Juli Laporan Pasar : Industri Daging Sapi Asia Tenggara

Edisi ke 104 : Juli 2022.

Poin-poin utama :                 

  • Penyakit Mulut & Kuku terus menyebar ke seluruh Indonesia.
  • Kemajuan vaksinasi sangat lambat.
  • Harga sapi Australia turun tajam.

Indonesia : Sapi Potong Steer AUD $5.15/kg bobot hidup (Rp 10.300 =  AUD $1)

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus menjadi penyebab utama pada dinamika ternak hidup dan daging sapi di seluruh Indonesia. Beberapa penyembelihan darurat PMK secara acak di daerah produksi sapi utama di Pulau Jawa dan Sumatera telah mengakibatkan volatilitas yang ekstrim pada harga sapi hidup meskipun harga untuk daging sapi eceran tidak terlalu terpengaruh. Gabungan dari jumlah vaksinasi yang rendah, kompensasi yang tidak memadai, dan pengorganisasian yang buruk, dari upaya pengendalian epidemi telah mengakibatkan semakin rentannya penyakit ini untuk terus menyebar ke banyak populasi ternak yang tersisa.

Fluktuasi pasokan yang sangat tajam telah mendorong harga sapi gemuk hidup dalam kisaran rendah Rp 15.000 untuk penyembelihan darurat hingga Rp 59.000 untuk sapi steer dan pejantan bebas penyakit kualitas terbaik. Sebagai gambaran, saya menggunakan rata-rata Rp 53.000 per kg hidup sebagai tingkat indikator bulan ini, meskipun ini hanya tersedia untuk sapi sehat yang bebas masuk ke rumah potong hewan.

Daging Kerbau India (IBM) terus terjual dengan baik dengan volume bulanan 10-12.000 ton. Harga tetap luar biasa tinggi di Rp 129.000 per kg meskipun harga impor sekitar setengah dari nilai itu. Ada yang tidak beres di sini.

Pemilik ternak kecil enggan untuk melaporkan infeksi karena mereka tidak yakin mendapatkan kompensasi yang memadai dan lebih memilih untuk mengirim sapi yang diduga terinfeksi untuk disembelih bahkan jika itu berarti potongan harga.

Lihat di bawah, proses resmi untuk mengklaim kompensasi atas pemotongan wajib bagi hewan yang terinfeksi PMK.

  1. Peternak yang terdampak harus melampirkan fotokopi KTP/KK.
  2. Ternak tersebut harus sudah tercatat dan dilaporkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan ke sistem informasi kesehatan hewan digital (iSIKHNAS).
  3. Pemilik harus memiliki sertifikat kepemilikan hewan yang ditandatangani oleh kepala desa atau camat setempat.
  4. Pemilik harus melampirkan Sertifikat Stamping yang dikeluarkan oleh dokter hewan setempat.

Gabungan Departemen Pemerintah, Polisi dan Militer untuk mengendalikan pembatasan pergerakan ternak tampaknya tidak terkoordinasi dengan baik sehingga mengakibatkan pembatasan yang berbeda di berbagai area tergantung pada siapa yang bertanggung jawab. Jumlah vaksinator tidak mencukupi dengan polisi dan tentara yang menjalani pelatihan untuk mendukung peran ini. Sekali lagi, kumpulan tanggapan ini telah mengakibatkan kebingungan dan perlawanan. Sebuah tag telinga baru menggunakan teknologi kode QR sedang dikembangkan di Indonesia tetapi belum tersedia, sehingga identifikasi hewan yang divaksinasi sampai saat ini dalam banyak kasus tidak dapat diandalkan. Pihak berwenang masih membuat peraturan yang tidak memungkinkan bagi perusahaan swasta untuk mengimpor dan mengirimkan vaksin mereka sendiri. Singkatnya, respon terhadap wabah sejauh ini kacau, sebagian besar tidak efektif dan malah berpotensi mendorong penyebaran penyakit.

Awalnya 3 juta dosis vaksin PMK diimpor dan 800.000 dosis sudah didistribusikan pada bulan Juni. Sebagian besar dosis vaksin telah digunakan, sementara 2,2 juta dosis sisanya dirilis untuk digunakan menjelang akhir Juli. Masalahnya sekarang adalah memasukkan dosis baru ini kepada hewan dengan cepat dan efisien. Dengan rencana untuk menggunakan mahasiswa, polisi, militer, dan kedokteran hewan untuk kapasitas vaksinasi tambahan, tampaknya aneh bahwa pemerintah Australia tidak diminta untuk berkontribusi pada tenaga dan sumber daya yang dibutuhkan untuk upaya percepatan vaksinasi ini. Menteri Pertanian Australia telah memberikan sejumlah tawaran dukungan, tetapi protokol diplomatik tidak memungkinkan untuk mengetahui mengapa Indonesia tidak menginginkan lebih banyak bantuan. Dari sudut pandang pribadi saya, mengapa tidak membiarkan Australia mendanai dan mendukung program vaksinasi di Bali? Hal ini akan memungkinkan sumber daya yang langka untuk digunakan di tempat lain di Indonesia sementara upaya Bali akan memberikan perlindungan terbaik bagi Bali dan industri Australia. Pada akhir Juli jumlah vaksinasi nasional telah mencapai sekitar 1 juta dosis dengan sekitar 30.000 dosis disuntikkan di Bali.

Pemerintah Australia akhirnya setuju untuk memasang footbath di semua bandara yang menerima penerbangan langsung dari Bali.

Pemerintah Indonesia telah membuat situs web yang menyediakan data langsung tentang perkembangan wabah PMK. Lihat tangkapan layar di bawah ini dari 30 Juli.

Ini adalah open source di https://siagapmk.crisis-center.id/

Meskipun jumlah permintaan informasi sangat tinggi, kami masih belum mengetahui asal mula virus PMK. Apakah dari hewan selundupan dari Malaysia atau daging kerbau India yang terinfeksi atau sumber lain? Ada beberapa artikel dari surat kabar yang membahas hal ini, tetapi kami membutuhkan bukti ilmiah, bukan artikel pers yang kami jadikan sumber informasi. Sangat mudah untuk mengidentifikasi kode genetik virus yang saat ini sedang berkecamuk di seluruh wilayah Indonesia dan mencocokkannya dengan kode genetik dari sumber potensial. Ini adalah pekerjaan 24 jam untuk laboratorium spesialis. Mengapa bagian penting dari informasi investigasi penyakit rutin ini sangat dirahasiakan?

Penyakit Kulit Lumphy (LSD).

Penyakit yang sangat penting ini tidak begitu dikhawatirkan karena nyatanya gagal menyebar ke luar Sumatera bagian tengah dan utara. Menurut saya, hal ini mungkin karena arah angin muson timur laut, saat ini mencegah virus yang membawa serangga bergerak ke selatan. Kita hanya perlu menunggu sampai bulan Oktober ketika angin berbalik dan bergerak dari utara untuk mengetahui apakah proposisi ini benar atau tidak.

Sapi bakalan steer Darwin harga telah mengalami penurunan yang signifikan selama bulan Juli. Harga telah turun dari sekitar $4.80 pada bulan Juni menjadi $3.85 pada akhir Juli terutama karena kondisi cuaca yang buruk di Australia utara yang menyebabkan kekurangan rumput secara mendadak. Biasanya hal ini akan menjadi sangat menarik bagi importir Indonesia, apabila tidak terjadi PMK dan kekurangan vaksin untuk melindungi stok pada saat kedatangan. Terlepas dari risiko ekstrim bagi sapi feeder yang masuk ke dalam epidemi PMK yang mengamuk, total 4 pengiriman yang membawa 9.900 ekor ternak, berangkat dari Darwin selama bulan Juli, dengan dua menuju Medan di Sumatera Utara dan dua diturunkan di Lampung di Sumatera Selatan. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kawanan ternak Indonesia dengan cakupan vaksinasi yang luas, semakin banyak ternak berukuran besar yang harus disembelih secara darurat. Mempertimbangkan respon yang buruk hingga saat ini, tampaknya sejumlah besar sapi besar akan menghilang dari pasar pada akhir tahun ini, meninggalkan kesenjangan besar dalam pasokan untuk tahun 2023.

Vietnam : Sapi Potong Steer AUD $5.44 / kg (VND 16,000 = AUD $1)

Tidak ada perubahan harga sapi potong lokal bulan ini dengan tingkat indikator yang tersisa di Dong 87.000 per kg bobot hidup. Kenaikan angka AUD di atas merupakan akibat dari melemahnya nilai tukar secara signifikan antara AUD dan Dong. Harga akhir Juli untuk ternak besar yang mendarat di Townsville rata-rata sekitar $4.30 per kg hidup dan terus menurun. Vietnam kemungkinan akan menjadi penerima manfaat yang signifikan dari jatuhnya harga sapi dan melemahnya AUD/Dong sehingga kemungkinan besar kita akan melihat peningkatan pesat dalam pengiriman sapi besar dari Townsville ke semua pelabuhan Vietnam dalam beberapa bulan mendatang. African Swine Fever (ASF) terus menjangkiti industri babi lokal dan mungkin berpengaruh pada harga sapi hidup dan daging sapi yang sangat kuat. Departemen Kesehatan Hewan Vietnam sedang menguji coba vaksin ASF baru yang diproduksi oleh Navetco mulai bulan Juli 2022 dengan pemberian 600.000 dosis di peternakan skala kecil. Semoga hasilnya positif.

Knuckle sapi Australia impor dijual online seharga AUD 16.60 per kg.

Foto dari koran Nghe An tentang seekor sapi jantan dengan LSD. Penyakit ini terus menjadi masalah serius di berbagai daerah di Vietnam.


China : Sapi Potong AUD $7.14 / kg bobot hidup (RMB 4.62 = AUD $1)

Harga sapi potong melemah dari Y33.7 di bulan Juni menjadi Y33.0 di bulan Juli. Tarifnya sama untuk daerah Beijing dan Shanghai. Tidak ada gambaran jelas tentang pergerakan harga daging dengan banyak gangguan pasar akibat lockdown Covid 19 dan kekhawatiran ekonomi.

Filipina :  Sapi Potong AUD $3.28 / kg (37.75 Peso = AUD$1)

Tidak ada perubahan lagi pada tarif penyembelihan selama 7 bulan berturut-turut dengan indikator tarif tetap pada 128 Peso per kg bobot hidup. Harga daging sapi basah dan supermarket umumnya tidak berubah. ASF terus bergerak lambat ke selatan menuju ujung selatan Mindanao di mana jumlah babi yang dihasilkan sangat besar. Lihat foto di bawah pos pemeriksaan biosekuriti tambahan untuk membersihkan kendaraan yang datang dari utara. Harga bensin telah turun kembali dari 90 Peso per liter bulan lalu menjadi 75 Peso di bulan Juli.

Peta ASF saat ini dari FAO.

Thailand  :  Sapi Potong Steer AUD $4.03 / kg (Baht 24.8 = AUD $1)

Sangat sedikit aktivitas di pasar bulan ini dengan tarif penyembelihan sapi sekitar Baht 100 per kg bobot hidup. Dengan sedikitnya pembelian dalam beberapa bulan terakhir, diharapkan feedlot akan mengosongkan stok mereka selama bulan Agustus dan memulai aktivitas pembelian lagi yang dapat mengangkat harga baik untuk sapi potong maupun sapi bakalan. Vietnam tetap menjadi pembeli utama di pasar sapi gemuk Thailand selama bulan Juli.

Daging sapi di Dubai.

Saya melintasi Dubai pada akhir bulan Juli dalam perjalanan ke pesta pernikahan di Skotlandia. Grand Dubai Mall memiliki supermarket Waitrose (UK) yang megah yang mencakup banyak pilihan daging berkualitas dari seluruh dunia. Produk Australia dan Selandia Baru sangat menonjol dan menurut saya menawarkan kualitas dan nilai terbaik.

Angus Rib Eye dan Wagyu Australia masing-masing seharga AUD $82,70 dan $157.70 (AUD $1=2.6 Dirham)

Grass Fed Rib Eye yang Selandia Baru seharga AED 149/kg = AUD $57.30. Bayangkan batu permata ini mendesis di barbeque!

Saya juga mengunjungi supermarket Coles di Toowong, Brisbane menjelang akhir bulan Juli dan pilihan serta penyajian daging mereka tampaknya juga meningkat. Angus Rib Eye mereka dijual seharga $58 per kg (tidak ada di foto ini).

Daging sapi di Rusia.

Saya kebetulan menemukan beberapa harga daging sapi dari St Petersburg di Rusia.

Harga Bulanan Chuck Beef di toko daging pinggiran kota – Rubel Rusia/kg :

Maret 2022 = 642.97 rub = AUD $14.41 (menggunakan 44,6 rubel untuk AUD $1)

April 2022 = 474.39 rub. = AUD $10.64

Mei 2022 = 384.41 rub. = AUD $8.55

Juni 2022 = 339.50 rub. = AUD $7.61

Saya berharap sebagian besar fluktuasi harga ini akan berhubungan dengan pergerakan tajam pada Rubel, tetapi harga ini menunjukkan bahwa daging sapi masih tersedia dengan harga yang wajar di Rusia saat ini.

Kekeringan di Amerika Serikat.

Peta di bawah ini menunjukkan seberapa parah kekeringan saat ini di Amerika Serikat. Eropa dan sebagian besar bagian belahan bumi utara lainnya juga mengalami suhu yang sangat tinggi dan curah hujan yang rendah. Ini mengurangi produksi pangan di banyak bidang utama yang selanjutnya akan memperburuk kekurangan pangan umum dan inflasi di seluruh dunia.

Angka-angka pada tabel ini dikonversi ke AUD$ dari kurs masing-masing negara yang berubah setiap harinya, sehingga harga aktualnya sedikit berbeda oleh fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang terus berubah. Harga dalam AUD$ yang disajikan di bawah ini hendaknya dilihat sebagai sebuah tren, bukannya harga persis masing-masingnya. Bila memungkinkan, daging potong yang digunakan untuk penentuan harga di pasar tradisional dan di supermarket adalah bagian knuckle/round  atau yang biasa disebut daging kelapa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s