penyakit Lumpy skin (LSD), dan dilaporkan menurunnya permintaan daging disebabkan kekhawatiran penularan ke manusia. Untungnya, LSD adalah penyakit virus pada sapi dan kerbau yang ditularkan oleh serangga dan tidak dapat ditularkan ke manusia.

Peta OIE ASF resmi. Tanggal 18 Februari adalah yang terakhir yang dapat saya dapatkan dari sumbernya.

China: Sapi Potong, AUD $ 6.95 / kg bobot hidup (RMB 5.03 = AUD$1)

Harga sapi potong telah turun lebih rendah di kedua wilayah, menurut laporan harga turun ke Y35.2 di Beijing dan Y34.8 di Shanghai. Pelemahan tarif ini telah mengalir ke sektor ritel di mana harga-harga telah turun secara substansial baik di pasar basah maupun supermarket. Harga daging babi eceran juga turun drastis meskipun wabah ASF sedang berlangsung di seluruh China. Lihat peta OIE di atas yang menunjukkan masalah yang sedang berlangsung, baik pada babi piaraan rumah tangga serta peternakan  dengan produksi yang lebih besar dan bahkan menyerang babi liar.

Menurut saya, penurunan harga selama bulan Maret ini tidak akan berlangsung lama karena periode konsumsi daging sapi tradisional yang tinggi di musim dingin akan segera tiba.

 Filipina: Sapi Potong, AUD $ 3,48 / kg (Peso 37.4 = AUD$1)

Tarif tidak berubah sama sekali selama bulan Maret termasuk saat festival Prapaskah Kristen di mana beberapa orang mengurangi konsumsi daging dan melakukan puasa. Agen saya melaporkan perbaikan umum dalam prospek ekonomi, meskipun Covid 19 masih menjadi masalah utama, terutama di Luzon.

Seperti terlihat pada peta OIE di atas, ASF masih menjadi masalah serius bagi produksi babi dengan mayoritas wabah baru di Luzon.

Thailand: Sapi Potong Steer, AUD $ 4.30 / kg (Baht 23.7 = $1AUD)

Harga sapi potong sedikit menurun dengan  tingkat penurunan yang cukup signifikan pada harga AUD di atas, terutama karena nilai tukar. Harga feeder tetap sangat tinggi dan ini mungkin disebabkan oleh penutupan yang sangat ketat dari perbatasan Myanmar / Thailand yang secara tradisional merupakan salah satu sumber utama feeder stock. Informan saya juga memberi tahu bahwa mereka percaya bahwa baru-baru ini ada laporan wabah pertama ASF di Thailand meskipun hal ini belum diberitahukan secara resmi melalui sistem pelaporan OIE.

Pertanyaan: Bagaimana Anda memberi makan 600 produsen ternak dan teman-temannya dengan steak yang luar biasa dengan 2 barbeque besar di gudang mesin di sebuah tambang di selatan Alice Springs? Tidak masalah, hubungi saja Chef Korporat MLA, Sam Burke dan beri dia tim dukungan dari Lasseters Casino dan semuanya akan dikerjakan dengan sempurna. Tidak bias mencari kesalahan dari kinerja luar biasa yang dijalankan dengan ketelitian militer. Akan sangat terbantu juga jika anda menggunakan daging wagyu yang luar biasa dari Australian Agricultural Company.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Alih bahasa oleh PT. AIG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s