Februari Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke-99 : Februari 2022.

Poin-poin utama :

·        Harga pangan dunia termasuk daging sapi naik dengan cepat tanpa tanda akan berakhir.

·        Harga sapi Australia terus naik tetapi harga eceran tetap stabil. Salah satu harus berhenti.

·        Jika Penyakit Kulit Lumpy sampai ke Australia, akibatnya akan menjadi bencana yang besar.

Indonesia : Sapi Potong Steers AUD $5.05/kg bobot hidup (Rp 10.400 = AUD $1)

Hanya ada sedikit kenaikan harga bulan ini dengan indikator kenaikan harga dari Rp52.000 menjadi Rp52.500 per kg bobot hidup untuk sapi potong steers. Sedikit kenaikan harga ini merupakan refleksi bahwa bulan depan adalah bulan Ramadhan, jadi masuk akal untuk menolak penjualan dengan harga diskon karena banyak feeders tahu bahwa permintaan akan mencapai puncaknya selama bulan Ramadhan mendatang dan minggu berikutnya pada perayaan Lebaran. Kisaran harga tertinggi dari Rp 49.000 di Lampung hingga Rp55.000 per kg untuk hewan dengan kualitas terbaik di Jawa Barat.

Rumah Potong Hewan dan pedagang daging di wilayah Jabodetabek melakukan pemogokan selama bulan Februari (artikel Beef Central) memprotes tingginya harga sapi dan daging sapi dengan harapan pemerintah dapat menurunkan harga dan meningkatkan pasokan. Sayangnya, harga sapi hidup dan daging sapi yang tinggi saat ini merupakan gejala inflasi pangan global dan bukan hambatan rantai pasokan sederhana yang dapat diperbaiki oleh pemerintah. Seluruh dunia sudah menghadapi inflasi yang meningkat pesat jauh sebelum Rusia menginvasi Ukraina. Efek sekunder dari perang saat ini adalah harga energi dunia, pupuk, dan gandum menjadi lebih tinggi. Hal ini akan mendorong inflasi pangan semakin tinggi tanpa ada negara yang kebal terhadap dampaknya, terutama yang mengandalkan impor dalam jumlah yang signifikan. Biaya produksi, pemrosesan, dan pengangkutan daging sapi akan terus meningkat seiring harga bahan bakar yang melambung tinggi sehingga tampaknya hanya ada sedikit harapan bahwa tindakan yang diambil oleh pemerintah atau industri akan dapat menekan harga eceran daging sapi. 

Pemerintah Indonesia telah melakukan sejumlah perubahan kebijakan untuk mencoba mengurangi dampak kenaikan harga.

·        Pedagang daging membatalkan rencana mogok kedua setelah pemerintah menjamin memasukkan 78.000 ekor ke Pulau Jawa untuk perayaan Idul Fitri. Stok akan bersumber dari 10 provinsi dengan bantuan Kementerian Pertanian. Ini adalah kabar baik di Pulau Jawa tetapi tampaknya akan mendorong  kenaikan harga di provinsi-provinsi dimana stok ini berasal.

·        Badan Pangan Nasional (Bapanas) telah meminta importir swasta untuk bergabung dalam proses impor daging sapi untuk membantu meningkatkan pasokan dan menstabilkan harga. Sebelumnya, pemerintah telah mengurangi kapasitas perusahaan swasta untuk terlibat dengan Badan Usaha Milik Negara yang berperan utama dalam impor daging sapi dan kerbau India. Perusahaan swasta dapat bergerak jauh lebih cepat daripada birokrasi pemerintah yang panjang sehingga langkah ini mungkin berdampak positif meskipun harga daging sapi impor akan mengacu pada harga pasar dunia, sehingga hasilnya kemungkinan besar akan lebih banyak daging sapi yang diimpor pada saat yang tepat untuk permintaan konsumen tetapi tetap saja dengan harga tinggi.

·        Bapanas juga akan mengembangkan strategi untuk mempercepat distribusi cadangan daging dari stok nasional.

·        Para importir didorong untuk mencoba impor daging sapi dari pasar selain Australia, termasuk Brasil dan Meksiko.

·        Kementerian Badan Usaha Milik Negara melalui Bulog sudah mulai menggelar pasar murah di sejumlah kelurahan di wilayah Jakarta dengan menggunakan stok BUMN.

Peta impor/ekspor gandum dari Peter Zeihan : Rusia adalah pengekspor gandum terbesar di dunia, Ukraina adalah pengekspor terbesar ke-5. Indonesia adalah importir.

Bulan lalu, salah satu usulan untuk menekan biaya pakan ternak di Indonesia adalah beralih dari produk limbah pertanian lokal ke gandum impor Australia. Mengingat kemungkinan dampak dari perang terhadap harga gandum global (dan biji-bijian lainnya), opsi ini mungkin tidak lagi dipertimbangkan.

Inisiatif baru pemerintah lainnya terkait ketahanan pangan adalah Commodity Balance. Kebijakan ini bertujuan untuk mendukung transparansi impor/ekspor, menyediakan data perdagangan komoditas yang akurat, meningkatkan investasi dan lapangan kerja di sektor-sektor tersebut, menjamin ketersediaan barang konsumsi dan memperhatikan kepentingan semua pihak dalam rantai pasok termasuk usaha kecil. Saat ini ada lima komoditas dalam neraca komoditas antara lain beras, daging, gula, ikan, dan garam. Saya perhatikan bahwa di Bali minggu ini, sejumlah orang memberi tahu saya bahwa gula tidak lagi tersedia di banyak gerai ritel dan apabila tersedia gula hanya dibatasi untuk pembelian kecil saja.

Knuckle di Pasar Modern pasar tradisional di BSD City, Tangerang, Jakarta. Pilihan daging dengan kandungan lemak terendah. Harga tidak berubah di Rp150.000 per kg.

Tidak tersedia knuckle di supermarket Superindo, BSD selama kunjungan kami, namun ada banyak topside dengan harga diskon Rp 149.500/ kg atau AUD $14.38.

Sapi Bakalan Darwin harga terus naik dengan sedikit peningkatan menjadi AUD $5.45 di akhir Februari naik dari $5.35 di Januari. Permintaan dan penawaran dunia tampaknya tidak terpengaruh oleh perang saat ini, jadi tampaknya harga ini bertahan setidaknya untuk jangka pendek.

Harga sapi bakalan ini diterjemahkan menjadi harga CIF di Indonesia sebesar USD $4.50 = AUD $6.16 CIF @ Rp10.400 = harga terkirim Rp 64.100 per kg sedangkan harga jual sapi setelah digemukkan sebesar Rp 52.500 per kg.

5 kapal mengekspor ternak hidup dari Pelabuhan Darwin ke Indonesia selama Februari dengan total pengiriman sekitar 17.800 ekor dimana sekitar 800 ekor di antaranya adalah kerbau.

Vietnam : Sapi Potong Steers AUD $5.09 / kg (VND 16,500 = AUD $1)

Sekali lagi harga sapi potong telah naik dengan rata-rata sebesar Dong 1.000 menjadi Dong 84.000 per kg bobot hidup selama bulan Februari, walaupun hal ini membuat para importir tidak senang karena harga jual mereka masih jauh di bawah harga beli mereka. Informasi yang saya dapat, tarif CIF untuk sapi potong/sapi jantan yang dikirim ke Vietnam saat ini adalah sekitar USD $4,40 per kg bobot hidup. USD $4,40 @ AUD 73 sen = AUD $6,03 per kg CIF @ Dong 16.500 = CIF Dong 99.450 per kg harga terkirim. Dengan harga jual Dong 84,000, Anda tidak perlu kalkulator untuk melihat seberapa besar kerugian yang dialami para importir. Mengimpor sapi jantan yang rendah lemak, hasil tinggi, dan kerbau yang lebih murah adalah strategi yang bagus tetapi tidak cukup bagus untuk mendapatkan hasil impas. Tidak ada sapi yang diekspor dari Townsville atau Darwin ke Vietnam bulan ini.

Peternak Vietnam sama sekali tidak beruntung dengan Demam Babi Afrika (ASF) dan Penyakit Kulit Lumpy (LSD) yang menyebabkan kerugian besar bagi populasi babi dan sapi mereka, tetapi sekarang cuaca yang sangat dingin telah mengakibatkan sejumlah besar (1.000+) kematian pada ternak dan kerbau di beberapa provinsi bagian utara. Lihat foto di bawah ini dimana para petani membuat api unggun untuk menghangatkan ternak mereka.

Foto dari internet : Peternak di utara Vietnam melindungi ternak mereka dari cuaca dingin yang ekstrim dengan menyalakan api untuk menghangatkan ternak mereka.

VinMart mengimpor Knuckle Australia @ AUD $16,18 per kg. Pengecer tampaknya berhasil menjaga harga meskipun ada kenaikan harga baru-baru ini di seluruh dunia.

Vietnam memiliki hubungan yang baik dengan Rusia karena mereka adalah pendukung paling setia mereka selama perang Vietnam/Amerika. Selama setengah tahun pertama 2021, Rusia menjadi pengekspor daging terbesar ke Vietnam. Dari Januari hingga Juni, Rusia mengekspor sekitar 55.000 ton daging babi, 6.100 ton ayam, dan 990 ton daging sapi ke Vietnam dengan nilai total USD $121 juta. Perdagangan ini sekarang kemungkinan akan terganggu karena pengiriman produk komersial ke dan dari Rusia sedang dibatasi karena sanksi keuangan dan ketidakmampuan pedagang untuk mendapatkan asuransi kargo komersial yang masuk atau meninggalkan pelabuhan Rusia.

Grafik FAO ini menunjukkan tren harga babi hidup di Asia Tenggara dan China. Sebagian besar peternakan babi komersial menggunakan ransum berbasis biji-bijian sehingga harga di atas kemungkinan akan bergerak naik dalam waktu dekat.

China :  Sapi Potong AUD $7.70 / kg bobot hidup (RMB 4.60 = AUD $1)

Harga sapi potong tidak berubah selama bulan Februari dengan tingkat harga tetap  bertahan di Yuan 35.4 per kg bobot hidup yang dikonversi ke tingkat AUD yang sedikit lebih rendah dari Januari karena pergerakan mata uang. Harga daging sapi di pasar tradisional dan supermarket juga tidak berubah sementara harga daging babi turun secara substansial di Beijing dan Shanghai.

China adalah pengimpor gandum yang besar dan konsumen produk minyak bumi terbesar di dunia sehingga mereka akan menyaksikan perang Rusia/Ukraina dengan sangat prihatin karena dampaknya pasti harga bahan bakar energi akan melonjak di seluruh dunia dan inflasi bahan pangan baru saja dimulai. Kedua faktor ini akan memiliki implikasi serius bagi perekonomian China dan kehidupan sehari-hari konsumen. Biro Statistik Nasional melaporkan bahwa harga sayuran segar di China melonjak 30,6% November lalu dibandingkan tahun lalu. Ini mengikuti kenaikan tahun ke tahun sebesar 15,9% pada bulan Oktober, kenaikan ini dikaitkan dengan banjir parah dan peristiwa cuaca ekstrem lainnya. Naiknya harga biji-bijian global akan menjadi pukulan besar bagi industri ayam dan babi yang sangat bergantung pada biji-bijian impor terutama kedelai dari Amerika utara dan selatan. Sementara gandum adalah yang pertama terkena dampak perang, ini akan mengalir ke semua biji-bijian lainnya karena pasar dunia menyesuaikan diri dengan defisit Rusia dan Ukraina.

Filipina  :  Sapi Potong AUD $3.40 / kg (Peso 37.6 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong domestik di Peso bulan ini dengan stabilitas yang sama pada harga daging sapi di pasar tradisional dan supermarket. Mengingat sensitivitas yang tinggi di Filipina terhadap harga energi, stabilitas ini tampaknya akan segera berakhir. Harga bahan bakar yang lebih tinggi secara tajam akan menghantam seluruh perekonomian di Filipina yang sangat bergantung pada logistik transportasi di seluruh bagian kepulauannya yang jauh.  

Agen lokal saya memberi tahu saya bahwa tangki bensin di mobilnya yang biasanya terisi sekitar 2.000 Peso sekarang berharga 3.500 peso. Harga bensin sekarang 54 peso per liter. Perang Rusia/Ukraina dan pemilihan presiden yang akan datang telah mendorong Covid 19 keluar dari topik utama.

Peta ASF FAO di bawah ini menunjukkan bahwa peternak babi Filipina terus mengalami wabah baru selama bulan Februari. Wabah baru lainnya telah dilaporkan di Thailand, Laos dan Kamboja bulan ini.

Thailand tampaknya melaporkan sebagian besar wabah baru di bulan .

Thailand  :  Sapi Potong Steers AUD $4.64 / kg (Baht 23.7 = AUD $1)

Harga sapi potong dan daging sapi pasar tradisional tetap stabil dalam mata uang Thailand selama sebulan. Agen saya melaporkan bahwa angka inflasi resmi Thailand naik 5,3% selama Februari sehingga kemungkinan harga daging sapi akan segera naik. Banyaknya wabah ASF seperti yang ditunjukkan pada peta FAO di atas akan menunjukkan bahwa industri daging babi mereka akan berada di bawah tekanan berat mencoba mengendalikan penyakit sehingga tidak diragukan lagi akan mempengaruhi tren konsumsi daging sapi. Tingkat infeksi Covid 19 baru juga sangat tinggi saat ini.

Akhirnya, kembali ke Bali setelah 23 bulan bepergian.

Itu kabar baiknya. Kabar buruknya adalah kabar resmi bahwa Lumpy Skin Disease (LSD) telah terkonfirmasi pada sapi di wilayah Riau Sumatera. Mengingat bahwa penyakit ini ditularkan melalui gigitan serangga, virus ini kemungkinan akan menyebar ke seluruh rantai pulau Indonesia meskipun upaya terbaik dari pemerintah untuk mengendalikan penyebaran menggunakan vaksinasi dan langkah-langkah biosekuriti. Begitu virus mencapai Timor, jaraknya hanya sekitar 800 km dari utara Australia dan kawanan sapi serta kerbau besar. Jika virus ditularkan oleh serangga maka pergerakan kemungkinan akan terjadi selama musim muson timur laut ketika angin bertiup dari Timor menuju Australia utara.

Di Asia dan sebagian besar dunia lainnya, ternak berada di bawah perawatan harian yang ketat oleh pemiliknya. Ini berarti bahwa penyakit yang sebagian besar tidak mematikan seperti LSD dapat dikendalikan dengan penanganan segera menggunakan perawatan topikal, perlindungan dari cuaca buruk, perawatan umum dan jika perlu, antibiotik untuk mengobati infeksi sekunder. Tetapi situasinya jauh lebih serius dalam kasus kawanan sapi pastoral dan kerbau liar di utara Australia. Simak foto-foto gejala klinis pada anakan sapi di bawah ini. Sekarang bayangkan apa akibatnya jika anak sapi dalam kawanan peternakan pastoral yang ekstensif menderita jenis penyakit kulit ini (dan banyak gejala klinis lainnya) selama musim hujan tanpa kapasitas untuk perawatan individu. Di Indonesia dan sebagian besar wilayah dunia untuk mencapai cakupan vaksinasi 100% bukanlah tugas yang sulit. Penghimpunan normal di utara Australia biasanya jauh di bawah 100% sehingga cakupan vaksinasi tidak akan lengkap meninggalkan inti hewan yang rentan agar virus dapat bertahan hidup dan melanjutkan penularan. Inilah alasan saya membuat pernyataan bahwa saya percaya bahwa ini adalah ancaman paling serius bagi kawanan sapi Australia sejak saya lulus pada tahun 1975. Lihat di bawah daftar tanda-tanda klinis penyakit yang disalin dari manual veteriner Merck. Mereka mengatakan bahwa sekitar 50% hewan akan mengalami tanda-tanda ini meskipun kematiannya cukup rendah. Tetapi komentar ini merujuk pada ternak yang dikelola secara intensif dan diberikan perawatan yang tepat waktu. Daftar di bawah ini tidak termasuk aborsi dan penurunan kesuburan yang signifikan yang juga dapat diharapkan. Setelah tinggal di Australia selama lebih dari 40 tahun, saya percaya bahwa hasil dari pengenalan infeksi virus ini ke kawanan sapi pastoral utara akan menjadi bencana besar. Vaksin tersedia tetapi menurut saya jauh dari sempurna. Kami membutuhkan upaya mendesak untuk mengembangkan vaksin baru yang dapat memberikan perlindungan yang lebih baik untuk sumber daya yang sangat berharga ini. Sejak saya tiba di Northern Territory pada tahun 1979, harga yang diterima oleh produsen kami sangat rendah dalam beberapa tahun terakhir. Setelah menunggu selama ini untuk pengembalian harga yang wajar atas kerja keras dan investasi mereka, produsen utara sekarang menghadapi ancaman yang berpotensi merusak kapasitas produktif dan pendapatan mereka, belum lagi implikasi kesejahteraan hewan yang sangat buruk.

Catatan tentang LSD dari Manual Veteriner Merck online.

Foto ini dari laboratorium veteriner Pirbright di Inggris. Bahkan jika lesi pada anak sapi pastoral di musim hujan utara hanya 25% separah ini, nyawa anak sapi ini akan berada pada risiko yang serius.

Foto ini dari Farmers Weekly di Zambia.

Foto lain dari Farmers di Zambia

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s