Oktober Laporan pasar : Industri Daging Asia Tenggara

Edisi ke-95 : Oktober 2021.

Poin-poin utama :

• Importir Indonesia mengalami kerugian sekitar AUD $280 per ekor dari sapi potong steer.

• Tidak ada impor dari Australia ke Vietnam selama bulan Oktober.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $4.67/kg bobot hidup (Rp10.700 = AUD  $1)

Harga sapi potong steers sedikit mengalami peningkatan harga dari Rp49.000 menjadi Rp50.000 per kg bobot hidup pada akhir Oktober. Meskipun sedikit mengalami kenaikan, pasar masih sangat lemah dengan angka perdagangan yang cukup rendah. Sekali lagi, angka penjualan yang rendah ini semakin menambah masalah dengan menumpuknya sapi yang kelebihan berat badan di feedlot, membuat importer terus mengalami kerugian, karena mereka terus membayarpakan ternak yang sudah gemuk untuk digemukkan lagi yang akan menarik diskon lebih banyak. Harga tertinggi untuk sapi steer terbaik rendah lemak adalah seharga Rp52.000 per kg, sedangkan harga terendah untuk sapi steer yang terlalu gemuk adalah Rp46.000 per kg. Tarif pemotongan sapi sekitar Rp44.500 per kg.

Presentasi baru-baru ini dari importir Indonesia pada pertemuan QLEA di Townsville menunjukkan bahwa kerugian rata-rata importir berada di kisaran Rp6.000 per kg untuk stok jadi. Untuk sapi jantan gemuk seberat 500kg, kerugian ini berjumlah total Rp3.000.000 atau kerugian yang sangat besar sebesar AUD $280 per ekor. Pembicara juga menyarankan bahwa, demi kepentingan perdagangan di masa depan, produsen harus menurunkan harga mereka kepada pelanggan di Indonesia untuk mencegah keruntuhan total industri pengimpor dan melindungi pasar untuk masa depan mereka sendiri. Meskipun ini adalah argumen yang sangat logis dan masuk akal, saya sepertinya ingat proposisi serupa yang diabaikan beberapa tahun lalu selama masa kekeringan, harga rendah dan kesulitan yang diderita oleh produsen Australia ketika situasinya terbalik. Saya khawatir bahwa sudah menjadi sifat manusia bagi pelaku pasar untuk mengambil keuntungan dari peluang yang menguntungkan sekarang daripada mengalami kerugian untuk potensi keuntungan di masa depan. Terlepas dari simpati tulus yang dirasakan oleh produsen Australia atas penderitaan para importir, saya berharap pasar akan dibiarkan bergerak sendiri tanpa intervensi dari industri atau pemerintah. 

Pemerintah Australia melaporkan, pada bulan September menunjukkan angka 29.972 sapi bakalan yang diekspor ke Indonesia, sedikit menurun dari angka pada bulan Agustus yaitu 32.300. 14.806 feeder dikirim dari Broome, Australia Barat sedangkan sisanya 15.166 dikirim dari Darwin. Darren Gilbert dari Pelabuhan Darwin telah menginformasikan bahwa 8.185 sapi bakalan telah diekspor ke Indonesia selama bulan Oktober.

Kondisi  Covid-19 di Indonesia terus membaik dengan menurunnya kasus baru dan vaksinasi yang terus meningkat. Saya menduga banyaknya penurunan kasus baru ini dikarenakan fokus vaksinasi daripada pengujian seperti yang terjadi di sebagian besar negara lain di seluruh dunia. Pembatasan perjalanan masuk ditinjau dan dilonggarkan setiap beberapa minggu.

Agen saya di Jakarta memberi tahu bahwa mereka sekali lagi tidak dapat menemukan daging kerbau India (IBM) di supermarket yang mereka kunjungi untuk membandingkan harga pada akhir Oktober.

Pers Indonesia bulan ini memuat banyak artikel tentang pemerintah daerah Indonesia yang mengusulkan daftar panjang proyek peternakan sapi potong termasuk Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Aceh, NTT dan Sulawesi Selatan. Rintangan terbesar untuk memulai inisiatif ini adalah biaya. Pertama, jika ada yang mengira harga sapi steer saat ini mahal, itu tidak seberapa dibandingkan dengan kenaikan harga sapi breeder belakangan ini. Pembibitan sapi heiter di Australia berada pada tingkat premium sepanjang masa pada tahap proses pembangunan kembali kawanan nasional yang agresif ini sehingga biaya pengiriman skala kecil sapi heiter sekalipun, akan sangat besar. Hambatan berikutnya adalah akibat beberapa masalah dengan manajemen yang buruk dari kesejahteraan peternak dari beberapa pengiriman sebelumnya, perlu ada investasi yang besar dalam pemantauan pasca kedatangan serta kemungkinan pemulihan untuk setiap kelompok penerima yang tidak dapat menyediakan perawatan yang memadai. Saya dapat mengonfirmasi melalui pengalaman pribadi saya bahwa meskipun proses layanan purna jual ini sangat mungkin, namun biayanya akan sangat mahal.

Sebuah proyek baru-baru ini yang diselesaikan oleh Red Meat Partnership Indonesia-Australia dengan hati-hati membimbing dan mengukur sejumlah proyek peternak kecil di Indonesia selama periode 5 tahun. Hasilnya sekarang ditunjukkan dengan bukti kuat bahwa breeder Brahman Cross Australia mampu menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam sistem manajemen small holder, cut and carry. Contoh terbaik terletak di sebuah desa di luar Lampung di Sumatera Selatan. Proyek ini telah mencapai pertumbuhan, reproduksi, dan kinerja komersial yang luar biasa selama 5 tahun terakhir dan dengan bangga menunjukkan kepada siapa saja yang tertarik, bagaimana cara mereka melakukannya.

Peternak sapi Australia di KPT Lampung. Rata-rata tingkat kelahiran tahunan selama 5 tahun Lebih dari 90% sebagai hasil dari nutrisi yang sangat baik dan peternakan 365 hari dalam setahun.

Makanan campuran rumput yang dipotong dan produk limbah pertanian lokal. Angka kelahiran yang tinggi, angka kematian yang rendah dan biaya sumber pakan yang rendah memastikan profitabilitas yang kuat. Jika dilakukan dengan benar, model ini sederhana, dapat diulang, dan terbukti.

Sapi Bakalan Darwin sebenarnya sedikit megalami peningkatan harga selama bulan Oktober dengan penawaran harga terakhir untuk akhir bulan sebesar AUD $4.30 per kg bobot hidup. Harga Townsville tetap di sekitar AUD $3.80 untuk sapi gemuk.

Vietnam  :  Sapi Potong Steers AUD $4.82 / kg (VND17.000 =  AUD $1)

Tarif pemotongan tidak berubah dalam beberapa bulan terakhir dengan harga rata-rata masih di Dong 82.000 per kg bobot hidup untuk sapi jantan. Semua perhatian tertuju pada pelepasan sapi jantan Brasil setelah masa perpanjangan karantina pasca kedatangan. Waktu 45 hari tersebut akan berakhir pada minggu pertama bulan November sehingga karantina berakhir pada saat laporan ini diterbitkan. Hingga saat ini, sejumlah kecil hewan yang terluka telah dikirim dari karantina ke penyembelihan darurat dengan laporan dari penjual daging yang sangat positif. Saya diberitahu bahwa harga di Brasil telah menurun baru-baru ini, mungkin karena ketidakmampuan untuk mengekspor daging sapi olahan ke China dan negara lain. Jika harga rendah ini terus berlanjut maka harga ekspor ternak hidup di Vietnam akan menjadi lebih bersaing. Saya diberitahu bahwa harga CIF untuk sapi potong Australia yang mendarat di Vietnam pada akhir Oktober akan mendekati angka USD $4 per kg sedangkan CIF untuk sapi jantan Brasil mendekati angka USD $1 per kg penuh.

Tampilan grafik di bawah ini yang menunjukkan bahwa sebagian besar sapi di Brasil dipelihara di padang rumput yang akan memastikan bahwa sapi jantan ekspor hidup mereka tidak terlalu gemuk, persis seperti yang disukai para penjual daging dan konsumen Asia.

Harga eceran daging sapi, ayam, dan babi telah turun ke tingkat yang berbeda-beda di hampir semua pasar di seluruh Vietnam dengan daging babi menunjukkan penurunan harga yang paling signifikan. Daging sapi supermarket menunjukkan sedikit kenaikan pada akhir Oktober. Supermarket dan pasar tradisional kini sudah dibuka untuk umum meski banyak pembeli yang masih memilih menjauh dan terus membeli secara online. 

Seperti halnya di Indonesia, Vietnam juga mengalami kondisi peningkatan yang menggembirakan dalam situasi pandemi selama bulan Oktober, lihat di bawah.

Kasus baru turun dari 9000 per hari pada akhir September menjadi 4.500 pada akhir Oktober.

Total ekspor Australia ke Vietnam pada Agustus sebanyak 22.488 yang terdiri dari 12.038 sapi potong, 7.761 feeder, dan 2.689 breeder.

Total pada September turun menjadi 7.501 termasuk 843 feeder, 4.317 sapi potong, 65 kerbau dan 2.276 breeder.

Satu-satunya informasi yang saya miliki untuk bulan Oktober adalah bahwa tidak ada pengiriman ke Vietnam dari Townsville atau Darwin sehingga meskipun ada beberapa kapal dari pelabuhan Australia Barat, jumlah total ekspor mungkin akan turun pada tingkat yang bahkan lebih rendah dari September.

Tidak banyak perkembangan dalam situasi ASF bersama dengan banyaknya wabah baru di seluruh Vietnam selama bulan Oktober.

China :  Sapi Potong AUD $7.38 / kg bobot hidup (RMB 4.77 = AUD $1)

Harga sapi potong sedikit menguat di Shanghai sementara saya tidak mendapat laporan dari Beijing bulan ini. Harga daging sapi supermarket Shanghai telah meningkat sekitar 5% sementara harga eceran untuk daging babi naik lebih dari 40%. Bulan lalu, harga sapi dan babi mengalami penurunan.

Tampaknya pengiriman daging sapi beku Brasil tetap ditangguhkan menunggu penyelidikan lebih lanjut dari 2 kasus BSE atipikal. Hal ini memakan waktu lebih lama dari pemberitahuan sebelumnya pada tahun 2019 ketika perdagangan terputus hanya selama 10 hari. Brasil telah menjadi salah satu pengekspor daging sapi terbesar ke China selama beberapa waktu sehingga penghentian total pasti berdampak parah di kedua pasar.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.44 / kg (Peso 37.8 = AUD $1)

Menurut agen saya,di bulan Oktober ini harga daging sapi dan sapi hidup serta aktivitas bisnis secara umum “datar”, dengan pembatasan pandemi yang terus menahan aktivitas ekonomi nasional. Harga daging sapi dan sapi hidup tidak berubah selama berbulan-bulan. 

Harga bahan bakar naik seperti di negara lain di seluruh dunia, tetapi Filipina sangat sensitif terhadap peningkatan biaya energi karena mereka memiliki produksi minyak dalam negeri yang sangat sedikit. Penurunan kasus Covid-19 yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini cukup menggembirakan tetapi tingkat vaksinasi masih cukup rendah.

Jumlah kasus baru membaik tetapi tingkat vaksinasi masih rendah.

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $3.27 / kg (Baht 24.8 = AUD $1)

Harga sapi potong kembali turun bulan ini dengan harga sapi potong ringan 82 THB per kg dan sapi potong berat dijual 80 THB per kg. Sapi Feeder turun hingga 100-105 THB per kg. Daging sapi di pasar tradisional tidak berubah pada 230 THB per kg. Seperti terlihat pada grafik JHU di bawah ini, kasus baru Covid-19 turun meski belum cukup bagi perekonomian untuk kembali beraktivitas normal pra-Covid-19, terutama sektor vital wisata mancanegara. Pasar tradisional dan supermarket sepenuhnya terbuka untuk umum dan tidak ada lagi jam malam yang membatasi pergerakan publik. Agen saya tidak mendengar berita apa pun dari dalam Myanmar kecuali ada sejumlah besar warga Burma yang melintasi perbatasan ke Thailand secara ilegal menunjukkan bahwa situasi politik tidak lebih baik justru semakin buruk.

Turun dari puncak kasus baru 21.000 per hari di bulan Agustus

Masih bepergian di Amerika Serikat.

Restoran Meksiko Riviera di El Paso Texas mendapat skor 9,5 dari 10. Hidangan di atas adalah taco daging sapi dan ini adalah cara luar biasa untuk makan daging sapi yang dicampur dengan kacang, nasi, keju, dan sayuran yang disajikan di atas taco lembut (roti pipih ).

Biasanya, saya akan mencoba hidangan daging sapi ketika saya mengunjungi tempat baru tetapi dalam hal ini saya tidak bisa menolak sandwich Aligator. “Po Boy” adalah nama slang yang diberikan untuk sandwich besar yang cocok untuk “Poor Boy” yaitu, besar dan murah untuk mengenyangkan perut orang miskin. Di Bourbon Street, New Orleans, sandwich ini sangat besar tetapi begitu juga harganya. Tentu saja, terlalu mahal untuk orang miskin. Mengingat bahwa harga ini dalam USD$, jadi ikan Po boy adalah AUD$24 dan Aligator Po boy adalah AUD$26!! (@AUD75 sen) Tapi saya membuat pilihan yang tepat karena aligator gorengnya enak.

Aligator goreng Po Boy ini luar biasa dan terlalu banyak untuk dihabiskan oleh “orang miskin” ini.

Saya tidak memiliki pengalaman dengan daging sapi selama kunjungan saya ke Washington DC minggu ini tetapi kebijakan yang disahkan di gedung Capitol ini dan Big House ini mungkin memiliki kapasitas untuk mengubah arah pasar daging sapi global lebih dari tempat lain mana pun di dunia.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s